10 Obat Ambeien Alami yang Ampuh dan Mudah Dibuat

Kalau Anda sudah minum obat ambeien yang dijual di apotek, namun masih belum sembuh juga, maka tak ada salahnya mencoba obat ambeien alami yang lebih sehat dan murah meriah. Anda pun bisa dengan mudah mendapatkan bahan-bahannya di lingkungan sekitar.

Mengapa wasir bisa muncul? Ambeien atau wasir biasanya timbul bila ada pembuluh darah di dubur dan rektum yang melebar dan membengkak. Biasanya kondisi ini disebabkan oleh banyak faktor seperti:

  • Gravitasi bumi.
  • Faktor genetik.
  • Susah BAB berkepanjangan.
  • Kurang serat makanan.
  • Sering mengangkat benda berat.
  • Obesitas atau kegemukan.
  • Alergi makanan.
  • Kurang gerak/ jarang olahraga.
  • Sedang hamil.
  • Terlalu lama duduk atau berdiri.

Selengkapnya di sini: 11 Penyebab Ambeien yang Harus Anda Waspadai

Gangguan wasir atau ambeien sendiri masih terbagi menjadi 2 tipe, internal yang letaknya di dalam rektum, serta eksternal yang pembengkakannya terjadi di kulit luar sekitar dubur. Anda mungkin sedang mengidap ambeien kalau mengalami beberapa gejala seperti adanya gumpalan darah di sekitar dubur, pendarahan saat mengejan (ngeden) pada waktu buang ari besar, iritasi dekat area dubur, hingga sensasi kebelet yang terus-menerus muncul. Lebih lanjut bisa Anda pelajari di sini: Ciri-ciri dan Gejala Ambeien Dalam dan Luar

Bila dibiarkan dan tidak diobati, ambeien bisa memicu komplikasi lebih lanjut yang menyebabkan penderitanya kehilangan banyak darah. Selain itu, penderitanya juga dapat mengalami strangulata, yaitu ketika penonjolan wasir terjepit dan suplai darah ke ambeien internal terputus. Komplikasi ini umumnya menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Komplikasi wasir lainnya yang mungkin terjadi adalah matinya jaringan di sekitar dubur (nekrosis) hingga berisiko terjadinya kanker anal (dubur) serta kolorektal.

obat ambeien alami yang ampuh

Obat Ambeien Alami yang Ampuh

Namun untungnya, beragam komplikasi di atas dapat dihindari karena mengatasi wasir tidaklah sulit. Di samping minum obat-obatan dari dokter atau apotek, Anda juga bisa menggunakan obat ambeien alami untuk menyembuhkannya. Berikut beberapa di antara obat ambeien alami yang mudah ditemukan:

1. Es batu

Tak hanya murah meriah, obat ambeien alami pertama yang kita bahas ini juga bisa dibuat sendiri di rumah. Dinginnya es dapat menyusutkan pembuluh darah, mengurangi bengkak, serta meredakan rasa sakit akibat ambeien.

Anda tinggal membungkus potongan es dalam selembar kain bersih, lalu aplikasikan langsung ke area dubur selama 10 menit. Lakukan beberapa kali setiap hari hingga wasirnya hilang.

2. Lidah buaya

Tak hanya bagus untuk mengatasi jerawat, lidah buaya juga bisa menyembuhkan ambeien. Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung agen antiradang yang bisa mengurangi iritasi akibat ambeien. Kelebihan lain, lidah buaya cocok untuk mengatasi ambeien internal maupun eksternal.

Untuk ambeien eksternal, Anda tinggal mengaplikasikan sedikit gel lidah buaya ke dubur, lalu pijat perlahan area tersebut. Tak hanya dapat menghilangkan rasa sakit, namun dinginnya gel lidah buaya juga bisa meredakan sensasi terbakar di area tersebut.

Sedangkan untuk merawat wasir internal, Anda perlu memotong daun aloe vera menjadi batangan-batangan kecil. Pastikan untuk memangkas bagian berdurinya. Setelah itu, letakkan batangan lidah buaya tadi dalam wadah, bekukan. Selanjutnya, Anda tinggal mengaplikasikan batangan lidah buaya beku tersebut ke area dubur yang sakit untuk meredakan sensasi sakit, gatal, maupun terbakar.

