Sakit Perut Bagian Bawah Pada Wanita

Sakit perut memang bisa muncul kapan saja, bagi siapa saja, dan bagian perut mana saja. Karena begitu luasnya, maka pada kesempatan kali ini akan dibahas khusus mengenai sakit perut bagian bawah pada wanita.

Wanita memiliki organ tubuh yang berbeda dengan pria, dalam hal ini bagian tubuh yang terletak pada perut bagian bawah, karena wanita memiliki organ reproduksi yang teridiri dari rahim, kandung telur, tuba falopi, dan sebagainya. Selebihnya sama dengan pria yaitu organ pencernaan dan organ kemih yang terletak pada perut bagian bawah.

Setiap organ pencernaan, saluran kemih, dan organ reproduksi memiliki peran atau berpotensi menyebabkan sakit perut bagian bawah pada wanita, jika ada masalah pada organ tersebut.

Lokasi nyeri akan membantu menentukan organ mana yang sedang mengalami masalah. Misalnya sakit perut sebelah kiri bawah atau sakit perut sebelah kanan bawah atau tengah bawah. Selain itu gejala lain yang menyertai juga harus diperhatikan karena juga akan membantu menentukan penyebabnya.

obat nyeri haid

aduh.. atiit…!

Berikut akan kita pelajari kemungkinan penyebab sakit perut bagian bawah pada wanita beserta gejala yang menyertainya.

Saluran Kemih

  • Infeksi Saluran Kemih (ISK). Memiliki gejala umum berupa rasa nyeri, panas, seperti terbakar ketika buang air kecil dan pergi ke toilet lebih sering. Infeksi dapat menyebar ke ginjal (pielonefritis) dan menyebabkan meriyang dengan suhu tinggi (demam) dan sakit punggung.
  • Batu Saluran Kemih. Jika Anda mengalami rasa sakit diperut disertai sakit pinggang parah yang menyebar ke pangkal paha  bisa jadi itu merupakan batu ginjal.

Dokter akan melakukan pemeriksaan urine untuk mendeteksi masalah di atas. Apalagi jika air seni disertai darah, maka harus segera periksa ke dokter.

Saluran Pencernaan

  • Diare dan Sembelit. Ini merupakan penyebab tersering sakit perut yang bersumber dari pencernaan. Rasa sakit perut yang muncul biasanya berupa ‘kolik’ atau kram, yaitu datang dan pergi (sebentar muncul, sebentar hilang).
  • Iritasi Usus. Bagi Banyak orang di seluruh dunia menderita sindrom iritasi usus (IBS) akan menyebabkan diare, sembelit dan kembung.
  • Radang Usus Buntu. Gejala utamya yaitu Sakit perut kanan bawah, akan terasa lebih sakit jika berjalan, terkadang disertai mual muntah dan demam. Harus segera periksa ke dokter. Lebih lanjut silahkan baca: Radang Usus Buntu

Gejala lain yang biasanya muncul yaitu kembung dan mual yang merupakan gejala umum yang menunjukkan bahwa sakit perut yang terjadi karena adanya masalah pada sistem pencernaan.

Sistem Reproduksi

Sakit perut bagian bawah dapat berasal dari rahim (uterus), tuba Fallopii atau ovarium yang dirasakan di tengah-tengah perut bagian bawah.

Sakit perut sebelah kiri atau kanan bawah lebih cendrung berasal dari indung telur (ovarium).

Sakit perut yang berasal dari rahim seringkali lebih buruk ketika datang haid atau menstruasi dan ini disebut dismenorea. Baca lebih lanjut : Nyeri haid

Contoh kondisi organ reproduksi lainnya yang menyebabkan sakit perut bagian bawah pada wanita antara lain: endometriosis, fibroid, penyakit radang panggul, kista ovarium dan masalah yang berkaitan dengan tahap awal kehamilan seperti keguguran atau kehamilan ektopik.

Ingat selalu gejala apa saja yang menyertai sakit perut bagian bawah dan riwayat menstruasi selama ini, karena itu akan ditanyakan oleh dokter dalam rangka mendeteksi penyebab gangguan yang terjadi untuk menegakkan diagnosis. Sekian, semoga bermanfaat :)

25 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer