Obat Nyeri Haid Hebat dan Aman

Artikel ini khusus untuk kaum hawa, terkhusus lagi bagi mengalami nyeri haid yang sering mengiringi datang bulan setiap bulannya. Meskipun keluhan ini kerap diderita, tetapi banyak diantaranya yang belum menemukan “obat nyeri haid” yang benar-benar tepat sehingga bisa diandalkan untuk mengatasi rasa sakit yang luar biasa hebat.

Nyeri haid dalam istilah medis disebut dengan dismenorea adalah sensasi nyeri menyerupai kram otot yang dirasakan pada daerah perut bagian bawah. Kontraksi atau mengencangnya dinding otot rahim berfungsi untuk mengeluarkan darah kotor pada saat haid, namun hal ini terkadang menekan pembuluh darah disekitarnya secara berlebihan sehingga menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen ke dalam rahim, hal inilah yang menjadi pemicu munculnya nyeri haid. Jika rasa nyeri tak tertahankan, maka sudah selayaknya Anda mengonsumsi obat nyeri haid.

obat nyeri haid

lagi butuh obat nyeri haid

Nyeri haid merupakan kondisi yang sangat umum terjadi pada wanita. Sebagian wanita mengalami nyeri haid yang cukup parah hingga mengganggu aktivitas. Nyeri yang dirasakan dapat muncul sesaat sebelum menstruasi, pada saat menstruasi, hingga dua sampai empat hari menstruasi. Nyeri haid biasanya akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia dan setelah mempunyai anak.

Bagaimana Mengobati Nyeri Haid?

Pada umumnya nyeri haid dapat ditangani sendiri di rumah tidak perlu berobat ke dokter. karena berbagai obat nyeri haid yang dapat digunakan sebagian besar merupakan obat penghilang nyeri yang dapat dibeli secara bebas di apotik (tanpa resep dokter). Sebelum menggunakan obat – obatan ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri saat haid yaitu :

  • Olahraga teratur. Berolahraga santai seperti berjalan, jogging, aerobik, berenang atau bersepeda dapat memperlancar peredaran darah dan membantu mengurangi nyeri haid. Ketika aliran darah lancar, maka pasokan oksigen ke otot-otot rahim juga akan mencukupi.
  • Kompres hangat. Masukkan air hangat ke dalam botol kemudian dikompreskan pada perut tepat di daerah bawah pusar, hal ini dapat membantu mengurangi nyeri haid karena suhu hangat yang menenagkan dan melancarkan aliran darah.
  • Mandi hangat. Mandi dengan air hangat dapat menimbulkan rasa nyaman dan santai, sehingga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat haid. mekanismenya sama dengan kompres hangat, hanya saja ini lebih menyeluruh sehingga bisa juga meringankan gejala lain seperti pegal-pegal dan nyeri pinggang.
  • Pijatan peut. Pijatan kecil yang dilakukan di sekitar perut dapat memberikan efek relaksasi sehingga bisa membantu meredakan nyeri yang menyertai menstruasi.
  • Suplemen makanan. Sejumlah nutrisi seperti vitamin B1, vitamin B6, vitamin E, asam lemak omega 3, dan magnesium menurut studi bila cukup dikonsumsi dapat membantu meredakan nyeri haid. Anda bisa mendapatkannya dari sumber makanan ataupun dari suplemen.

Minum Obat Nyeri Haid

obat nyeri haid medis

Apabila nyeri haid tidak berkurang dengan cara – cara di atas, sebaiknya mulailah mencoba mengatasi haid dengan obat – obatan. Berikut ini adalah obat nyeri haid yang biasa digunakan untuk mengatasi nyeri haid yaitu :

  • Obat tradisional. kunyit merupakan obat nyeri haid alami karena di dalamnya terkandung zat anti peradangan alami. Ramuan kunyit bisa dibuat sendiri dengan cara parut kunyit secukupnya, kemudian peras airnya, bisa ditambahkan sedikit madu, kemudian diminum. Selain kunyit, asam Jawa dan temulawak juga merupakan obat nyeri haid alami. Ramuan ini juga bisa dibuat sendiri yaitu dengan mengiris tipis temulawak tambahkan asam jawa dan sedikit gula jawa kemudian direbus dengan satu gelas air hingga air tersisa sekitar setengah gelas, kemudian saring air rebusannya, lalu minum selagi hangat.
  • Obat Anti Inflamasi Non-steroid (OAINS). Merupakan obat nyeri menstruasi yang paling banyak diresepkan oleh Dokter. Asam Mefenamat, Ibuprofen, aspirin merupakan contoh obat nyeri haid generik golongan OAINS yang dapat dibeli bebas di apotik adapula obat merk yang lebih ampuh, Spasminal. Meskipun dapat dibeli bebas penggunaan obat ini sebaiknya harus sesuai dengan petunjuk dokter, karena obat – obat tersebut mempunyai efek samping bagi tubuh.
  • Obat penghilang rasa sakit lain. Bagi anda yang mengalami bermacam reaksi yang tidak diinginkan dari penggunaan OAINS, anda bisa menggunakan obat paracetamol yang penggunaannya jarang menimbulkan efek samping
  • Obat penghilang nyeri opioid. Bagi anda yang tidak merasakan efek dari OAINS, masih ada obat nyeri lainnya yang termasuk golongan opioid namun tidak memiliki efek ketergantungan yaitu kodein dan tramadol, namun obat tersebut tidak dijual bebas untuk memperolehnya anda memerlukan resep dokter.
  • Obat Kontrasepsi oral. Penggunaan obat ini sering menjadi tanda tanya bagi penderita, karena pada umumnya penderita nyeri haid adalah perempuan yang belum menikah dan belum mempunyai anak. Ya, Pil kontrasepsi atau KB memang bisa membantu meredakan nyeri haid karena obat ini memiliki fungsi menipiskan lapisan dinding rahim dan juga mengurangi pelepasan senyawa prostaglandin. ketika lapisan rahim menipis, otot dinding rahim hanya perlu sedikit berkontraksi untuk mengeluarkan darah haid, hal inilah yang membuat nyeri haid menjadi lebih ringan.

Gunakanlah Obat nyeri haid di atas dengan bijak, untuk meminalisir efek samaping, gunakan mulai dari dosis yang rendah yang sudah bisa meredakan rasa sakit.

Baca juga: 13 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sampai Tuntas

Apabila obat – obatan tersebut tetap tidak mampu mengatasi nyeri haid yang anda rasakan, sebaiknya anda segera menemui dokter ahli kandungan untuk memeriksakan kondisi anda agar anda dapat mengetahui apa yang menjadi penyebab nyeri haid yang anda rasakan tersebut, sehingga pengobatan yang tepat dapat segera dilakukan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer