Glyceryl guaiacolate obat apa?

Glyceryl guaiacolate adalah obat jenis ekspektoran yang dapat meredakan batuk dan melancarkan pengeluaran dahak di saluran napas. Obat ini bekerja dengan cara meningkatkan volume dahak dan membuatnya lebih encer sehingga lebih mudah dikeluarkan dari saluran pernapasan.

Glyceryl guaiacolate (GG) juga biasa disebut sebagai guaifenesin. Meskipun dapat meredakan batuk dan dahak obat ini tidak dianjurkan untuk batuk yang sudah berlangsung lama yang biasanya disebabkan oleh penggunaan rokok atau masalah pernapasan berat seperti kronik bronkitis atau emphisema.

Ikhtisar Obat Glyceryl Guaiacolate

Jenis obatEkspektoran
KategoriObat resep dan obat bebas
KegunaanMeredakan batuk dan melancarkan dahak
KonsumenDewasa dan anak-anak
SediaanTablet dan syrup
MerekBodrex flu dan batuk berdahak, colfin, kidikol, graxine, decolsin, dll.
Glyceryl Guaiacolate

Sediaan Glyceryl Guaiacolate (GG) syrup dan tablet

Mekanisme Kerja

Glyceryl Guaiacolate merupakan ekspektoran yang bekerja dengan cara meningkatkan dahak (sputum) dan sekresi bronkial dengan mengurangi daya rekat dahak pada saluran nafas. Sehingga menjadikannya lebih encer dan mudah dikeluarkan. Kemudian dahak akan dikeluarkan melalui jalur nafas dengan proses batuk.

Indikasi atau Kegunaan Glyceryl Guaiacolate

Glyceryl guaiacolate digunakan untuk mengobati batuk yang disebabkan oleh flu biasa, bronkitis , dan penyakit pernafasan lainnya. Guaifenesin biasanya tidak digunakan untuk batuk akibat merokok atau masalah pernapasan jangka panjang (seperti bronkitis kronis, emfisema) kecuali jika diarahkan oleh dokter Anda.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, mereka yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini tidak dianjurkan mengonsumsinya.

Obat batuk pilek secara umum belum terbukti aman atau efektif pada anak di bawah 6 tahun. Karena itu, jangan menggunakan guaifenesin untuk mengobati gejala batuk pilek pada anak di bawah 6 tahun kecuali secara khusus disarankan oleh dokter.

Beberapa produk (seperti tablet) tidak disarankan untuk digunakan pada anak-anak di bawah 12 tahun. Tanyakan kepada dokter atau apoteker untuk rincian lebih lanjut tentang penggunaan yang lebih aman.

Dosis Glyceryl Guaiacolate dan Cara Penggunaan

Glyceryl guaicolate tersedia dalam bentuk dan kekuatan dosis

  • Tablet: 100 mg, 200 mg, 400 mg, 600 mg, 1200 mg
  • Syrup: 100 mg/5 mL, 200 mg/5 mL

Dosis Glyceryl guaicolate terbaik sesuai yang dianjurkan oleh dokter Anda. Namun untuk penggunaan bebas, dosis lazim yang dianjurkan adalah sebagai berikut:

  • Dosis Dewasa: 200 – 400 mg setiap 4 jam sekali, dengan batas maksimum 2,4 gr/ hari.
  • Dosis untuk anak-anak:
    • Kurang dari 2 tahun: 12 mg/kg/hari dibagi dalam 6 dosis.
    • 2 – 5 tahun: 50 – 100 mg setiap 4 jam sekali sesuai kebutuhan dan tidak lebih dari 600 mg/ hari.
    • 6 – 11 tahun: 100 – 200 mg setiap 4 jam sekali sesuai kebutuhan dan tidak lebih dari 1,2 gr/ hari.
    • 12 tahun lebih: 200 – 400 mg setiap 4 jam sekali dan tidak lebih dari 2,4 gr/ hari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Obat ini dapat digunakan sebelum atau setelah makan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 8 jam. Untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Glyceryl Guaiacolat (GG)

Obat ini umumnya dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Namun beberapa efek samping yang mungkin muncul juga perlu diperhatikan, diantaranya:

  • Mual dan muntah.
  • Diare dan nyeri perut bagian bawah.
  • Pusing, berkunang-kunang dan sakit kepala.
  • Neprolithiasis.
  • Hypouricaemia.
  • Ruam pada kulit.

Efek Overdosis Glyceryl Guaiacolat

Glyceryl guaicolat diketahui tingkat toksisitasnya rendah sehingga pada jumlah cukup besarpun efeknya tidak terlalu membahayakan. Dalam studi di laboratorium penelitian pada hewan percobaan yang diberikan dosis hingga 5 gr/kg tidak menyebabkan efek toksis. Namun untuk overdosis yang sangat parah perlu dilakukakan pengurasan saluran cerna untuk mengurangi penyerapan obat ini.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Selalu sampaikan pada dokter Anda jika pernah mengalami alergi terhadap kandungan obat ini atau obat lainnya.
  • Sampaikan pada dokter jika Anda menderita asma, bronkitis kronis, emphisema atau batuk akibat merokok.

Kehamilan dan Menyusui

Apakah obat glyceryl guaiacolat boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui?

  • Glyceryl guaiacolat merupakan obat kategori C untuk ibu hamil yang berarti studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu penggunaannya hanya jika sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.
  • Tidak diketahui apakah guaifenesin diekskresikan dalam ASI; gunakan dengan hati-hati jika menyusui. Namun beberapa literatur mengatakan bahwa Glyceryl guaiacolat (GG) aman untuk ibu menyusui.

Interaksi Obat

Beberapa jenis obat akan meningkat efek sampingnya jika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Sampaikan pada dokter Anda jenis obat apa saja yang Anda konsumsi bersamaan dengan obat Glyceryl guaicolate ini untuk menghindari interaksi obat yang tidak diinginkan.