Etabion obat apa?

Etabion adalah suplemen vitamin dan mineral yang biasa diresepkan untuk ibu hamil. Suplemen ini juga sangat baik dikonsumsi oleh penderita anemia atau sebagai pencegahan terhadap mereka yang berisiko anemia. Kandungan fero glukonat dan vitamin B12 dari suplemen ini bermanfaat dalam membantu pembentukan sel darah merah.

Etabion juga dilengkapi beberapa vitamin dan mineral penting untuk ibu hamil seperti vitamin D, C dan B12 serta asam folat yang sangat dibutuhkan dalam perkembangan janin. Namun jangan kaget jika saat menggunakan obat ini muncul efek samping seperti rasa tidak nyaman di perut dan konstipasi, hal ini cukup umum terjadi dan biasanya akan mereda setelah penggunaan obat dihentikan.

Ikhtisar Obat Etabion

Jenis obatVitamin dan mineral
KandunganFero glukonat, vitamin C, asam folta, vitamin B12, Vitamin D, cupri sulfat dan mangan sulfat
Kegunaan
  • Membantu mengatasi anemia
  • Menjaga kesehatan janin dalam kandungan
  • Membantu pembentukan darah
KategoriObat Resep atau obat bebas
KonsumenDewasa
KehamilanAman untuk Kehamilan
SediaanEtabion tablet
etabion kapsul vitamin dan mineral untuk ibu hamil

Etabion kapsul vitamin dan mineral untuk ibu hamil

Mekanisme Kerja

Cara kerja Etabion dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya, diantaranya yaitu:

  • Fero glukonat merupakan bentuk lain dari mineral besi yang merupakan elemen penting penyusun tubuh. Mineral besi berperan penting terutama dalam menyusun hemoglobin dan mioglobin darah. Dimana hemoglobin akan membantu mengangkut oksigen melalui darah menuju ke organ dan jaring-jaringan tubuh, sementara mioglobin membantu otot menyimpan kebutuhan oksigen.
  • Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini diyakini berperan penting terhadap reaksi reduksi dan oksidasi di dalam tubuh, serta terlibat dalam metabolisme tirosin, berperan dalam konversi asam folat menjadi asam folinat, membantu proses sintesis lipid dan protein, berperan dalam metabolisme besi, membantu proses respirasi tubuh serta berperan dalam menjaga ketahanan tubuh dari infeksi.
  • Asam Folat merupakan bentuk lain dari vitamin B yang bersifat larut dalam air. Asam folat bersifat tidak aktif secara biokimia sehingga harus dirubah dalam bentuk asam tetrahidrofilik dan metiltetrahirofolat oleh dihidrofolat reductase. Asam folat sangat penting dalam proses sintesis purin dan pirimidin yang merupakan komponen utama pembentuk DNA dan RNA. Selain itu senyawa ini juga penting dalam proses pembentukan dan pemeliharaan sel-sel darah merah.
  • Vitamin B12 atau yang disebut juga sebagai kobalamin merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air dan berperan penting dalam banyak proses dalam tubuh. Vitamin ini berperan dalam menjalankan fungsi normal otak dan sistem saraf serta dalam pembentukan sel darah.
  • Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang larut dalam lemak dan berperan penting dalam pembentukan kalsium dan fosfor dalam tubuh. Vitamin ini juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil yang notabene memerlukan nutrisi dua kali lipat dari biasanya.
  • Cupri Sulfat merupakan suplemen yang digunakan untuk mengatasi kekurangan mineral tembaga dalam tubuh. Senyawa tembaga berperan penting terhadap beberapa jenis metaloenzim termasuk ceruloplasmin, monoamine oksidase, ferroxidase, tirosinase. Beberapa fungsi tubuh juga tergantung pada kecukupan tembaga diantaranya adalah proses mineralisasi tulang, pembentukan myelin dan melanin, homeostatis glukosa dan leukopoiesis.
  • Mangan Sulfat merupakan suplemen yang digunakan untuk pengobatan atau profilaksis terhadap kekurangan mineral mangan. Kekurangan mangan bisa menyebabkan pertumbuhan terganggu, pertumbuhan tulang rawan yang tidak normal, dan kinerja sistem reproduksi menurun. Mangan dalam tubuh bertindak sebagai aktivator polisakarida polimerasi, arginase, cholinesterase dan piruvat karboksilase.

Indikasi atau Kegunaan Etabion

Etabion diindikasikan untuk mengobati atau sebagai profilaksis (pencegahan) terhadap beberapa kondisi berikut:

  • Mengobati dan mencegah terjadinya anemia, termasuk pada ibu hamil.
  • Membantu menjaga kesehatan janin dalam kandungan.
  • Membantu mempercepat pembentukan sel darah.

Kontraindikasi

Sebaiknya tidak digunakan pada orang dengan riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan etabion, meskipun alergi sangat jarang terjadi karena kandungan etabion merupakan senyawa esensial yang penting untuk tubuh.

Dosis Etabion dan Cara Penggunaan

Etabion tersedia dalam bentuk sediaan kapsul.

Ingat ! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dosis Etabion untuk wanita hamil: 2 kapsul per hari atau sesuai anjuran dokter.
  • Dosis Etabion untuk penderita anemia (dewasa): 2 kapsul per hari atau sesuai anjuran dokter.

Petunjuk Penggunaan:

  • Obat ini dapat digunakan sebelum atau setelah makan. Jika muncul rasa tidak nyaman di pencernaan sebaiknya mengonsumsi obat ini bersamaan dengan makanan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih setelahnya.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Etabion pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Etabion

Etbion umumnya ditoleransi dengan baik. Namun beberapa efek samping yang mungkin muncul juga perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Tidak nyaman pada pencernaan.
  • Diare.
  • Konstipasi.
  • BAB berwarna hitam.

Efek Overdosis Etabion

Belum ada data tentang efek overdosis penggunaan obat ini. Namun penggunaan berlebihan sebaiknya dihindari karena akan memperparah efek samping yang ditimbulkan.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Gunakan sesuai anjuran dokter atau dosis yang tertera di kemasan.
  • Kandungan fero glukonat obat ini membuat seorang dengan kondisi ulkus saluran pencernaan sebaiknya menghindari obat ini.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Etabion untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Etabion sangat dianjurkan dalam masa kehamilan karena dapat membantu menjaga kesehatan terutama mencegah anemia selama kehamilan. Kandungan asam folat pada Etabion juga sangat baik untuk mencegah kelainan sistem saraf pada tahap perkembangan janin.
  • Etabion merupakan mineral esensial dan vitamin yang baik untuk ibu menyusui sehingga penggunaannya dirasa aman. Namun tetap konsultasikan dengan dokter Anda untuk dosisnya.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Etabion, diantaranya yaitu:

  • Hindari penggunaan bersamaan dengan dimercapol karena obat ini dapat mengikat mengikat obat-obatan dengan kandungan besi dan selenium yang dapat meningkatkan toksisitasnya pada ginjal.
  • Obat-obatan jenis antasid diketahui dapat mengurangi kemampuan usus menyerap mineral besi. Oleh karena itu sebaiknya menghindari penggunaan Etabion bersamaan dengan antasid.
  • Garam besi atau dalam bentuk fero glukonat diketahui dapat menurunkan penyerapan penicillamine di usus, penggunannya bersamaan sebaiknya dihindari.