Cooling 5 obat apa?

Cooling 5 adalah obat antiseptik semprot untuk mulut dan tenggorokan. Obat ini dapat membasmi kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan, sakit pada gusi, lidah dan lapisan mulut serta meredakan sariawan dan bau tak sedap di mulut. Obat ini mengandung phenol crystal yang bersifat antiseptik dan desinfektan terhadap banyak jenis mikroorganisme termasuk jamur, virus dan bakteri.

Obat yang diproduksi oleh PT. Novell Pharmaceutical ini merupakan jenis obat bebas yang konsumsinya tanpa harus diresepkan oleh dokter dan dapat dengan mudah dibeli di apotik. Sebagai tambahan informasi, berikut kami ulas kegunaan, dosis lazim, efek samping, kontraindikasi, kemungkinan interaksi Cooling 5 dengan obat lain serta informasi keamanan obat ini untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Cooling 5

Jenis obatAntiseptik mulut
KandunganPhenol crystal
KegunaanMembasmi kuman penyebab sakit tenggorokan, meredakan sakit pada lapisan mulut, lidah dan gusi; meredakan sariawan serta tenggorokan kering dan bau tak sedap pada mulut
KategoriObat bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanKategori N
SediaanCooling 5 cool mint 15 ml, Cooling 5 cherry 15 ml, Cooling 5 cappuccino 15 ml
cooling 5 antiseptik mulut

Varian rasa cooling 5, cappucino, cherry dan cool mint

Mekanisme Kerja

Cara kerja Cooling 5 dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa phenol crystal. Phenol merupakan senyawa antiseptik dan desinfektan yang juga bersifat anastetik lokal dan neurolitik yang dapat bekerja memperbaiki jaringan mukosa dengan menstimulasi terbentuknya jaringan submukosa yang rusak.

Indikasi atau Kegunaan Cooling 5

Cooling 5 digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan atau sakit pada lapisan mulut dan lidah seperti sariawan atau lesi mulut, tenggorokan kering dan bau tak sedap di mulut. Obat semprot ini juga dapat bersifat anastetik lokal yang memberikan rasa baal pada lesi di mulut dan tenggorokan sehingga mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan.

Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit pada tenggorokan akibat terlalu banyak merokok, makan makanan berminyak, banyak berteriak hingga suara serak, sakit tenggorokan akibat flu, serta juga bisa melegakan tenggorokan.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan bahan aktif obat ini.
  • Tidak boleh digunakan pada penderita epiglotitis (kondisi yang mengancam jiwa ketika terjadi pembengkakan pada jaringan pelindung batang tenggorokan)
  • Tidak boleh digunakan pada anak-anak umur kurang dari 6 tahun.

Dosis Cooling 5 dan Cara Penggunaan

Cooling 5 tersedia dalam bentuk sediaan cairan semprot dengan kekuatan dosis 1,4 % larutan phenol crystal per semprot atau per botolnya.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain, atau berdasarkan dosis yang tertera pada kemasan obat. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Cooling 5 untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mulut

  • Dosis dewasa: semprotkan 2 – 3 kali Cooling 5 pada mulut dan tenggorokan atau diarahkan pada area mulut yang sakit atau terdapat lesi. Kemudian berkumur lah selama 15 detik kemudian buang larutan tadi dengan meludahkannya. Dosis ini dapat diulangi setiap 2 jam sekali hingga didapat hasil yang memuaskan.
  • Dosis anak-anak umur lebih dari 12 tahun: semprotkan 1 – 3 kali pada mulut dan tenggorokan kemudian berkumurlah minimal 15 detik dan keluarkan kembali dengan meludahkannya. Dosis ini dapat diulang setiap 2 jam sekali.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini dengan cara menyemprotkannya langsung ke arah mulut dan tenggorokan diamkan minimal 15 detik kemudian keluarkan kembali larutan obat ini dengan meludahkannya.
  • Hindari mengenai mata.
  • Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan atau petunjuk dokter sebelum mulai menggunakan obat ini.

Efek Samping Cooling 5

Cooling 5 umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Rasa baal di lidah dan mulut

Efek Overdosis Cooling

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis obat ini dalam penggunaan sesuai dosis. Efek overdosis mungkin terjadi jika larutan Cooling 5 terminum dalam jumlah besar. Efeknya bisa timbul luka pada mulut dan tenggorokan bahkan pencernaan. Jika kondisi ini terjadi segera hubungi unit kesehatan terdekat agar mendapatkan pertolongan tepat sesegera mungkin. Umumnya pemberian arang aktif dapat dilakukan untuk mengurangi efek korosif obat di pencernaan. Jika terkena mata pembilasan dengan air bersih atau cairan sodium cloride 0,9% dapat dilakukan.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan dapa dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat alergi terhadap kandungan obat ini atau obat sejenis lainnya.
  • Hentikan penggunaan pada radang tenggorokan jika setelah 7 hari penggunaan rasa sakit, kemerahan dan pembengkakan pada tenggorokan masih terjadi. Segeralah berkonsultasi pada dokter Anda.
  • Sebaiknya tidak digunakan pada sakit tenggorokan yang dibarengi dengan demam, sakit kepala, mual dan muntah.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Cooling 5 untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum diketahui apakah bahan aktif Cooling 5 dapat mempengaruhi janin pada ibu hamil. Oleh karena itu penggunaan obat ini selama kehamilan sebaiknya berhati-hati atau konsultasikan dengan dokter kandungan Anda terlebih dahulu.
  • Belum diketahui apakah phenol dapat masuk dan terekskresi bersama ASI ibu menyusui dan membahayakan bayi yang menyusu. Oleh karena itu penggunaannya selama masa menyusui sebaiknya berhati-hati atau dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Cooling 5, diantaranya yaitu:

  • Penggunaan Cooling 5 bersamaan dengan obat antibakteri dapat menurukan efektivitas obat semprot ini.