Bufacomb obat apa?

Bufacomb adalah obat salep in oral base (digunakan pada mulut) untuk mengobati sariawan atau perlukaan pada bibir dan mulut yang disebabkan oleh kondisi tertentu seperti akibat lemahnya sistem imun, terkena kawat gigi, terkena makanan atau tidak sengaja tergigit. Obat ini merupakan glukokortikoid sintetis yang memiliki kemampuan imunosupressif serta anti-inflamasi.

Melihat dari bahan aktif Bufacomb, selain mengobati sariawan obat ini juga mungkin digunakan untuk pencegahan infeksi dan inflamasi pada kulit terutama akibat gangguan sistem imun. Namun penggunaan obat ini pada wajah, selangkangan atau di bawah ketiak sebaiknya dihindari atau hanya bila diresepkan oleh dokter.

Ikhtisar Obat Bufacomb

Jenis obatKortikosteroid
KandunganTriamcinolone acetonide
KegunaanObat sariawan dan perlukaan di mulut
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa
KehamilanKategori C
SediaanBufacomb cream 5 mg
Bufacomb krim dengan triamcinolone acetonide

Bufacomb krim dengan triamcinolone acetonide

Mekanisme Kerja

Cara kerja Bufacomb cream dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa triamcinolone acetonide. Senyawa ini merupakan bentuk garam acetonide dari triamcinolone yang merupakan glukokortikosteroid sintetis yang bersifat imunosupresif dan anti-inflamasi.

Triamcinolone acetonide berikatan dengan reseptor glukokortikoid cytosolic dan kemudian berinteraksi dengan elemen respon glukokortikoid pada DNA dan mengubah ekspresi gen. Hal ini menyebabkan induksi sintesis protein anti-inflamasi tertentu sekaligus menghambat sintesis mediator inflamasi. Akibatnya pencegahan peradangan kronis dan reaksi autoimun dapat dilakukan.

Indikasi atau Kegunaan Bufacomb

Bufacomb cream dapat digunakan untuk mengatasi perlukaan pada area mulut dan bibir yang biasanya disebabkan oleh hal-hal berikut:

  • Sariawan.
  • Priadenitis mukosa rekuren atau penyakit sutton. Dimana timbul lesi yang cukup dalam dan lebar pada mukosa mulut. Biasanya terjadi akibat gangguan pada sistem imun.
  • Ulkus aftosa herpertiformis atau munculnya banyak lesi kecil pada mukosa mulut.
  • Perlukaan mulut karena tekanan mekanis seperti terkena kawat gigi atau gigi palus yang tidak pas.
  • Perlukaan mulut akibat penggunaan obat.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Memiliki riwayat hipersensitifitas atau alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Orang yang mengalami infeksi jamur, bakteri atau virus di mulutnya.

Dosis Bufacomb dan Cara Penggunaan

Bufacomb tersedia dalam bentuk sediaan krim 5 gram dengan kekuatan dosis, tiap gramnya mengandung 1 mg triamcinolone acetonide.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Bufacomb untuk mengobati sariawan

  • Dosis dewasa: gunakan secolek kecil pada ujung jari dan oleskan pada area sariawan atau perlukaan di mulut. Gunakan 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakan obat ini dengan tangan yang bersih dan berkumurlah untuk membersihkan rongga mulut.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, atau disarankan setelah makan siang dan sebelum tidur malam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama tersebut setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera menggunakannya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Bufacomb pada jadwal penggunaan berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Bufacomb

Bufacomb umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Munculnya infeksi jamur dan ragi.
  • Dapat terjadi komplikasi bakteri kutan.
  • Pemakaian jangka panjang pada area lesi yang luas mungkin menyebabkan kelainan dan perubahan warna kulit.

Efek Overdosis Bufacomb

Efek overdosis obat sariawan ini belum diketahui. Namun penggunaan dosis besar dalam jangka waktu yang lama mungkin menyebabkan komplikasi infeksi bakteri dan jamur.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat alergi pada kandungan obat ini.
  • Penggunaan obat kortikosteroid pada kulit dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kurangnya respon kulit terhadap stress, untuk itu hindari penggunaan jangka panjang atau konsultasikan dengan dokter.
  • Penggunaan pada anak-anak harus dilakukan dengan hati-hati dan sebaiknya hanya jika disarankan oleh dokter. Penggunaan jangka panjang pada anak dapat memperlambat pertumbuhannya.
  • Hindari penggunaan vaksin saat menggunakan obat ini. Obat jenis steroid dapat memengaruhi kerja vaksin.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Bufacom untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Bahan aktif Bufacom, triamcinolone acetonide, digolongkan dalam kategori C untuk ibu hamil menurut FDA. Dimana hal itu berarti studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, penggunaan obat ini pada ibu hamil sebaiknya hanya jika sangat diperlukan saja atau berdasarkan saran dokter.
  • Bufacom diketahui dapat terekstraksi ke dalam ASI ibu menyusui dan berpotensi memengaruhi bayi. Untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan obat ini di masa menyusui kecuali atas anjuran dokter.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Bufacomb, diantaranya:

  • Hindari penggunaan dengan obat kortikosteroid oral seperti prednison karena akan meningkatkan efeknya.
  • Penggunaan bersamaan dengan obat penekan sistem imun seperti cyclosporin dapat meningkatkan efek obat ini.
  • Infeksi mungkin terjadi jika obat ini diberikan bersamaan dengan vaksin hidup.

Interaksi diatas belum mencakup keseluruhan interaksi yang mungkin terjadi pada Bufacomb. Untuk itu konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan dua jenis obat bersamaan, terutama obat jenis kortikosteroid baik oral maupun topikal.