3. Air perasan lemon

Sepertinya tak ada yang tak bisa dilakukan oleh buah tinggi vitamin C satu ini. Lemon mengandung beragam nutrisi yang dapat meredakan wasir dengan cara menguatkan pembuluh kapiler dan dinding pembuluh darah.
Anda tinggal mencelupkan cotton ball ke dalam air perasan lemon segar, lalu aplikasikan ke area yang terkena wasir. Pada awalnya memang akan timbul sensasi geli, gatal, atau bahkan terbakar, namun itu akan hilang dengan segera.

Alternatif lain adalah dengan memeras ½ buah lemon ke dalam secangkir susu panas dan mengonsumsinya setiap 3 jam sekali untuk hasil terbaik. Anda juga bisa mencampurkan (masing-masing 1 ½ sdt) lemon, air jahe, dan madu. Konsumsilah sekali setiap hari.

4. Minyak almond

Anda yang punya minyak almond di rumah juga dapat memanfaatkannya untuk mengatasi wasir eksternal. Celupkan saja cotton ball ke dalam minyak almond murni, lalu aplikasikan ke dubur. Selain melembabkan, minyak almond juga dapat meredakan radang dan sensasi gatal di sekitar dubur. Lakukan perawatan ini beberapa kali sehari.

5. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal akan kandungan antioksidan dan antiradangnya sehingga cocok dipakai untuk merawat ambeien eksternal. Tak hanya dapat meningkatkan elastisitas pembuluh darah, obat ambeien alami ini juga bisa meredakan radang, serta menyusutkan bengkak.

Selain dengan minum 1 sdt minyak zaitun setiap hari, Ada juga bisa mengaplikasikan minyak zaitun yang dicampur dengan ekstrak daun plum ke area dubur.

6. Makanan berserat

Karena salah satu penyebab wasir adalah kurang serat, otomatis untuk mengatasinya, Anda harus banyak mengonsumsi makanan berserat seperti whole grain, buah, serta sayuran.

7. Cuka apel

Kandungan astringent dalam cuka apel tak pelak lagi pasti dapat membantu menyusutkan pembuluh darah yang bengkak, serta meredakan iritasi, baik pada ambeien eksternal maupun internal. Namun saat memilih jenis cuka apelnya, pastikan Anda membeli yang tidak melewati proses penyaringan ataupun pasteurisasi.

Untuk wasir eksternal, Anda tinggal merendam sebentar cotton ball ke dalam cuka apel, lalu bubuhkan ke dubur. Lakukan beberapa kali sehari hingga bengkaknya berkurang. Sementara untuk ambeien internal, Anda bisa menambahkan 1 sdt cuka apel ke dalam segelas air putih, lalu minumlah minimal 2 kali sehari. Untuk mengurangi rasa asamnya, Anda boleh menambahkan madu.

8. Teh hitam

Teh hitam mengandung asam tanin yang memiliki sifat mirip astringent alami sehingga dapat mengurangi bengkak dan rasa sakit akibat wasir. Anda hanya perlu membasahi 1 kantong teh hitam celup ke dalam air panas. Angkat lalu dinginkan sebentar hingga kantongnya hangat. Setelah itu aplikasikan ke bagian dubur yang bengkak selama 10 menit, lakukan 2-3 kali dalam sehari.

Alternatif lainnya adalah Anda bisa mengaplikasikan kantong teh hitam bekas yang sudah didinginkan terlebh dahulu ke dubur selama 5-10 menit.

9. Air

Ketika menderita ambeien baik internal maupun eksternal, maka Anda perlu meningkatkan asupan air putih yang dikonsumsi. Air yang cukup dapat membantu membersihkan organ dalam serta menghidrasi keseluruhan tubuh. Selain itu, air juga mempermudah pergerakan sistem pencernaan khususnya usus sehingga BAB bisa lebih lancar.

10. Garam Inggris

Obat ambeien alami yang kurang dikenal ini dapat membantu mengatasi wasir menyakitkan. Gunakan bahan sederhana ini untuk membuat senyawa yang dapat Anda terapkan secara langsung ke daerah yang meradang:

  • Campur 2 sendok makan garam Epsom dengan 2 sendok makan gliserin
  • Oleskan campuran itu ke bantalan kasa dan letakkan di area yang sakit
  • Tinggalkan aplikasi ini di area selama 15-20 menit
  • Ulangi setiap empat sampai enam jam sampai rasa sakit mereda

Itulah kira-kira beberapa obat ambeien alami yang bisa kami bagikan saat ini. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer