Elkana syrup obat apa?

Elkana syrup adalah suplemen multivitamin dan mineral yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral terutama untuk anak-anak pada masa pertumbuhan, wanita hamil dan menyusui serta sebagai terapi pada penderita defisiensi vitamin.

Terdapat dua jenis Elkana syrup yaitu Elkana syrup biasa dan Elkana CL emulsi. Pada jenis CL emulsi komposisinya ditambahkan dengan cod liver oil, AA-DHA serta curcuma sebagai penambah nafsu makan.

Suplemen yang di produksi oleh SANBE ini tersedia secara bebas di apotek atau toko obat. Selain dalam bentuk syrup obat ini juga tersedia dalam bentuk Elkana tablet dengan komposisi yang disesuaikan. Ketahui lebih lanjut tentang kegunaan, dosis dan efek sampingnya pada artikel ini.

Ikhtisar Obat Elkana Syrup

Jenis obatSuplemen multivitamin
KandunganVitamin A, vitamin D, minyak hati ikan kod, DHA, arachidonic acid (AA), ekstrak temulawak, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B12, nicotinamide, choline, inositol, L-lysine HCl, Calcium, Natrium, GOS
KegunaanTerapi kekurangan vitamin, membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan penambah nafsu makan
KategoriObat Bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanKategori A
SediaanElkana Syrup 60 ml & Elkana CL Emulsion Orange 120 ml
elkana syrup multivitamin dan mineral

Elkana syrup multivitamin dan mineral

Mekanisme Kerja

Cara kerja Elkana syrup dapat diamati dari kandungan bahan aktif apa saja yang menjadi komposisinya. Beberapa diantaranya yaitu:

  • Vitamin A atau retinol berperan penting dalam kesehatan mata, pertumbuhan jaringan epitel, perkembangan tulang, berperan dalam perkembangan embrio, pematangan sel darah dan perkembangan otak serta membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Vitamin D diproduksi oleh tubuh ketika sinar UVB yang berasal dari matahari mengenai kulit, namun vitamin D yang dihasilkan tidaklah banyak. Oleh karena itu diperlukan tambahan vitamin D untuk membantu menyokong fungsi vitamin D dalam sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan dan pencegahan infeksi serta pencegahan alergi.
  • Minyak hati ikan kod merupakan sumber alami yang kaya kandungan asam lemak omega 3 (EPA dan DHA) serta memiliki kandungan vitamin A dan D yang cukup tinggi. Bahan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit, meningkatkan penyerapan vitamin serta dapat membantu meningkatkan sistem imun yang sedang lemah.
  • DHA sangat baik untuk bayi dalam masa pertumbuhan sehingga sering diforumlasikan dalam susu bayi. DHA juga baik untuk menjaga kesehatan jantung, mata serta baik untuk kondisi diabetes.
  • Arachidonic acid (AA) dibutuhkan tubuh dalam perkembangan otak, otot, jaringan saraf dan sistem kardiovaskular. Bersama dengan DHA, AA merupakan asam lemak esensial yang paling banyak ditemukan pada otak.
  • Temulawak diketahui dapat merangsang produksi cairan empedu yang penting dalam proses pencernaan makanan sehingga pencernaan lancar dan mengurangi kembung. Oleh karena pencernaan yang lancar dan perut cepat kosong sehingga membuat rasa lapar lebih cepat datang.
  • Vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah, dapat membantu menjaga kesehatan hati dan saraf dan pada dosis tinggi dapat mengaktifkan proses pembekuan darah.
  • Choline merupakan nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh dalam pembentukan struktur sel, komunikasi antar sel, metabolisme lemak, berperan dalam sintesis DNA dan menjaga kesehatan jaringan saraf.
  • Inositol merupakan senyawa vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kehamilan terutama dari penyakit PCOS, ketidakmampuan berovulasi serta menurunkan tekanan darah tinggi.
  • Kalsium berperan sangat penting pada tubuh dalam pembentukan tulang dan gigi, berperan dalam fungsi impuls saraf, komunikasi antar sel dan membantu kerja otot. Apabila kekurangan kalsium tubuh akan mengambil cadangan kalsium di tulang. Oleh karena itu pemenuhan kebutuhan akan kalsium sangat penting untuk menjaga tulang tetap kuat.
  • GOS merupakan salah satu jenis probiotik yang dapat membantu menstimulasi perkembangan bakteri baik di  usus. Bahan ini mencegah diare dan konstipasi pada balita, anak-anak hingga orang dewasa.

Indikasi atau Kegunaan Elkana Syrup

Elkana syrup CL diindikasikan untuk terapi pada penderita kekurangan vitamin dan mineral, serta sebagai suplemen penunjang pertumbuhan bagi anak-anak. Selain itu juga diberikan pada wanita hamil dan ibu menyusui sebagai tambahan nutrisi selain makanan.

Kontraindikasi

Karena Elkana syrup dikomposisikan dari vitamin, mineral, bahan herbal yang aman untuk tubuh. Tidak ada kontraindikasi yang tertera pada kemasan produk suplemen ini sehingga cukup aman dikonsumsi. Namun jika memiliki riwayat hipersensitifitas atau alergi terhadap salah satu kandungan suplemen ini, segera hentikan pemakaiannya dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Dosis Elkana Syrup dan Cara Penggunaan

elkana CL syrup dengan cod liver oil dan curcuma

Elkana CL syrup dengan cod liver oil dan curcuma

Elkana syrup tersedia dalam bentuk sediaan botol 60 ml dan 120 ml untuk tipe CL dengan kekuatan dosis per 5 ml (1 sendok takar) seperti berikut:

  • Elkana syrup: vitamin A :2,400 IU, vitamin B1 4 mg, vitamin B2 1.2 mg, vitamin B6 1.2 mg, vitamin B12 4 mcg, vitamin C 60 mg, vitamin D 400 IU, nicotinamide 16 mg, choline 12 mg, inositol 12 mg, Calcium 33.1 mg, Natrium 5.2 mg, L-lysine HCl 200 mg.
  • Elkana CL emulsi : vitamin A 2,400 IU, vitamin D 400 IU, cod liver oil 8 mg, DHA 10 mg, arachidonic acid (AA) 15 mg, curcuma extr 12 mg, vitamin B1 4 mg, vitamin B2 1.2 mg, vitamin B6 1.2 mg, vitamin B12 4 mcg, nicotinamide 16 mg, choline 12 mg, inositol 12 mg, L-lysine HCl 100 mg, Ca 33.1 mg, Na 5.2 mg, GOS 500 mg.

Ingat! Penggunaan obat atau suplemen sebaiknya sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain atau sesuai dosis yang tertera dalam kemasan obat.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Elkana syrup sebagai suplemen vitamin dan mineral

  • Dosis untuk dewasa, wanita hamil, ibu menyusui, dan anak-anak > 6 tahun: 5 ml (1 sendok takar) 1 atau 2 kali sehari.
  • Dosis anak-anak < 6 tahun: 2,5 – 5 ml (1/2 – 1 sendok takar) 3 kali sehari.

Dosis Elkana CL emulsi sebagai suplemen vitamin dan mineral

  • Dosis dewasa dan anak-anak > 6 tahun: 5 ml (1 sdt)  sekali sehari.
  • Dosis anak-anak < 6 tahun: 2,5 ml (1/2 sdt) sekali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Suplemen ini dapat dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Namun jika muncul rasa tidak nyaman pada perut sebaiknya dimakan bersamaan dengan makanan dan dianjurkan banyak minum air putih setelahnya.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Elkana pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Elkana syrup

Elkana umumnya ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Namun demikian, ada efek samping yang mungkin muncul dan perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak nyaman pada perut.
  • Iritasi lambung.
  • Nyeri ulu hati.

Efek Overdosis Elkana Syrup

Belum ada data tentang penggunaan berlebihan obat ini hingga menyebabkan overdosis. Namun konsumsi dosis tinggi dalam jangka waktu lama dapat meningkatkan risiko munculnya overdosis. Jika muncul kondisi nyeri pada lambung dan pencernaan berat setelah penggunaan dosis tinggi, segera hubungi unit layanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Selalu perhatikan dosis dan cara pakai yang tertera pada kemasan obat.
  • Segera hentikan penggunaan suplemen ini jika terjadi reaksi alergi seperti pembengkakan pada area mata, bibir atau kesulitan bernafas.
  • Konsultasikan dengan dokter Anda jika ingin mengonsumsi obat ini bersamaan dengan jenis obat lainnya.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Elkana syrup untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Elkana syrup sangat dianjurkan untuk ibu hamil karena kandungan multivitamin dan mineral serta bahan herbal didalamnya dapat menunjang kesehatan selama proses kehamilan.
  • Elkana syrup dianjurkan untuk ibu menyusui karena kandungannya sangat bermanfaat sebagai pelengkap nutrisi selain makanan sehari-hari.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.