Persiapan Melahirkan Normal: Sebelum, Selama, Sesudah

Persalinan normal adalah proses alami dalam melahirkan bayi, agar proses ini berjalan dengan lancar, maka diperlukan persiapan melahirkan normal yang baik. Apalagi ini merupakan pengalaman pertama bagi ibu-ibu baru dengan rasa yang campur aduk; khawatir, penuh harapan, atau mungkin malah sangat bersemangat. Bagaimana mempersiapkan persalinan normal? Berikut penjelasan lengkapnya.

Setelah mengandung janin selama kurang lebih sembilan bulan, maka tiba saatnya bagi seorang ibu untuk melahirkan sang buah hati. Bagi kebanyakan ibu hamil, persalinan normal tentu merupakan hal yang sangat diinginkan, karena dengan cara ini mereka dapat merasakan peran menjadi seorang wanita dan seorang ibu yang seutuhnya.

persiapan melahirkan normal

Berbeda dengan persalinan sesar (baca: Persiapan Melahirkan Caesar: Sebelum, Selama, Sesudah), pada persalinan normal rasa sakit yang ditimbulkan sesudah melahirkan tidaklah lama. Hanya dalam beberapa hari ibu yang melahirkan normal sudah dapat beraktivitas seperti biasa. Nah agar persalinan normal yang akan dijalani tersebut dapat berlangsung lancar, ada beberapa persiapan yang harus calon ibu persiapan sebelum, selama dan sesudah persalinan normal

Persiapan Sebelum Melahirkan Normal

Ketika anda berencana untuk menjalani persalinan normal, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelumnya. Hal – hal tersebut antara lain :

# Memilih Tempat Melahirkan

Kadang kala memilih tempat melahirkan tidak dapat dipisahkan dengan memilih penolong persalinan. Contohnya ketika anda memutuskan untuk bersalin dengan bantuan dokter, tentunya anda hanya dapat memilih rumah sakit tempat dokter tersebut praktik. Hal yang paling penting adalah tempat melahirkan hendaknya diusahakan dengan jarak tempuh yang berdekatan dengan rumah, sehingga waktu tempuh ke rumah sakit dapat diperkirakan.

# Olahraga atau Aktivitas Fisik

Mengikuti kelas senam hamil sangat baik pada saat menjelang melahirkan normal. Dengan berolahraga anda dapat mengatur pernapasan, meningkatkan kekuatan otot dan juga membuat kondisi tubuh menjadi lebih bugar. Beberapa olahraga atau aktivitas fisik yang baik dilakukan oleh ibu hamil sebagai persiapan sebelum melahirkan normal antara lain : berjalan, jogging, squatting (berjongkok), senam hamil, senam kegel, dsb. Olahraga sebaiknya dilakukan selama 30 – 40 menit, dan beristirahatlah apabila memang kondisi tubuh anda sudah kelelahan.

# Asupan Nutrisi Seimbang

Mengatur konsumsi kalori dan cairan agar tetap adekuat sangat penting. Hal ini dapat menjamin nutrisi bagi bayi yang terdapat dalam kandungan, dan juga untuk menjaga kesehatan serta ketahanan ibu agar setiap saat siap untuk melakukan persalinan.

# Menjaga Kebersihan Diri

Mandi dan membersihkan badan dapat mengurangi risiko terjadinya infeksi. Bulu kemaluan sebisa ungkin dicukur untuk memudahkan penjahitan apabila terjadi robekan jalan lahir.

# Mempersiapkan Kebutuhan Persalinan.

Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan sebagai persiapan melahirkan normal, yaitu :

  • KTP suami-isteri, untuk keperluan administrasi dan pencatatan identitas
  • Buku kunjungan pemeriksaan kehamilan, untuk mengetahui riwayat kehamilan
  • Perlak tahan air, untuk alas duduk selama perjalanan ke rumah sakit
  • Pakaian ganti, usahakan yang nyaman dan menyerap keringat
  • Pakaian dalam ganti, karena akan berada beberapa hari di rumah sakit
  • Minyak kayu putih dan sejenisnya, untuk memijit dan mengurangi rasa sakit
  • Peralatan mandi seperti sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, handuk, dll
  • CD atau musik yang menenangkan.
  • Bantal dan guling dari rumah
  • Makanan, minuman dan camilan ringan

Persiapan Selama Persalinan Normal

Pada saat waktu tafsiran persalinan telah tiba, maka anda harus melakukan persiapan melahirkan normal berikut ini:

# Mengenali Tanda –tanda Persalinan

Kontraksi yang semakin bertambah kuat, keluar darah lendir, keluar air ketuban merupakan beberapa tanda akan dimulainya persalinan. Dengan mengetahui tanda tersebut, berarti anda mengetahui kapan anda harus dibawa untuk bersalin di rumah sakit.

# Menghindari Rasa Takut dan Panik

Siapkan mental anda dan yakin diri bahwa setelah melahirkan nanti anda akan mendapatkan seorang anak yang telah anda tungu – tunggu. Bersikap tenang, menghatur napas dan tidak berteriak – teriak untuk menyimpan tenaga agar tidak kelelahan pada saat mengejan.

# Tidak Menahan BAK

Kandung kemih akan meningkatkan rasa nyeri di perut dan akan mengahmbat penurunan kepala bayi. Apabila saat kontraksi ibu ingin buang air kecil, maka bersegeralah. Bila sulit ke kamar kecil bisa menggunakan pispot di tempat tidur.

# Mengikuti Arahan Penolong Persalinan

Pada saat melahirkan penolong akan membantu dalam mengatur posisi, anda juga akan memberikan arahan mengenai cara mengejan yang benar. Ibu juga akan diminta untuk mengatur napas dan tidak boleh mengejan sebelum pembukaan lengkap. Apabila ibu melakukannya akan berisiko pada pembengkakan mulut rahim sehingga janin malah tidak bisa lahir normal. Oleh karena itu ikuti semua yang disampaikan penolong persalinan agar persalinan berjalan lancar.

# Sampaikan Ingin IMD

IMD atau Inisiasi menyusui dini penting dilakukan, karena baik untuk bayi dan ibunya. Bagi bayi ini akan menghangatkan tubuhnya, sekaligus menciptakan kedekatan psikologis dengan sang bunda. Bagi ibu, IMD penting untuk merangsang keluarnya hormon oksitosin. Hormon ini berperan penting agar rahim berkontraksi dengan baik sehingga mencegah pendarahan post partum.

Persiapan Setelah Melahirkan Normal

Setelah proses persalinan selesai, tentunya bayi yang anda kandung telah lahir. Maka anda pun harus mempersiapkan diri dan kebutuhan bayi anda, yaitu:

# Mempersiapkan Kebutuhan bayi

Beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan antara lain:

  • Pakaian menyusui, baju atau gaun yang bisa dibuka dari depan
  • Pakaian bayi
  • Bedak dan minyak telon
  • Popok bayi
  • Topi, sarungan tangan, dan sarung kaki bayi
  • Kain flannel untuk bedong bayi
  • Selimut untuk manjaga bayi tetap hangat pada saat pulang

# Persiapan Psikologis

Anda harus yakin dan percaya bahwa ASI anda keluar dan mencukupi kebutuhan bayi. Dengan cara ini mudah – mudahan anda   bisa memberikan ASI ekslusif dengan lancar. Baca juga: 12 Cara Ampuh Memperbanyak ASI Secara Alami

# Asupan Nutrisi Seimbang

Nutrisi yang tercukupi tentunya menentukan kualitas ASI. Perbanyaklah makan makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI seperti sayuran Katuk dan Bayam bila perlu konsumsi obat pelancar ASI. Anda juga harus memenuhi kebutuhan Kalsium harian anda yang bisa didapat dari mengkonsumsi susu atau suplemen kalsium.

Selanjutnya, pelajari juga: Masa Nifas Normal dan 6 Tanda Bahaya Masa Nifas.

Demikian beberapa langkah persiapan melahirkan normal yang memang anda perlukan pada saat menjalani persalinan supaya berjalan lancar. Semoga persalinan anda dapat berjalan dengan lancar, ibu dan bayi sehat tanpa ada penyulit. Aamiin.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer