Cenfresh obat apa?

Cenfresh adalah obat tetes mata yang digunakan untuk mengatasi mata kering akibat kurangnya produksi air mata. Obat tetes mata ini dapat bertindak sebagai pengganti air mata bagi mereka yang matanya kering akibat terkena matahari atau angin serta untuk menghindari terjadinya iritasi lebih lanjut.

Obat tetes mata yang diproduksi oleh Cendo ini merupakan obat bebas terbatas yang dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter. Namun penggunaannya tetap harus memperhatikan anjuran penggunaan yang tertera pada kemasan atau brosur obat. Ketahui lebih lanjut tentang dosis, efek samping, kontraindikasi, cara penggunaan serta keamanan obat ini untuk ibu hamil pada artikel ini.

Ikhtisar Obat Cenfresh

Jenis obatObat tetes mata
KandunganCarboxymethyl cellulose sodium
KegunaanMeringankan mata kering dan iritasi ringan
KategoriObat bebas terbatas
KonsumenDewasa
KehamilanBelum diketahui
SediaanCenfresh eye drop, Cenfresh minidose
cenfresh obat tetes mata sediaan eye drop dan minidose

Cenfresh obat tetes mata sediaan eye drop dan minidose

Mekanisme Kerja

Cara kerja Cenfresh obat tetes mata dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa Carboxymethyl cellulose sodium. Bahan ini merupakan bentuk garam dari Carboxymethyl cellulose yang merupakan turunan selulosa yang mengandung monomer glukopiranosa serta gugus hidroksil yang terikat pada gugus karboksimetil.

Carboxymethyl cellulose merupakan senyawa polimer yang umum digunakan sebagai air mata buatan dan cukup efektif mengobati mata kering dan teriritasi. Sifat viskositas dan mukoadhesif dari senyawa ini serta muatan anioniknya membuat waktu retensi yang lebih lama di permukaan okular mata sehingga dapat meringankan iritasi dan mata kering.

Indikasi atau Kegunaan Cenfresh

Obat tetes mata Cenfresh digunakan untuk mengurangi gejala mata kering dan iritasi ringan akibat terlalu lama terpapar matahari, angin, polusi udara, terlalu lama menatap komputer atau berada di ruangan ber AC dalam jangka waktu lama.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan obat ini.

Dosis Cenfresh dan Cara Penggunaan

Cenfresh tersedia dalam bentuk sediaan eye drop dan minidose dengan kekuatan dosis tiap ml nya mengandung 5 mg carboxymethyl cellulose sodium.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Atau berdasarkan anjuran yang tertera dalam kemasan atau brosur obat.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Cenfresh untuk mengobati mata iritasi

  • Dosis dewasa: 1 – 2 tetes 3 – 4 kali sehari pada mata yang sakit.

Petunjuk Penggunaan:

  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakan obat ini.
  • Bersihkan tangan sebelum menggunakan obat tetes mata ini, kemudian buka tutup botol dan pastikan ujungnya tidak rusak dan tidak terkontaminasi kotoran. Condongkan kepala ke belakang dan tarik kelopak mata hingga membentuk kantung. Dekatkan ujung botoh Cenfresh ke dekat mata namun tidak menyentuh mata, kemudian teteskan dan jangan berkedip. Setelah itu pejamkan mata 2 – 3 menit sambil membersihkan obat yang menetes dari samping kelopak mata. Cuci tangan hingga bersih setelahnya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6 – 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Cenfresh

Cenfresh umumnya ditoleransi dengan baik. Namun jika muncul reaksi alergi atau malah menambah iritasi pada mata segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Efek Overdosis Cenfresh

Belum ada data yang menunjukkan adanya efek overdosis penggunaan obat tetes mata Cenfresh. Namun penggunaan dalam jangka waktu lama mungkin meningkatkan risiko iritasi pada mata atau pembengkakan kelopak mata. Jika terjadi segera hentikan penggunaan obat dan hubungi unit kesehatan terdekat.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan Anda tidak memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Hindari penggunaan bersamaan dengan obat tetes mata lainnya.
  • Jangan menggunakan obat ini jika bentuknya sudah berubah keruh biasanya akibat kadaluarsa.
  • Hindari menyentuh ujung botot atau ujung minidose untuk menghindari kontaminasi dan tutup rapat botol setelah digunakan.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Cenfresh untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum diketahui apakah bahan aktif Cenfresh dapat mempengaruhi kondisi ibu hamil. Oleh karena itu untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi ada baiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum mulai menggunakan obat apapun selama kehamilan.
  • Belum diketahui apakah Cenfresh dapat terekstraksi pada ASI ibu menyusui sehingga risiko untuk bayi juga belum diketahui. Untuk menghindari risiko yang mungkin terjadi, konsultasikan dengan dokter Anda.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda gunakan dan beritahukan kepada dokter.