15 Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

Selain minyak kelapa, zaitun merupakan salah satu jenis minyak yang bisa digunakan untuk mempercantik serta menyehatkan kulit, termasuk di bagian wajah. Lantas, apa saja manfaat minyak zaitun untuk wajah? Simak terus penjelasannya di bawah ini.

Minyak zaitun yang sarat dengan nutrisi dan antioksidan seperti vitamin A dan E memang menjadi sumber nutrisi yang baik untuk dikonsumsi. Banyak bukti ilmiah yang membahas mengenai manfaatnya, seperti yang telah kami ulas di sini: 16 Manfaat Minyak Zaitun untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah. Meski demikian, Anda juga dapat memanfaatkan minyak zaitun untuk wajah.

manfaat minyak zaitun untuk wajah

Berikut Manfaat Minyak Zaitun untuk Wajah

  1. Menghapus makeup
  2. Mencegah munculnya kerutan
  3. Menghilangkan kerutan
  4. Melembabkan kulit kering
  5. Menghilangkan gatal
  6. Memperbaiki kulit yang rusak
  7. Mengikis sel kulit mati
  8. Menjaga kelenturan kulit
  9. Pengganti krim mata
  10. Masker wajah alami
  11. Scrub bibir
  12. Meredakan iritasi
  13. Membersihkan sisa ear-wax
  14. Pembersih alat makeup
  15. Krim cukur sementara

Simak penjelasan masing-masing manfaat berikut ini:

  1. Menghapus makeup

Kebanyakan orang berpikir bahwa mengaplikasikan olive oil ke wajah berminyak akan membuatnya tambah berminyak, namun untungnya bukan itu yang terjadi. “Ini dikarenakan sifat minyak zaitun yang mampu mengikat produk berbahan dasar minyak lainnya, sehingga membuatnya bagus untuk menghapus makeup,” ujar Julie Russak, M.D., pakar kulit dari New York City.

Anda bisa menghapus makeup hanya dengan minyak zaitun saja, atau lanjut ke tahap cleansing berikutnya yakni membilasnya dengan air hangat dan sabun muka.

  1. Mencegah munculnya kerutan

Selain ampuh untuk menetralkan radikal bebas, muatan antioksidan jenis polifenol dan vitamin E dalam minyak zaitun membuatnya efektif untuk mencegah munculnya kerutan di wajah.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Anda bisa mengaplikasikannya ke wajah beberapa kali seminggu agar kulit tetap lembut, halus, dan bebas kerut. Resep ini berlaku untuk Anda yang memiliki tipe kulit kering atau normal.

  1. Menghilangkan kerutan

Lantas bagaimana bila kerutan dan garis halus sudah terlanjur muncul? Untungnya kandungan nutrisi yang ada dalam minyak zaitun masih bisa mengatasinya. Untuk perawatan lebih intensif, gunakan krim dan/ atau serum yang memadukan minyak zaitun dengan argan oil, gel lidah buaya, serta minyak esensial yang sesuai dengan tipe kulit. Dan minyak esensial yang disarankan adalah lavender untuk kulit berminyak, ylang ylang untuk kulit kombinasi, dan geranium untuk kulit kering.

  1. Melembabkan kulit kering

Manfaat minyak zaitun untuk wajah berikutnya adalah melembabkan wajah kering. Agar hasilnya lebih efektif, pijatlah wajah saat mengaplikasikan minyak zaitun. Karena minyak zaitun butuh waktu untuk penyerapannya, maka Anda juga bisa menambahkan lidah buaya untuk mempercepat proses tersebut.

  1. Menghilangkan gatal

Saat wajah sangat kering dan mulai terasa gatal, Anda juga bisa menghilangkan kondisi tidak nyaman tersebut dengan mengaplikasikan minyak zaitun. Tambahkan beberapa tetes minyak esens chamomile bila perlu.

