Cerebrovit excel adalah multivitamin yang kegunaannya untuk meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Suplemen ini diperuntukkan bagi remaja usia 12 – 23 tahun yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter. Cerebrovit excel tersedia dalam bentuk kapsul, 1 kotak isinya 10 kapsul.

Cerebrovit excel mengandung nutrisi untuk otak dari berbagai jenis vitamin (Vitamin B kompleks, vitamin C dan E) dan juga mineral untuk menunjang aktivitas pelajar yang aktif di sekolah mereka atau kegiatan ekstra di luar sekolah.

Mengenal Obat Cerebrovit Excel

Dikemas dalam bentuk kapsul, berikut komposisi setiap kapsul cerebrovit excel

  • L-glutamic acid 200 mg
  • folic acid 150 mcg
  • Zn 15 mg
  • selenium 50 mcg
  • vitamin B1 5 mg
  • vitamin B6 2 mg
  • vitamin B12 1.5 mcg
  • vitamin C 60 mcg
  • vitamin E 30 mg.

cerebrovit excel

Berikut ini beberapa penjelasan dari kandungan yang terdapat dalam obat cerebrovit excel.

Asam L Glutamat

Glutamat, termasuk sebagai salah satu protein asam amino yang mudah ditemukan, karena secara alami terkandung dalam makanan berprotein tinggi seperti di daging, unggas, sayuran, dan juga ASI. Glutamat diketahui banyak digunakan dalam pembuatan MSG (monosodium gluamat atau garam bernatrium). Asam glutamat ini sendiri masuk dalam kelompok asam amino non esensial.

Dalam proses metabolisme gula dan lemak asam glutamat mempunyai peran penting disitu, ditambah tugasnya membawa kalium ke dalam cairan tulang belakang juga ke bagian sawar darah otak. Meskipun tidak dapat melewati sawar darah otak sebagaimana hal nya dengan glutamin, di dalam darah ditemukan glutamat dalam jumlah yang tinggi dan dapat menyusup ke dalam otak dalam jumlah kecil. Otak juga mampu menggunakan asam glutamat ini sebagai bahan dasar energi.

Asam glutamat berguna untuk memperbaiki gangguan kepribadian dan permasalahan terkait dengan perilaku anak. Asam glutamat seperti banyak orang ketahui telah biasa digunakan sebagai bahan pengobatan dalam mengatasi penyakit epilepsi, retardasi mental, distrofi otot, bisul, koma hipoglikemik, serta efek samping obat insulin untuk diabetes.

Vitamin B 1 (thiamine)

Vitamin B1 merupakan salah satu dari delapan vitamin yang larut dalam air termasuk dalam kelompok vitamin B kompleks. Vitamin ini membantu dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa, yang digunakan untuk menghasilkan energi agar fungsi tubuh bisa berjalan lancar. Vitamin B1 juga sangat diperlukan diperlukan untuk pemecahan lemak dan protein.

Vitamin B1 atau Thiamine termasuk salah satu nutrisi vital bagi manusia. Vitamin B1 berperan penting untuk mempertahankan fungsi saraf dan jantung yang sehat. Kekurangan vitamin B1 bisa menyebabkan penyakit beriberi dan gangguan pada jantung, pencernaan, saraf, otot, dan otak.

Vitamin B 6

Vitamin B6 memiliki peran krusial dalam memelihara metabolisme sel darah merah, sistem saraf, sistem kekebalan tubuh dan fungsi lainnya. Vitamin B6 bisa juga membantu mengontrol kadar homosistein. Bagi seseorang yang kekurangan Vitamin B6, ia akan merasakan beberapa permasalahan seperti peradangan kulit (dermatitis), kebingungan, kejang, kelemahan otot, dan sulit berkonsentrasi.

Selain itu, apabila seseorang mengalami kekurangan Vitamin B6 akibat menstruasi ataupun konsumsi alkohol yang berlebihan, ia akan mengalami insomnia, anemia, depresi, pecah-pecah di sudut bibir, mudah marah, serta linu otot.

Vitamin B 12

Vitamin B12 selain larut dalam air juga dapat kita temukan terkandung dalam berbagai jenis makanan seperti ikan, kerang-kerangan, daging, telur, dan produk olahan dari susu. Vitamin B12 ini terikat pada protein dalam makanan.

Beberapa fungsi utama vitamin B12 bagi tubuh:

  • Menghasilkan sel darah merah.
  • Menjaga kesehatan sistem saraf.
  • Melepaskan energi dari makanan yang dikonsumsi.
  • Memproses asam folat.
  • Membantu dalam proses sintesis DNA.

Vitamin C

Vitamin C (asam askorbat) sangat dibutuhkan tubuh kita untuk menghasilkan kolagen. Kolagen penting untuk menjaga kesehatan serta perbaikan pada tulang rawan, gigi, tulang, dan kulit. Vitamin C mudah kita temukan dari buah-buahan dan sayuran, seperti kiwi, jeruk, tomat, stroberi, lemon, nanas, pepaya, brokoli, cabai, kentang, dan paprika.

Apabila Anda memilih untuk mendapatkan asupan vitamin C dari suplemen, maka dapat mencegah dan mengobati tubuh yang kekurangan vitamin C. Fungsi lainnya yaitu membantu penyembuhan luka, memelihara kesehatan jaringan penghubung, dan membantu melindungi sel-sel tubuh. Vitamin C banyak tersedia dalam berbagai merek dan di jual bebas di apotek.

Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrisi yang sangat baik agar kesehatan jantung tetap terjaga, kulit, mata dan penurunan kognitif seperti alzhiemer dan penyakit yang berhubungan dengan otak.

Vitamin E memiliki juga manfaat lainnya, seperti berikut ini: mencegah dan mengobati beberapa penyakit seperti jerawat, alergi, gangguan penglihatan, demensia, migrain, tukak lambung, tekanan darah tinggi, penuaan, menopause, nyeri kaki, Angina pectoris, asma, asam urat, stroke, diabetes, infertilitas pria.

Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang diperlukan tubuh manusia, zinc juga banyak ditemukan di dalam sel tubuh. Zinc berperan penting sebagai katalisator reaksi biokimia dalam tubuh dan menjadi salah satu komponen yang terdapat pada DNA, RNA dan penyatuan asam nukleat.

Zinc atau Seng (Zn) dalam tubuh berfungsi sebagai antioksidan, tugas utamanya membantu mengurangi apabila terjadi kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas diketahui adalah sebagai pemicu awal terjadinya kerusakan pada sel yang mengakibatkan timbulnya berbagai macam penyakit.

Selenium

Selenium termasuk dalam golongan atau jenis mineral yang dapat ditemukan dalam tanah dan sejumlah makanan maupun air. Tubuh manusia memang membutuhkan selenium namun tak begitu besar atau sampai ketergantungan, agar fungsi pada metabolisme berjalan lancar, khususnya pada fungsi kelenjar tiroid. Tubuh tidak dapat memproduksi jenis mineral ini, itulah alasan mengapa perlu mendapatkan selenium ini dari luar, yaitu beberapa jenis makanan.

Kegunaan mineral selenium adalah sebagai antioksidan untuk menahan segala macam radikal bebas. Radikal bebas yang ada pada tubuh manusia kemudian dibiarkan saja akan memicu datangnya berbagai macam penyakit berbahaya.

Selenium dan vitamin E apabila berkolaborasi dapat membuat fungsi antioksidan tersebut menjadi lebih optimal, dengan cara melawan dan membasmi radikal bebas dan tubuh akan terbebas dari segala penyakit.

Asam Folat

Asam folat termasuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Asam folat diperlukan dalam membangun tubuh karena sifatnya yang multifungsi, mulai dari produksi DNA hingga pembentukan sel darah merah. Asam folat memiliki peran penting bagi kesehatan semua golongan usia, mulai dari bayi hingga orang dewasa.

Beberapa manfaat asam folat:

  • Membantu membentuk sel-sel tubuh. Vitamin B12, vitamin C dan asam folat bekerjasama untuk membantu tubuh memecah, menggunakan, dan membentuk protein baru. Senyawa protein ini akan membantu pembentukan sel darah merah dan memproduksi DNA. Selain produksi DNA, asam folat juga dapat memperbaiki DNA dan RNA.
  • Menghindari Anemia. Fungsi asam folat salah satunya adalah membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, Anda akan rawan mengidap anemia karena produksi sel darah merak akan selalu di bawah normal.

Indikasi dan Kegunaan

Cerebrovit Excel obat apa? Sesuai dengan yang telah diterangkan diatas, maka obat cerebrovit excel ini secara singkat berfungsi untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin, mineral & nutrisi otak.

Kontraindikasi

Tidak boleh dikonsumsi oleh orang yang memiliki alergi atau hipersensitif terhadap zat-zat yang terkandung dalam cerebrovit excel.

Dosis Cerebrovit Excel dan Cara Pemakaian

Cerebrovit Excel Kapsul untuk 12 tahun keatas 1 kapsul perhari.

Cerebrovit Excel Syrup:

  • Anak 4 bulan – 1 tahun, 1 kali sehari 1/2 sendok teh sirup.
  • Anak 1-6 tahun, 1 kali sehari 1 sendok teh sirup.
  • Anak 6-12 tahun, 2 kali sehari 1 sendok teh sirup.

Efek Samping Cerebrovit Excel 

Kami belum mendapatkan informasi mengenai bahaya cerebrovit excel, namun bila setelah mengonsumsi obat ini Anda merasa ada yang tidak beres, segera pergi ke dokter. Bagi yang memiliki alergi, maka gejala alergi bisa berupa gatal dan ruam pada kulit, pembengkakan pada bibir, wajah, kelopak mata, dan kesulitan bernafas.

Jika mengalami alergi, maka segera hentikan penggunaan cerebrovit excel dan segera mencari pertolongan medis.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat cerebrovit excel ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Penggunaan pada anak di bawah 12 tahun tidak disarankan.
  • Penggunaan pada orang normal untuk penggunaan rutin dengan tujuan seperti yang disebutkan dalam indikasi tidak disarankan.
  • Penggunaan pada wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan.
  • Waktu pendarahan harus dipantau selama jangka waktu pemakaian yang lama.
  • Pengobatan bersamaan dengan obat-obatan seperti warfarin, acetosal, tidak dianjurkan.