17 Khasiat Kunyit Asam Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Sudah bukan rahasia lagi kalau kunyit merupakan salah satu rempah-rempah khas Indonesia yang memiliki sifat anti-radang dan antibakteri. Semua itu berkat kandungan kurkuminoid yang ada dalam kunyit. Lantas apa saja khasiat kunyit asam bagi kesehatan dan kecantikan?

Selain mengandung kurkuminoid, kunyit juga memuat mineral jenis aluminium, seng, zat besi, magnesium, kalsium, kalium, natrium, kobalt, serta bismuth. Rempah-rempah yang yang juga tinggi vitamin A dan C-nya ini juga mengandung minyak atsiri, glukosa, zat dammar, zat aktif dari arabinusa maupun diari heptanoid.

khasiat kunyit asam

Khasiat Kunyit Asam

Khasiat kunyit asam sendiri cukup beragam, tergantung dari cara penggunaannya, apakah dikonsumsi, atau dioleskan di kulit. Beberapa manfaat kunyit asam yang cukup terkenal antara lain:

  1. Membersihkan tubuh dari toksin
  2. Membantu program diet
  3. Mencegah dan mengobati radang
  4. Obat luka bakar
  5. Melancarkan haid
  6. Baik untuk kecantikan kulit
  7. Menghilangkan bau badan
  8. Melancarkan persalinan
  9. Mencegah dan meredakan gangguan perut
  10. Menambah darah
  11. Melancarkan produksi ASI
  12. Mengatasi gatal-gatal
  13. Mencegah pikun
  14. Obat keputihan
  15. Mencegah diabetes
  16. Mencegah kanker
  17. Menjaga kesehatan mata

Penjelasan setiap khasiat di atas, dapat Anda simak berikut ini:

  1. Membersihkan tubuh dari toksin

Toksin dapat masuk dan mengendap dalam tubuh melalui makanan atau obat-obatan yang kita konsumsi. Untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh, Anda dapat menggunakan jamu kunyit asam sebagai salah satu agen detoks alami.

  1. Membantu program diet

Khasiat kunyit asam satu ini pasti disukai khususnya oleh kaum wanita karena dapat membantu program diet mereka. Sifat kunyit asam yang dapat menekan rasa lapar tentu dapat mencegah seseorang makan berlebihan sehingga berat badan tetap terjaga dan perut buncit pun menjauh. Di samping itu, kunyit asam juga ampuh membakar lemak dalam tubuh.

  1. Mencegah dan mengobati radang

Sifat anti-radang dari kunyit dapat diberdayakan untuk mencegah sekaligus menyembuhkan berbagai penyakit yang muncul akibat infeksi seperti radang tenggorokan, amandel, sariawan, tifus, dan lain sebagainya.

  1. Obat luka bakar

Lagi-lagi agen anti-radang dari kunyit yang berperan besar untuk manfaat satu ini. Membubuhkan tumbukan kunyit di atas luka bakar dapat mempercepat proses kesembuhannya karena luka jadi cepat mengering. Tak hanya itu, iritasi yang timbul usai kulit terpapar sengatan matahari juga dapat diredakan dengan mengonsumsi dan mengaplikasikan kunyit.

  1. Melancarkan haid

Yang satu ini tentu bukan rahasia lagi. Minum kunyit asam sebelum, selama dan sesudah haid diyakini dapat melancarkan haid sekaligus menambah stamina wanita sehingga tetap bugar ketika menjalani hari-hari berat tersebut.

  1. Baik untuk kecantikan kulit

Kandungan vitamin C dalam kunyit asam dapat merangsang pembentukan kolagen dan minyak alami sehingga menjauhkan kulit agar tidak sampai dehidrasi atau menua lebih cepat.

  1. Menghilangkan bau badan

Adalah minyak atsiri dalam kunyit asam yang berperan penting untuk menghilangkan bau badan. Minyak ini membuat produksi keringat jadi lebih terkontrol sehingga tak sampai bercampur dengan bakteri dan memicu bau badan.

  1. Melancarkan persalinan

Tak hanya haid saja yang lancar dan bebas nyeri berkat kunyit asam, namun juga proses melahirkan. Hal ini dikarenakan nutrisi dalam kunyit mampu melancarkan peredaran darah termasuk area rahim.

  1. Mencegah dan meredakan gangguan perut

Kalau selama ini perut Anda sering kembung, diare, atau maag, maka cobalah mengonsumsi kunyit asam secara teratur untuk mencegah atau mengatasinya. Khasiat kunyit asam bagi lambung lainnya adalah sebagai detoksifikasi.

  1. Menambah darah

Karena kunyit juga mengandung zat besi yang dapat merangsang produksi sel darah merah, maka rempah-rempah ini juga dapat diandalkan untuk mengatasi anemia.

  1. Melancarkan produksi ASI

Untunglah bila dikonsumsi selayaknya, tidak ada efek samping dari kunyit asam yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, kunyit asam tak hanya aman untuk anak-anak namun juga ibu hamil dan menyusui. Untuk ibu menyusui misalnya, ramuan kunyit asam dapat melancarkan produksi ASI sekaligus menambah stamina.

  1. Mengatasi gatal-gatal

Berbagai gangguan kulit seperti kudis, kurap, ruam, dan lainnya yang memicu rasa gatal juga dapat diatasi dengan kandungan minyak atsiri dari kunyit asam yang bersifat anti-bakteri dan anti-jamur.

  1. Mencegah pikun

Kunyit tak hanya dapat melancarkan peredaran darah di area rahim, namun juga sel otak dan seluruh tubuh. Oleh karena itu, minum kunyit asam secara teratur dipercaya dapat mencegah pikun, Alzheimer, sekaligus menghambat terjadinya penggumpalan darah.

  1. Obat keputihan

Ragam mineral dan minyak atsiri dalam kunyit dapat membersihkan darah haid yang tersisa di saluran tubafalopi sehingga efektif untuk mencegah keputihan.

  1. Mencegah diabetes

Salah satu khasiat kunyit asam yang disukai adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar gula darah sehingga diabetes tak berani mendekat.

  1. Mencegah kanker

Ingin mencegah kanker dengan cara alami dan juga menyegarkan? Konsumsilah kunyit asam secara rutin sebagai salah satu jalan keluarnya.

  1. Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A dalam kunyit tak hanya baik untuk menjaga kesehatan mata, namun juga mengurangi sensitivitasnya terhadap cahaya.

Untuk memperoleh deretan khasiat kunyit asam di atas, Anda dianjurkan rutin mengonsumsi kunyit asam setiap hari, atau paling tidak 2 kali seminggu. Untuk itu, Anda dapat membuat sendiri jamu kunyit asam. Caranya rebus ½ kg kunyit segar yang telah diblender, dengan 2 liter air, ½ kg asam jawa, ¼ kg gula jawa, dan sedikit garam. Setelah mendidih, dinginkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer