Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

Cara instan untuk mengetahui apakah seorang wanita diduga hamil atau tidak adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan sederhana yang sering disebut dengan istilah tespek bahasa inggrisnya test pack. Namun ternyata banyak yang masih belum memahami sepenuhnya bagaimana membaca hasilnya, tespek positif atau negatif itu seperti apa.

Alat tes kehamilan tespek ini menjadi solusi instan yang bisa diandalkan, terlebih alat ini mudah digunakan dan banyak tersedia di apotek bahkan di toko-toko retail yang banyak bertebaran di wilayah Indonesia seperti Alf*m*rt dan Indom***t. Mengetahui status kehamilan secepatnya memang penting guna menjaga kehamilan itu sejak hamil muda. Dalam artikel ini akan difokuskan bagaimana membaca hasil pemeriksaan test pack, disertai dengan gambar tespek postif, negatif, dan samar.

Kenali apa itu tes kehamilan dengan tespek?

Alat tes pack kehamilan ada berbagai macam bentuknya, ada yang berupa batang kertas ada pula yang berupa batang plastik. Untuk yang berbentuk batang kertas (strip) penggunaannya dicelupkan langsung ke dalam urine yang sudah ditampung dalam sebuah wadah, sedangkan tespek yang berbentuk batang plastik ada yang dicelup ada juga yang ditetesi.

Meskipun bentuknya bermacam-macam, namun prinsip pemeriksaan kehamilan dengan tespek memiliki prinsip kerja yang sama, yaitu memeriksa hormon beta hCG yang ada dalam urine.

ß-hCG “hormon kehamilan” adalah hormon yang dihasilkan oleh sel-sel yang terbentuk di plasenta, plasenta terbentuk akibat adanya penempelan sel telur yang telah dibuahi pada dinding rahim (tidak peduli apakah nantinya menjadi janin atau tidak, ß-hCG tetap terbentuk). Hormon ini menyebar ke peredaran darah lalu ada yang terbuang bersama urin. Urine inilah yang kita periksa menggunakan tespek.

Hormon ß-hCG mulai terdeksi dengan pemeriksaan darah sekitar 11 hari setelah pembuahan. Sedangkan jika menggunakan test pack urin terdetksi paling cepat sekitar 12-14 hari setelah pembuahan. Kadar beta-hCG akan berlipat ganda setiap 72 jam. Kadar puncaknya terjadi pada pertama kehamilan 8-11 minggu dan kemudian akan menurun selama sisa kehamilan.

Tespek kehamilan yang menggunakan urin ini bertujuan untuk mendeteksi adanya hormon hCG di dalam urin, namun secara kualitatif (hanya mengetahui ada atau tidak, bukan kadarnya) sebagai alat pemeriksaan kehamilan pada tahap awal.

Bagaimana prosedur pemeriksaannya?

Mau tidak mau kita harus mengetahui bagaimana cara menggunakan test pack yang benar agar hasilnya bisa akurat. Berikut prosedur lengkapnya:

  1. Sediakan sampel yang akan kita periksa, yaitu urin dalam sebuah wadah. Sebaiknya menggunakan urin pagi, karena mengandung konsentrasi beta hCG tertinggi sehingga urine pagi adalah sampel terbaik untuk melakukan tespek. Namun, demikian beberapa alat test pack ada yang sensitif sehingga masih bisa menggunakan urin sewaktu.
  2. Baka bungkus test pack kehamilan.
  3. Pegang strip secara vertikal, dengan hati-hati celupkan ke dalam urin sampai dibawah tanda batas.
  4. Angkat strip setelah 10 detik dan baringkan strip pada alas datar yang bersih, kering, permukaan non-penyerap.
  5. Tunggulah garis berwarna muncul. Tergantung pada konsentrasi hCG pada urin yang diperiksa, hasil tespek positif dapat diamati dalam waktu 40 detik. Namun, untuk mengkonfirmasi hasil tespek negatif, waktu reaksi lengkap ditunggu sampai 5 menit.

Bagaimana membaca hasil tespek kehamilan?

Sekarang saatnya kita membaca hasilnya, apakah tespek positif, negatif, samar-samar atau tidak valid. Perhatikan gambar di bawah ini:

gambar tespek

gambar tespek dengan hasil positif, negatif, dan invalid

Tespek Negatif

Hanya terlihat satu garis berwarna merah, yaitu garis kontrol yang ada di atas, dekat dengan bagian yang kita pegang saat mencelupkan tespek ke dalam urin (lihat gambar di atas). Test pack negatif seperti ini berarti tidak ada hormon beta-hCG yang terdeteksi sehingga tidak hamil.

Namun, apabila Anda mengalami telat menstruasi dengan hasil tespek negatif seperti ini sedangkan Anda masih curiga terhadap kehamilan, maka pemeriksaan perlu diulangi 3 hari kemudian.

Tespek Positif

Terlihat dua garis berwarna merah, garis paling atas (garis kontrol) dan garis yang di bawah (garis yang menunjukkan adanya hormon hCG). Sesuai dengan konsentrasi hormon, maka warna yang muncul bisa terang bisa samar-samar (lihat gambar tespek positif di atas). Namun keduanya memiliki arti bahwa terdapat hormon beta-hCG dalam urine yang menunjukkan mungkin hamil. Saya katakan mungkin karena bisa saja kehamilan tidak berkembang, misalnya hamil kosong, hamil anggur yang sama-sama menunjukkan hasil test pack positif.

Oleh sebab itu tespek psotif bukanlah tanda pasti kehamilan. Lebih lanjut, baca: Tanda-tanda Awal Kehamilan

Tespek Invalid

Invalid artinya pemeriksaan yang kita lakukan gagal, hasilnya tidak dapat kita gunakan. Hasil invalid bisa kita ketahui dengan melihat tidak adanya garis kontrol seperti pada gambar di atas.

Cukup sekian yang dapat kami jelaskan untuk kali ini, semoga pembacaan hasil tespek kehamilan ini bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer