Benozym obat apa?

Benozym adalah obat yang masuk dalam kelas suplemen makanan yang digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kekurangan enzim pencernaan. Obat ini dapat juga disebut terapi enzim pengganti terhadap defisiensi enzim pencernaan pada penderita pankreatitis, kelainan metabolisme dan fibrosis sistik.

Obat yang diproduksi oleh Bernofarm ini merupakan kombinasi senyawa pancreatin, bromelain dan ox bile (empedu sapi jantan) yang merupakan enzim pencernaan pengganti saat terjadi defisiensi. Ketahui kegunaan, dosis, efek samping dan keamanan obat ini untuk ibu hamil dan menyusui pada artikel ini.

Ikhtisar Obat Benozym

Jenis obatDigestive
KandunganPancreatin, bromelain, ox bile
KegunaanMengganti kekurangan enzim pencernaan
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanPerlu diperhatikan
SediaanBenozim kaplet salut selaput
benozym tablet

Benozym tablet

Mekanisme Kerja

Cara kerja Benozym dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yaitu:

  • Pancreatin merupakan hasil sekresi dari pankreas, dalam pengobatan biasanya diambil dari pankreas sapi atau babi. Organ pankreas inilah yang memproduksi senyawa kimia amilase, lipase dan protease yang berperan penting dalam proses pencernan makanan. Pancreatin umumnya digunakan untuk membantu proses pencernaan pada penderita pankreatitis, gangguan metabolik atau pasca operasi pankreas.
  • Bromelain adalah senyawa yang dapat ditemukan pada bagian tengah buah nanas. Senyawa ini bersifat anti inflamasi dan dapat digunakan untuk meringankan peradangan pada tukak pada saluran pencernaan.
  • Ox bile atau empedu sapi jantan yang mengandung banyak enzim-enzim pencernaan dan nutrisi yang baik untuk membantu proses pencernaan pada saluran cerna manusia.

Indikasi atau Kegunaan Benozym

Benozym digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan akibat defisiensi atau kurangnya produksi enzim pencernaan. Akibat pencernaan karbohidrat, lemak dan protein terganggu sehingga muncul kembung, begah dan rasa tidak nyaman pada perut. Benozym digunakan sebagai obat pengganti kekurangan enzim pencernaan, sekresi pankreas dan empedu.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan obat ini.
  • Penderita pankreatitis akut atau pankreatitis akut dalam masa eksaserbasi.

Dosis Benozym dan Cara Penggunaan

Benozym tersedia dalam sediaan tablet dengan kekuatan dosis per tabletnya mengandung:

  • Pancreatin: 150 mg.
  • Bromelain: 50 mg.
  • Ox bile: 30 mg.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Benozym untuk mengobati kekurangan enzim pencernaan

  • Dosis dewasa: 1 tablet sekali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan atau bersamaan dengan makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Benozym pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Benozym

Benozym umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian penggunaan melebihi dosis yang dianjurkan mungkin menimbulkan efek samping yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

  • Mual, muntah dan tidak nyaman di perut.
  • Iritasi pada area bukal dan perianal terutama pemberian dosis tinggi pada anak-anak.

Efek Overdosis Benozym

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis dari Benozym. Namun penggunaan obat ini dalam dosis tinggi untuk jangka waktu lama mungkin memicu efek overdosis. Jika muncul diare parah segeralah hubungi unit kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan segera.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat alergi dari kandungan obat ini.
  • Cukupi atau lebihkan kebutuhan air saat sedang mengonsumsi obat ini.
  • Segera telan obat ini saat dikonsumsi, jangan biarkan lama di mulut karena dapat menyebabkan iritasi lapisan mukosa.
  • Hindari mengonsumsi obat ini bersamaan dengan makanan berlemak atau panas karena akan menurunkan efektifitas obat ini.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Benozym untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Benozym belum diketahui apakah berbahaya untuk ibu hamil. Namun kandungan bromelainnya dimana senyawa ini juga terdapat pada nanas mungkin dapat meningkatkan kontraksi uterus. Sehingga sebaiknya penggunaannya dikonsultasikan dahulu dengan dokter Anda.
  • Benozym belum diketahui apakah dapat terekstraksi ke ASI ibu menyusui. Oleh karena itu penggunaannya sebaiknya dihindari atau konsultasikan dahulu dengan dokter Anda.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan

  • Pancreatin dapat menyebabkan berkurangnya kemampuan absorbsi usus terhadap asam folat.
  • Pancreatin pada obat ini bersifat antagonis terhadap efek glikemik dari obat acarbose.

Daftar interksi diatas belum mencakup keseluruhan interaksi yang mungkin terjadi. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda saat ingin menggunakan dua jenis obat bersamaan dan belum diketahui interaksinya.