  1. Memperbaiki kulit yang rusak

Banyak hal bisa membuat kulit kita rusak, di antaranya seperti sengatan terik matahari, asap rokok, maupun polusi. Untuk membantu memperbaiki kulit yang rusak, Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang kaya akan kandungan vitamin A dan E-nya tersebut.

  1. Mengikis sel kulit mati

Campurkan minyak zaitun murni dengan garam laut (sea salt) untuk mendapatkan scrub alami bagi wajah, khususnya kalau Anda memiliki kulit kering dan bersisik. Biarkan scrub menghapus sel kulit mati sehingga wajah tampak lebih segar dan bersih setelahnya.

  1. Menjaga kelenturan kulit

Saat digunakan sebagai minyak pijat, minyak zaitun tak hanya melembabkan dan menghaluskan wajah namun juga mempertahankan elastisitasnya. Andapun juga bisa menggunakannya untuk kulit leher yang berdekatan dengan wajah.

  1. Pengganti krim mata

Harga produk krim mata terlalu mahal untuk jangkauan isi dompet Anda? Tenang, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun yang ada di rumah sebagai eye cream. Anda tinggal membubuhkan minyak zaitun di bawah mata dengan bantuan cotton bud sebelum tidur atau pada pagi hari.

  1. Masker wajah alami

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai masker wajah. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 butir telur (ambil kuningnya saja) bersama 1 sdm minyak zaitun (tambahkan 1 sdt perasan lemon untuk efek wajah lebih cerah).

Setelah itu aplikasikan adonan ke wajah yang sudah dibersihkan, dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air hangat lalu air dingin untuk merapatkan pori-pori. Resep masker minyak zaitun di atas bisa digunakan untuk tipe kulit kering maupun normal.

Resep lain untuk kulit normal yang dapat dicoba adalah mencampurkan 1 sdm white clay dengan 1 sdm minyak zaitun. Setelah didiamkan selama 10 menit, bilas masker dengan air hangat.

  1. Scrub bibir

Ketika bibir terasa kering, pecah-pecah, bahkan mengelupas, jangan pernah tergiur untuk menjilatinya. Membasahi bibir dengan air ludah hanya akan membuatnya bertambah kering dikarenakan saat air ludah menguap maka itu akan mencuri kelembaban bibir lebih banyak lagi.

Sebaliknya, Anda bisa membuat bibir tampak lembut dengan melakukan scrub. Caranya campurkan beberapa tetes minyak zaitun dengan gula pasir dan perasan lemon. Setelah adonan tercampur, gosok-gosok ke bibir selama beberapa menit.

Biarkan minyak zaitun melembutkan bibir kering, sementara gula dan lemon mengelupas sel kulit mati yang tertimbun di atasnya.

  1. Meredakan iritasi

Manfaat minyak zaitun untuk wajah yang satu ini diperantarai oleh kandungan oleocanthal. Zat ini terbukti efektif bisa meredakan iritasi pada kulit wajah ataupun kulit tubuh lainnya.

  1. Membersihkan sisa kotoran telinga

Kalau Anda memiliki banyak kotoran telinga yang menumpuk, maka gunakan minyak zaitun untuk membersihkannya. Selama 3-4 malam berturut-turut, teteskan sedikit minyak zaitun ke telinga sebelum tidur.

  1. Pembersih alat makeup

Meski tak langsung diaplikasikan ke bagian wajah seperti sebelum-sebelumnya, namun minyak zaitun ternyata juga bisa dipakai untuk membersihkan alat makeup khususnya sikat atau kuas. Lakukan ini setiap bulan agar alat makeup Anda terjaga kebersihannya.

Anda bisa mencampurkan sabun antibakteri dengan minyak zaitun dengan perbandingan 2:1 lalu celupkan sikat atau kuas ke dalamnya, diamkan beberapa saat sebelum dibilas di bawah air mengalir.

  1. Krim cukur sementara

Manfaat minyak zaitun untuk wajah satu ini mungkin lebih berguna bagi kaum pria dibanding wanita. Saat krim cukur habis, maka Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun sebagai krim cukur.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer