Alinamin F adalah suplemen makanan yang diformulasikan khusus untuk memenuhi kebutuhan vitamin B1 dan B2. Suplemen digunakan ketika kebutuhan akan nutrisi tersebut meningkat, seperti pada saat kehamilan dan menyusui, memerlukan banyak energi, terjadinya gangguan penyerapan seperti pada diare dan gangguan pencernaan.

Suplemen ini dijual bebas, sehingga dapat dibeli tanpa resep dokter. Kegunaannya juga sebagai suplemen untuk meningkatkan kebutuhan gizi ibu. Hal tersebut dikarenakan selama kehamilan sampai menyusui, ibu sangat memerlukan banyak energi. Juga dapat membantu menguatkan kontraksi saat proses persalinan.

Mengenal Obat Alinamin F

Alinamin F merupakan obat suplemen yang mengandung vitamin B1 dan B2 dalam bentuk Thiamini Tetrahydrofurfuryl Disulfidi Hidrochloridum dan Riboflavinum. Dalam bentuk ini, vitamin-vitamin tersebut akan terlindung dari enzim aneurinase (dapat merusak vitamin b1 dan b2) yang diproduksi oleh beberapa bakteri di dalam usus. Oleh karena itu, ketika berada di dalam usus vitamin B1 dan B2 dapat diserap dengan lebih mudah dan maksimal oleh tubuh. Kedua kandungan vitamin tersebut sangat penting untuk membantu memberikan energi bagi ibu ketika proses persalinan.

alinamin f

Sebagian orang beranggapan bahwa obat ini merupakan obat penstimuasi kontraksi sehingga bayi lebih cepat lahir. Namun, nyatanya adalah obat ini berfungsi sebagai penguat kontraksi saat persalinan. Obat ini memberikan tenaga tambahan bagi ibu agar lebih kuat ketika mengejan, sehingga bayi lebih cepat lahir serta tidak menyebabkan sakit yang berkepanjangan bagi ibu.

Jadi, perlu diingat bahwa Alinamin F tidak bersifat uterotonika bagi ibu hamil dan juga tidak berfungsi untuk mempercepat kontraksi. Perlu Anda ketahui, bahwa obat penstimulasi kontraksi biasanya tidak akan diberikan tanpa resep dokter karena perlu analisa yang tepat untuk meresepkannya.

Indikasi dan Kegunaan

Alinamin F obat apa? Berdasarkan penjelasan sebelumnya mengenai cara kerja dan kandungan obat tersebut, maka obat ini dapat digunakan untuk:

  • Memenuhi kebutuhan vitamin B1 dan B2, terutama pada ibu hamil dan menyusui, penderita diare dan gangguan pencernaan lainnya.
  • Memberikan tenaga bagi ibu saat proses persalinan.

Selain Alinamin F, masih banyak suplemen untuk ibu hamil lainnya, simak di sini: Suplemen Vitamin untuk Ibu Hamil

Kontraindikasi

Perlu diingat! Bahwa suplemen ini hanya dapat digunakan bagi mereka yang membutuhkan, tidak boleh digunakan oleh mereka yang memiliki hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini.

Dosis Alinamin F  dan Cara Pemakaian

Alinamin F tersedia dalam bentuk tablet 50 mg yang terdiri atas 100 tablet/box. Tiap tablet mengandung Thiamini Tetrahydrofurfuryl Disulfidi Hidrochloridum (TTFD)  54,58 mg dan Riboflavinum 5 mg. Adapun dosis Alinamin F yang dianjurkan sebagai berikut:

  • Dikonsumsi sebanyak 1 tablet, 1 kali dalam sehari.

Efek Samping Alinamin F 

Obat ini hanya mengandung vitamin sehingga tidak menyebabkan efek samping apapun bagi pasien. Namun, hentikan pemakaian dan segera meminta pertolongan medis apabila terdapat gejala reaksi alergi, seperti gatal-gatal atau ruam kemerahan pada kulit, pembengkakan pada wajah, bibir, dan kelopak mata, serta kesulitan bernafas.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan Alinamin F, perhatikan hal-hal berikut:

  • Sebaiknya diminum setelah makan atau bersamaan dengan makan.
  • Cukupi kebutuhan air minum Anda, setidaknya 2 liter perhari.
  • Simpan dalam suhu ruangan 25 – 30 derajat celcius dan jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Ingat! jangan lupa memeriksakan kondisi ibu dan bayi setiap bulannya ke dokter kandungan. Selalu konsultasikan dengan dokter terkait vitamin atau suplemen yang akan digunakan selama masa kehamilan dan menyusui. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan bayi serta menyarankan suplemen yang  tepat untuk Anda. Gunakan suplemen Alinamin F sesuai dengan dosis anjuran atau saran dokter. Jangan mencoba untuk menambah dosis tanpa rekomendasi dari dokter.