Calnic Plus obat apa?

Calnic Plus adalah suplemen vitamin dan mineral untuk membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D harian serta untuk membantu proses penyembuhan penderita defisiensi kalsium. Suplemen ini baik diberikan pada anak-anak untuk membantu tumbuh kembangnya, ibu hamil dan menyusui yang butuh banyak asupan kalsium serta lansia.

Obat yang diproduksi oleh PT Gracia Pharma ini digolongkan dalam kategori obat bebas yang dapat dikonsumsi tanpa resep dokter. Namun penggunaannya tetap harus sesuai dengan yang dianjurkan. Untuk itu berikut kami ulas kegunaan, dosis lazim, kontraindikasi, kemungkinan efek samping dari Calnic Plus serta interaksinya dengan obat lain.

Ikhtisar Obat Calnic Plus

Jenis obatVitamin dan mineral
KandunganCalcium aquamin, vitamin D3
KegunaanMembantu memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D pada anak, lansia, penderita osteoporosis, serta ibu hamil dan menyusui
KategoriObat bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanAman
SediaanCalnic Plus tablet, Calnic Plus suspensi

calnic plus tablet dan calnic plus suspensi

Mekanisme Kerja

Cara kerja Calnic Plus dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Calcium aquamin, merupakan suplemen kalsium yang kaya magnesium yang didapat dari rumput laut merah jenis red algae Lithothamnion corallioides. Kandungan kalsiumnya yang tinggi juga dilengkapi dengan unsur penting lain seperti fosfor, zinc, selenium dan besi yang baik untuk kesehatan, terutama untuk tulang.
  • Vitamin D3, merupakan vitamin penting dalam pembentukan dan penyaluran kalsium di tubuh. Vitamin yang dalam kondisi normal dibentuk di kulit ketika terpapar sinar matahari ini juga dapat bermanfaat untuk mengatasi defisiensi vitamin D dan kalsium. Vitamin ini juga kerap digunakan sebagai terapi pada penderita hipoparatiroidisme yang menyebabkan kurangnya level kalsium dalam darah.

Indikasi atau Kegunaan Calnic Plus

Calnic Plus digunakan untuk mengatasi kekurangan kalsium serta membantu memenuhi kebutuhan kalsium seperti pada ibu hamil dan menyusui, anak-anak, penderita osteoporosis, lansia yang sudah menopouse.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan aktif obat ini.
  • Penderita hiperkalsemia atau hiperkalsiuria berat.

Dosis Calnic Plus dan Cara Penggunaan

Calnic Plus tersedia dalam bentuk sediaan tablet dan syrup suspensi dengan kekuatan dosis pertabletnya atau per sendok takar 5 ml adalah sejumlah:

  • Calcium aquamin: 400 mg.
  • Vitamin D3: 200 IU.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan dosis yang tertera di kemasan obat.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Calnic Plus untuk memenuhi kebutuhan kalsium

  • Dosis Tablet:
    • Dewasa: 1 tablet sekali sehari.
    • Anak – anak > 8 tahun: 1/2 tablet sekali sehari.
  • Dosis syrup:
    • Dewasa: 1 sendok takar sekali sehari.
    • Anak – anak: umur lebih dari 2 tahun 1 1/2 sendok takar, umur 6 bulan – 2 tahun 1 sendok takar sekali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan atau bersamaan dengan makanan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Calnic Plus

Calnic Plus umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada kemungkinan efek samping ringan yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Gangguan pencernaan ringan.

Efek Overdosis Calnic Plus

Belum diketahui apakah Calnic Plus menyebabkan overdosis, namun sepertihalnya obat lainnya. Penggunaan dalam dosis tinggi untuk jangka waktu lama tanpa resep dokter mungkin menyebabkan efek samping berbahaya. Kondisi yang mungkin terjadi adalah kelebihan kalsium dalam darah atau hiperkalsemia yang perlu dikonsultasikan dengan dokter jika hal itu terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat hipersensitif terhadap kandungan obat ini.
  • Hati-hati penggunaan berlebihan pada penderita gangguan fungsi ginjal dan batu ginjal.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Calnic Plus untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Calnic Plus diformulasikan dari bahan alami yang kaya kalsium dan vitmain D sehingga sangat baik untuk ibu hamil yang membutuhkan asupan kalsium lebih tinggi dari biasanya. Oleh karena itu suplemen ini sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil, Namun untuk mengetahui dosis yang tepat untuk kondisi Anda sebaiknya konsultasikan dengan dokter.
  • Kalsium dan vitamin D sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui untuk membantu menjaga produktivitas ASI. Dengan mengonsumsi suplemen Calnic Plus tablet atau suspensi ini sangat baik untuk ibu yang sedang menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan kalsium pada Calnic Plus, diantaranya yaitu:

  • Pemberian kalsium bersamaan dengan ceftriaxone IV dapat membahayakan hati dan ginjal.
  • Penggunaan bersamaan dengan antibiotik jenis kuinolon dan tetrasiklin dapat menurunkan kemampuan penyerapan antibiotik oleh tubuh.
  • Konsumsi kalsium dengan digoxin bersamaan dapat meningkatkan risiko peningkatan detak jantung.
  • Penggunaan diuretik jenis thiazide bersamaan dengan suplemen kalsium dapat meningkatkan level kalsium dalam tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.