Tanda-tanda Awal Kehamilan

Tanda-tanda awal kehamilan penting diketahui bagi setiap wanita sebagai calon ibu yang baik. Karena ketika diketahui anda sedang hamil pada saat itulah anda mulai mejaga anugerah terindah dari tuhan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Berikut tanda-tanda awal kehamilan yang dapat dialami oleh setiap wanita, antara lain :

Tidak Menstruasi/haid
Tanda awal kehamilan yang tidak asing lagi bagi kita yaitu ketika seorang tanda awal kehamilanwanita tidak mendapatkan menstruasi / haid. Padahal sudah pas tanggalnya, dan jadwal menstruasi sebelumnya teratur. Akan tetapi ada kondisi-kondisi tertentu yang membuat menstruasi terlambat seperti faktor stress, psikis, terlalu aktif, dsb. Tes pack atau tes kencing untuk kehamilan adalah salah satu alat pemeriksaan dini yang menunjukkan kemungkinan hamil.

Payudara membesar
Pada saat hamil payudara akan berubah menjadi lebih besar dan terkadang terasa sakit. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini salah satunya dengan menggunakan bra yang lebih longgar.

Sering buang air kecil
Pada awal kehamilan, rahim tumbuh dan mendorong kandung kemih, sehingga memicu dorongan untuk buang air kecil lebih sering. Tidak ada cara untuk menghindari hal ini, namun buang air kecil setiap sebelum tidur dapat membantu tidur anda lebih nyenyak tanpa ingin buang air kecil.

Nafsu makan berkurang
Kurang nafsu makan merupakan salah satu tanda awal kehamilan. hal ini disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon beta-hCG. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi nafsu makan berkurang saat hamil adalah menghindari makanan yang tidak disukai terutama yang dapat memicu mual.

Lebih Peka terhadap bau
Ketika anda merasa bahwa bau parfum yang sebelumnya anda sukai sekarang justru membuat pusing dan mual, mungkin saja itu sebagai tanda awal dari kehamilan.

Mual dan Muntah
Mual dan muntah bisa menjadi indikasi awal bahwa  seorang wanita sedang hamil. Biasanya mual dirasa sangat berat di pagi hari, dalam istilah medis disebut morning sickness. Sebenarnya itu merupakan gejala yang normal saat hamil. Bahkan beberapa ahli berpendapat justru itu baik karena mual muntah disebabkan oleh hormon beta-HCG yang menunjukkan bahwa kehamilannya tumbuh dengan baik.
Permen rasa lemon dan peppermint dapat mengurangi rasa mual.
Vitamin ibu hamil juga dapat memicu mual bagi beberapa ibu hamil. Jangan minum vitamin pada waktu perut kosong. Sebaiknya vitamin diminum pada malam hari atau saat makan malam.
Apabila mual dan muntah berlebihan sampai badan terasa lemah dan lemas sebaiknya periksa ke dokter.

Sesak Nafas
Beberapa wanita merasa agak sesak napas pada awal kehamilan bahkan terkadang selama kehamilan. Hal ini karena ibu hamil membutuhkan oksigen ekstra untuk pertumbuhan janin.

Mudah Lelah
Tanda awal kehamilan pada seorang wanita berikutnya yaitu mudah lelah.  Mudah lelah saat hamil dirasa sangat berbeda ketika sebelum hamil. Hal ini berhubungan juga dengan kebutuhan oksigen dan nutrisi makanan yang meningkat saat hamil.

Demikian, Tanda-tanda awal kehamilan yang dapat saya rangkumkan, semoga bermanfaat. :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer