Dermatix obat apa?

Dermatix adalah obat kulit berbentuk gel yang digunakan untuk mengatasi bekas luka atau jaringan parut seperti keloid yang umumnya terbentuk akibat luka bekas operasi, luka bakar serta luka akibat trauma pada kulit.

Selain untuk meratakan, mengurangi dan menghaluskan luka parut, obat ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal dan ketidaknyamanan yang timbul serta mengembalikan warna kulit yang belang.

Dermatix tersedia dalam bentuk tube gel silikon dan hadir dalam bentuk dermatix ultra dengan komposisi bahan aktif yang diperkaya dengan Cyclopentacyloxane atau ester vitamin C ekslusif dan vinyl dimethicone ascorbyl tetraisopalmitate. Ketahui lebih lanjut tentang dosis, indikasi, kontraindikasi, dan efek sampingnya di bawah ini.

Ikhtisar Obat Dermatix

Jenis obatEmolien dan pelindung luka
KandunganCyclopentacyloxane, dimethicone, vinyl dimethicone ascorbyl tetraisopalmitate
KegunaanMeratakan, mengurangi dan menghaluskan luka parut seperti:

  • Keloid
  • Luka hipertrofik
  • Luka bakar
  • Trauma kulit
KategoriObat Resep atau obat bebas
KonsumenDewasa dan Anak-anak
KehamilanKonsultasikan dengan dokter
SediaanDermatix  Ultra 7 gr, 15 gr dan 60 gr
dermatix ultra obat keloid gel kemasan 5 gram

Dermatix ultra obat keloid dalam sediaan gel kemasan 5 gram

Mekanisme Kerja

Mekanisme kerja Dermatix dapat diketahui dari bahan aktif yang dikandungnya diantaranya:

  • Cyclopentacyloxane merupakan senyawa yang digunakan pada industri kosmetik sebagai kondisioner, pelumas dan pelarut. Seperti halnya senyawa turunan silikon lainnya obat ini dapat menyebar dengan mudah karena fluiditasnya yang unik. Saat digunakan pada kulit dapat membuat kulit lebih halus licin dan kenyal sehingga sering digunakan untuk menghilangkan keriput.
  • Dimethicone merupakan senyawa yang dapat digunakan sebagai obat untuk melindungi kulit karena sifatnya yang dapat mengganggu homeostatis air sehingga dapat membantu mengurangi rasa gatal di kulit, kulit yang lecet, atau pecah-pecah. Selain itu senyawa ini juga digunakan untuk mengatasi kutu rambut pada anak-anak.
  • Vinyl dimethicone ascorbyl tetraisopalmitate merupakan bentuk lain dimethicone dan vitamin C ester merupakan senyawa turunan dari vitamin C yang banyak digunakan untuk perawatan kulit karena bentuknya yang lebih stabil bahkan dengan bentuk originalnya. Senyawa ini juga diketahui dapat diserap lebih dalam ke kulit dan lebih sulit di pecah oleh kondisi lingkungan sekitarnya sehingga dapat digunakan untuk penggunaan pada waktu yang lebih lama. Selain itu jenis vitamin C nya bersifat non-acid dapat mengurangi efek iritatifnya pada kulit serta larut dalam lemak sehingga sangat baik untuk perawatan kulit.

Indikasi atau Kegunaan Dermatix

Dermatix ultra dapat digunakan untuk perawatan, meratakan, menghaluskan dan memudarkan luka parut yang timbul setelah proses operasi, trauma kulit, diantaranya seperti:

  • Keloid yang berupa bekas luka yang menonjol setelah luka sembuh biasanya terjadi pada luka bekas sesar atau bekas luka gores.
  • Luka hipertrofik yang menonjol akibat respon abnormal kulit terhadap trauma atau luka, umumnya bisa terjadi dimana saja di kulit tubuh dan lebih mudah diatasi dibanding keloid.
  • Luka bakar yang sudah mulai sembuh, tidak digunakan untuk luka bakar yang masih baru.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, pada kondisi berikut ini tidak dianjurkan menggunakan obat ini:

  • Hindari penggunaan pada orang dengan riwayat hipersensitif/alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Tidak digunakan pada luka yang masih baru dengan kondisi luka yang masih terbuka.
  • Hindari penggunaan pada bekas luka pada area mukosa atau terlalu dekat dengan mata.

Dosis Dermatix Ultra dan Cara Penggunaan

Dermatix Ultra tersedia dalam bentuk sediaan tube dengan kekuatan dosis 7 gram, 15 gram dan 60 gram.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Dermatix untuk mengobati bekas luka keloid, luka hipertrofik dan luka bakar

  • Dosis dewasa: aplikasikan tipis-tipis pada luka yang ingin dirawat 2 x sehari pagi dan petang selama minimal 2 bulan, biarkan kering selama paling sedikit dua menit.
  • Dosis dermatix untuk anak-anak:  sama dengan dosis dewasa, obat ini diketahui aman untuk anak-anak, untuk penggunaan pada balita sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda lebih dulu.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini hanya pada kulit bagian luar, hindari luka pada mukosa dan dekat dengan mata.
  • Bersihkan luka yang ingin dirawat dengan sabun dan air sebelum pengaplikasian obat ini. Kemudian keringkan dengan handuk setelahnya. Berikan sedikit pada ujung jari lalu oleskan secara merata pada area luka dan biarkan kurang lebih 2 menit.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, bisa digunakan pagi dan petang. Untuk memudahkan gunakan pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Dermatix

Dermatix umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, beberapa efek samping mungkin muncul dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Kemerahan.
  • Muncul rasa sakit disekitar luka.
  • Timbul iritasi di area luka.

Umumnya efek samping ini jarang muncul, namun jika hal ini terjadi berulang dan semakin parah sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Efek Overdosis Dermatix

Keterangan tentang efek overdosis obat ini belum diketahui atau masih sangat sedikit data tentang kejadian overdosis akibat obat ini. Namun jika muncul reaksi seperti rasa sakit dan iritasi yang parah pada luka dan semakin hari semakin parah atau tidak sengaja tertelan. Segera hubungi dokter atau unit kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika pernah mengalami reaksi alergi saat menggunakan obat ini sebelumnya. Penyesuaian dosis atau penggantian jenis obat mungkin dilakukan.
  • Obat ini dapat digunakan sebagai lapisan dasar pada kosmetik.
  • Hindari dari jangkauan anak-anak.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Dermatix untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum diketahui secara jelas keamanannya Dermatix ultra untuk ibu hamil. Meskipun hanya berupa obat luar yang hanya digunakan pada lapisan kulit namun sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini saat hamil.
  • Belum diketahui atau belum banyak data tentang kemungkinan masuknya bahan aktif Dermatix Ultra pada ASI ibu menyusui. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko yang mungkin timbul sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda lebih dulu sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Dermatix Ultra, diantaranya:

  • Beberapa jenis antibiotik topikal dapat berinteraksi dengan Dermatix jika digunakan bersamaan, umumnya dapat meningkatkan efek samping dari masing-masing obat ini.
  • Beberapa jenis kosmetik tertentu dapat meningkatkan efek samping Dermatix jika digunakan bersamaan.

Daftar ini belum mencakup keseluruhan obat yang mungkin berinteraksi dengan Dermatix. Oleh karena itu sebaiknya selalu konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin menggunakan obat topikal pada kulit secara bersamaan.