Tanda Awal Kehamilan Sebelum Telat Haid

Terlambat menstruasi atau telat haid merupakan tanda utama bahwa seorang wanita dicurigai hamil. Namun terkadang banyak yang tak sabaran ingin segera mengetahui status kehamilannya sehingga mencari tahu apakah ada tanda awal kehamilan sebelum telat haid ?

Memang sebagian wanita bisa mengalami gejala atau tanda awal kehamilan bahkan sebelum waktu haid berikutnya tiba. Hal ini terjadi karena perbuhanan hormon yang bertemu dengan tubuh yang begitu sensitif walaupun terjadi perubahan yang begitu kecil terhadap hormon pada tubuhnya. Bahkan ketika tes kehamilan masih menunjukkan hasil yang negatif.

tanda kehamilan

Mungkin Anda salah satu di antaranya, berikut tanda awal kehamilan sebelum telat haid :

Sensitif Terhadap Bau

Perubahan awal yang menjadi tanda bahwa Anda hamil yakni berubahnya respon tubuh terhadap aroma atau bau. Mungkin Anda mersakan pertama kali saat pergi ke dapur, di mana aroma makanan yang biasanya Anda sukai sekarang malah membuat Anda enek, mual dan ingin menghindarinya.

Belum dapat dipastikan kenapa wanita hamil sensitif terhadap bau, namun diduga kuat ini akibat pengaruh hormon progesteron yang meningkat di awal kehamilan.

Kram Perut

Beberapa wanita mengalami kram perut sebagai tanda awal kehamilan sebelum telat haid. Hal ini biasanya terjadi akibat telur yang dibuahi mengambil posisi, menanamkan (implantasi) diri pada rahim. Implantasi terjadi antara 8 – 10 hari setelah ovulasi atau sekitar 4-6 hari sebelum menstruasi berikutnya.

Banyak wanita keliru menduga kram perut ini sebagai nyeri haid yang akan datang, karena waktunya yang hampir sama.

Bercak Ringan (ngeflek)

Beberapa hari sebelum telat haid, banyak wanita mengalami spotting atau ngeflek ringan. Jika tidak ada gejala dan tanda kehamilan lainnya, mungkin itu tanda-tanda sebelum datang bulan. Namun, ini bisa menjadi tanda awal kehamilan, bercak darah yang keluar diyakini sebagai akibat dari implantasi sel telur yang dibuahi ke dalam rahim, seperti telah dijelaskan di atas.

Mual

Mual menjadi gejala awal kehamilan yang cukup terkenal. Walaupun sebagian besar wanita hamil tidak mengalami mual (morning sickness) sebelum usia kehamilan mencapai 6 minggu, atau 2 minggu setelah telat haid, namun beberapa mengalami mual begitu dini yaitu satu minggu setelah pembuahan, atau kira-kira seminggu sebelum menstruasi berikutnya.

Baca Juga: Mengatasi Mual Saat Hamil

Rasa logam di mulut

Beberapa wanita mengalami rasa logam di mulut pada awal kehamilan. Hal ini sering terjadi bersama-sama dengan keengganan yang kuat untuk bau tertentu. Penyebabnya tidak diketahui, meskipun sebagian besar ahli menyalahkan progesteron hormon(lagi). Pada beberapa wanita, gejala ini menghilang setelah trimester pertama, sementara yang lain mengalaminya selama kehamilan penuh.

Sering Buang Air Kecil

Perubahan hormonal pada awal kehamilan akan meningkatkan kecepatan aliran darah ke ginjal. Ketika ini terjadi, kandung kemih akan terisi lebih cepat, sehingga buang air kecil akan menjadi lebih sering. Bagi beberapa wanita, ini adalah tanda awal kehamilan, bahkan sebelum terlambat haid. Sering buang air kecil ini akan terus meningkat seiring pertumbuhan janin pada rahim yang juga menekan kandung kemih sampai melahirkan.

Kelelahan

Jika Anda lebih mudah lelah dan cendrung ingin tidur lebih awal dari biasanya, mungkin Anda hamil. Sekali lagi, ini akibat dari peningkatan progesteron yang diyakini sebagai pelakunya. Kebanyakan wanita menggambarkan kelelahan awal kehamilan benar-benar melelahkan. Karena bisa terjadi sebelum telat haid, banyak wanita keliru dan berpikir bahwa mereka begini mungkin akan mengalami sakit seperti flu atau masuk angin.

Payudara Nyeri, Membesar

Jika payudara Anda menjadi sensitif bahkan terhadap sentuhan lembut, mungkin itu sebagai tanda awal kehamilan. Payudara juga terasa tegang dan sakit saat akan mendapat menstruasi, gejala hamil juga begitu namun bisa berkali lipat rasanya. Pada 2-3 minggu setelah pembuahan, perubahan hormonal bisa membuat payudara seperti ini. Payudara mungkin juga terasa lebih penuh dan lebih berat dan ini akan terus berlanjut seiring dengan usia kehamilan

Pusing

Jika Anda merasa seperti berdiri di perahu padahal tidak, mungkin itu menjadi tanda kehamilan sebelum telat haid. Pusing ini terjadi akibat pembuluh darah yang membesar dan tekanan darah menjadi turun, disamping itu dapat juga merasa lemas akibat rendahnya kadar gula darah.

Sekian dari saya, jika ada yang ingin berbagi pengalaman seputar tanda awal kehamilan padahal belum telat haid silahkan sampaikan pada kolom komentar.

8 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer