Pil KB Yasmin – Manfaat dan Efek Samping

Yasmin adalah salah satu merek pil KB yang dapat digunakan sebagai kontrasepsi. Banyak yang tertarik dengan pil kb yasmin ini karena disinyalir tidak bikin gemuk, tidak menimbulkan jerawat bahkan dapat menguranginya, dan lain sebagainya sehingga wanita yang menggunakannya akan tetap cantik walaupun menggunakan kontrasepsi hormonal. Benarkah demikian?

Mari kita pelajari terlebih dahulu apa sebenarnya kandungan pil KB yasmin ini. Pil KB ini terdiri dari dua jenis hormon yakni drospirenone dan etinil estradiol. Keduanya bekerja secara kombinasi untuk mencegah kehamilan melalui mekanisme kerja yang berbeda.

Dalam kemasan pil KB yasmin, terdiri dari 21 tablet berbahan aktif (mengandung preparat hormon) dan tujuh tablet bahan non-aktif (tidak mengandung preparat hormon), ada juga yang hanya berisi 21 tablet bahan aktif tanpa bahan non-aktif. Jika pil KB ini diminum teratur sesuai anjuran pada label, maka akan efektif mencegah kehamilan sebesar 98-99 persen.

pil KB yasmin

Mekanisme Kerja Pil KB

Pil KB Yasmin sebaiknya diminum pada malam hari atau menjelang tidur. Cara kerjanya yaitu menekan hormon yang mempromosikan kehamilan, mencegah terjadinya ovulasi, dan membuat rahim menjadi tidak memungkinkan untuk ditanami sel telur yang telah dibuahi.

Apa keuntungan menggunakan pil KB Yasmin dibanding yang lain?

Yasmin merupakan jenis pil KB dosis rendah yang bertujuan untuk mencegah kehamilan dengan efek samping yang minimal jika dibandingkan dengan pil kontrasepsi lainnya. Meskipun tidak direkomendasikan untuk mengobati jerawat, tapi penggunaan pil yasmin dapat mengurangi produksi minyak dan dapat mengurangi jerawat.

Secara lebih lengkap berikut manfaat pil KB yasmin :

Berat Badan Tidak Naik, Jerawat Berkurang

Pil KB yasmin bersifat anti-androgen (drospirenone) sehingga selain fungsinya sebagai kontrasepsi, juga dapat mengurangi jerawat, mengurangi rambut halus di wajah, dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan karena memiliki efek diuretik yang fungsinya membuang penumpukan cairan tubuh. Hal ini juga ditunjang oleh beberapa penelitian yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Menstruasi Tetap Sehat

Hormon tubuh akan menyesuaikan dengan rejimen pil Yasmin, sehingga menstruasi dapat diprediksi. Pil KB Yasmin juga mengurangi nyeri haid dan ketidaknyamanan, mengurangi jumlah kehilangan darah per siklus dan mengurangi durasi periode menstruasi.

Mengurangi Anemia

Seperti kita ketahui bahwa anemia terjadi akibat banyaknya darah yang hilang dan menurunnya cadangan besi pada tubuh. Karena pil KB Yasmin dapat mengurangi jumlah darah yang hilang selama menstruasi, maka kadar zat besi akan dipertahankan dan kejadian anemia dapat ditekan.

Ovarium sehat

Karena mekanisme pil KB ini mencegah ovulasi, maka kejadian kehamilan di luar kandungan dapat diminimalisir, gimana mau hamil, sel telurnya aja gak keluar. Selain itu ia juga dapat mengurangi pembentukan kista di ovarium, dengan demikian ovarium tetap sehat.

Payudara Sehat

Pada penggunaan yang lama, Pil ini dapat melindungi payudara dari pertumbuhan non-kanker seperti kista dan tumor jinak. Selain itu dapat juga mengurangi kejadian ketidaknyamanan payudara yang terkait dengan menstruasi.

Berapa harga pil KB Yasmin?

Nah, ini yang belum saya tahu, karena akan bervariasi antar apotek, namun biasanya harga pil Yasmin ini lebih mahal dibanding pil KB biasa.

Efek Samping Pil KB Yasmin

Meskipun Pil KB ini memiliki beberapa efek menguntungkan seperti di atas, namun ia juga memiliki efek samping (walaupun tidak selalu muncul), diantaranya:

  • Peningkatan kejadian pembekuan darah
  • Depresi
  • Migrain
  • Kelainan kandung empedu
  • Nyeri atau pembengkakan pada payudara
  • Mual
  • Diare
  • Nyeri Punggung

Baca juga efek samping kb suntik 1 bulan dan 3 bulan

Perhatian!!

Sama seperti pil KB lainnya, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum memnggunakan pil KB yasmin ini. Jika Anda memiliki penyakit diabetes, sakit kepala, kanker payudara, insufisiensi adrenal, masalah pembekuan darah, penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, penyakit ginjal, atau tumor hati, maka Anda tidak boleh menggunakan obat ini. Demikian juga, jika Anda perokok, maka tidak usah menggunakan pil KB yasmin ini, karena risiko yang akan ditimbulkan lebih besar daripada manfaat yang didapat.

Oh, ternyata ada ya kontrasepsi yang bikin cantik.. :D

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer