Faktu Supp obat apa?

Faktu Supp adalah obat berbentuk supositoria untuk mengatasi pendarahan dan peradangan pada penderita hemorhoid, ambeien atau wasir, baik yang jenis internal maupun eksternal. Obat ini digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam dubur, dengan begitu obat ini dapat bekerja lebih cepat dibanding obat oral atau minum.

Obat yang diproduksi oleh Nycomed dan dipasarkan oleh PT. Pharos ini merupakan jenis obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Ketahui lebih lanjut tentang dosis lazim, efek samping, cara menggunakan dan apakah boleh digunakan oleh ibu hamil dan menyusui pada ulasan berikut ini.

Ikhtisar Obat Faktu Supp

Jenis obatPreparat anorektal
KandunganPolicresulen, chincochain HCl
KegunaanMengobati peradangan dan pendarahan pada ambeien internal maupun eksternal serta pada penyakit fisura ani
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa
KehamilanKonsultasikan dengan dokter
SediaanNexium 20 mg, 40 mg tablet

faktu supp obat ambeien

Mekanisme Kerja

Cara kerja Faktu supp ini dapat dicermati dari kandungan bahan aktif penyusunnya yaitu:

  • Policresulen: merupakan hasil kondensasi metacresolsulfonic dengan metana. Senyawa ini digunakan sebagai antiseptik dan topikal hemostatik serta bersifat anstringen. Senyawa policresulen bersifat negatif sementara bagian kulit atau anus yang luka bersifat positif sehingga dapat menarik policresulen. Senyawa ini juga akan menyebabkan luka kimia ringat pada area yang sakit sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi.
  • Chincochain HCl: senyawa ini merupakan anastesi lokal dari jenis amide yang umumnya digunakan untuk anastesi permukaan. Obat ini merupakan yang paling kuat dengan tingkat toksisitas tinggi sehingga penggunaan jenis parenteralnya (suntik) hanya digunakan untuk anastesi spinal atau tulang belakang. Senyawa ini memiliki kemampuan anastesi lokal yang lebih lama dari jenis lainnya.

Indikasi atau Kegunaan Faktu Supp

Faktu Supp diindikasikan untuk mengobati ambeien atau wasir terkait pendarahan dan inflamasi yang terjadi, baik untuk ambeien internal maupun eksternal. Obat ini juga digunakan untuk mengatasi pruritus ani, dimana muncul kulit pecah-pecah disekitar lubang anus.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitifitas atau alergi terhadap kandungan obat ini.

Dosis Faktu Supp dan Cara Penggunaan

Faktu Supp tersedia dalam bentuk tablet lunak supositoria dengan kekuatan dosis tiap tabletnya sebagai berikut:

  • Policresulen 100 mg.
  • Cinchocain HCl 2,5 mg.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Faktu Supp untuk mengatasi wasir

  • Dosis dewasa: 2 – 3 kali sehari 1 tablet supositoria.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini dalam posisi berbaring miring ke kiri dan gunakan sarung tangan atau bersihkan tangan sebelum mengaplikasikannya.
  • Segera gunakan obat ini setelah dibuka dari kemasannya karena obat ini sangat mudah mencair pada suhu ruangan.
  • Usahakan untuk berbaring dan kurangi gerak saat menggunakan obat ini.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Faktu Supp

Faktu Supp umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Rasa panas seperti terbakar pada area anus, namun efek ini bersifat sementara dan akan berkurang dengan sendirinya dan hilang jika penggunaan dihentikan.
  • Muncul rasa kebas di bagian sekitar anus.

Efek Overdosis Faktu Supp

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis obat ini. Namun penggunaan berlebihan tanpa resep dokter mungkin memicu munculnya rasa sakit dan kebas di anus. Jika hal ini terjadi segera konsultasikan dengan dokter Anda.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Jika infeksi atau iritasi akibat wasir semakin bertambah, segera konsultasikan dengan dokter.
  • Jika muncul pendarahan pada anus yang keluar bersamaan dengan feses sebaiknya konsultasikan hal tersebut pada dokter Anda.
  • Hindari penggunaan obat ini pada anak-anak dibawah 18 tahun.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Faktu Supp untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Belum ada data yang menunjukkan efek obat ini pada ibu hamil. Untuk itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter kandungan Anda jika harus menggunakan obat ini selama masa kehamilan.
  • Kandungan bahan aktif obat ini belum diketahui efeknya pada ASI ibu menyusui. Oleh karena itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan untuk bayi dan ibunya sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakan obat ini selama masa menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Terutama untuk jenis obat supositoria lainnya yang digunakan di anus. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.