20 Manfaat Buah Pepaya yang Terbukti Secara Ilmiah

Tahukah Anda bahwa manfaat buah pepaya begitu bagus untuk penderita diabetes dan mereka yang ingin kurus. Ya, di dalam buahnya yang berwarna orange kemerahan, tersimpan rasa yang manis dan menyegarkan. Meski harganya relatif murah, namun buah pepaya tetap kaya akan manfaat.

Salah satu manfaat dari buah pepaya yang cukup terkenal adalah membantu melancarkan buang air besar, buah ini membantu melunakkan feses sehingga dapat mengatasi gangguan sulit BAB atau konstipasi. Hebatnya lagi, tidak hanya sebatas itu, ada banyak manfaat buah pepaya lainnya yang akan sama-sama kita ketahui sesaat lagi.

manfaat buah pepaya

Baca juga:

Apa saja manfaat buah pepaya lainnya?

Setidaknya ada 20 manfaat buah pepaya yang memang sudah terbukti secara ilmiah, yaitu:

  1. Menurunkan kolesterol
  2. Menurunkan berat badan
  3. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh
  4. Baik untuk penderita diabetes
  5. Menjaga kesehatan mata
  6. Mencegah radang sendi
  7. Membantu sistem pencernaan
  8. Meredakan sakit saat haid
  9. Mencegah penuaan dini
  10. Merangsang pertumbuhan rambut
  11. Mencegah kanker
  12. Mengurangi stres
  13. Mempercepat penyembuhan luka
  14. Menjaga kesehatan ginjal
  15. Mencegah serangan jantung
  16. Mencegah stroke
  17. Mencegah Asma
  18. Menunjang kesehatan kulit
  19. Mencegah flu
  20. Mmebantu mencegah dan mengatasi jerawat.

Untuk lebih detailnya, baca ulasan di bawah ini

  1. Menurunkan kolesterol

Buah yang dijuluki sebagai buahnya para malaikat oleh Christopher Columbus ini kaya akan serat, vitamin C, serta ragam antioksidan yang bisa mencegah penimbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Seperti kita ketahui bersama, bahwa timbunan kolesterol bisa memblokir jalannya darah sehingga memicu serangan jantung dan juga stroke.

  1. Menurunkan berat badan

Hanya ada 120 kalori saja dalam sebutir pepaya berukuran medium. Jadi bila Anda berencana menurunkan berat badan, maka jangan lupa untuk menyertakan pepaya sebagai salah satu menu makan. Selain itu, manfaat buah pepaya lainnya juga akan Anda dapatkan, yaitu bonus serat yang mampu membuat perut kenyang lebih lama sehingga keinginan makan jadi berkurang.

  1. Mendongkrak sistem kekebalan tubuh

Sistem imun merupakan perisai yang melindungi tubuh terhadap berbagai infeksi penyebab penyakit. Dikarenakan 1 buah pepaya mengandung lebih dari 200% kebutuhan vitamin C harian, maka otomatis sistem kekebalan tubuh semakin diperkuat usai mengonsumsinya.

  1. Baik untuk penderita diabetes

Meski rasanya manis, namun kandungan gula dalam potongan pepaya cukup rendah, begitu pula dengan indeks glikemiknya. Ini membuat buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko Selatan tersebut layak menjadi salah satu buah untuk diabetes yang disarankan para ahli.

Selain itu, beragam vitamin serta fitonutrien yang terkandung di dalamnya dapat mencegah resiko jantung pada penderita diabetes. Bahkan mereka yang sehat juga dapat menjauhkan resiko diabetes dengan mengonsumsi buah yang bernama latin Carica papaya tersebut.

  1. Menjaga kesehatan mata

Selain dipadati vitamin C, pepaya juga kaya akan vitamin A dan berbagai jenis flavonoid seperti beta karoten, lutein, zeaxanthin, dan cyptoxanthin. Semua unsur penting ini mampu menjaga selaput lendir di mata agar tetap sehat. Di samping itu, vitamin A juga sangat penting peranannya dalam mencegah terjadinya degenerasi makula.

  1. Mencegah radang sendi

Radang sendi merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup menyengsarakan penderitanya. Bila ingin menghindarinya, maka konsumsilah pepaya yang juga baik untuk tulang. Manfaat buah pepaya yang satu ini diperantarai dengan adanya kandungan agen anti-radang dan vitamin C. Seperti dilansir dari hasil studi yang dipublikasikan Annals of the Rheumatic Diseases, bahwa mereka yang kurang vitamin C didapati 3x lebih beresiko terkena arthritis (radang sendi).

  1. Membantu sistem pencernaan

Pada masa modern seperti sekarang, jarang sekali kita bisa menemukan makanan yang benar-benar ramah bagi kesehatan dan saluran pencernaan. Seringkali makanan yang kita beli di restoran sudah diolah dengan minyak yang kotor atau terlalu banyak. Dan itu semua tidak baik untuk kesehatan tubuh ataupun pencernaan.

Agar saluran cerna tetap sehat, maka konsumsilah rutin buah pepaya yang mengandung papain. Saat berkolaborasi dengan serat, maka enzim pencernaan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

  1. Meredakan sakit saat haid

Manfaat buah pepaya selanjutnya adalah meredakan nyeri haid. Bagi Anda yang sering mengalami kram hebat saat haid, maka rajinlah mengonsumsi buah pepaya. Lagi-lagi papain yang berjasa besar di sini karena dapat memperlancar aliran darah sehingga rasa sakit jadi berkurang.

  1. Mencegah penuaan dini

Makan pepaya setiap hari dapat membuat seseorang terlihat 5 tahun lebih muda dari seharusnya. Penyebabnya, selain kaya akan vitamin C, pepaya juga mengandung vitamin E dan beragam antioksidan (salah satunya beta karoten) yang melindungi kulit dari dampak radikal bebas. Alhasil kerut dan semua gejala penuaan dini takkan berani mendekat.

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Untuk manfaat buah pepaya yang satu ini, diperantarai oleh kandungan vitamin A yang mampu merangsang pembentukan sebum, komponen yang penting untuk menjaga rambut tetap lembut, bersinar, dan lembab. Anda bahkan bisa menyingkirkan ketombe dengan mudah usai mengaplikasikan buah pepaya di kulit kepala. Selain membuatnya indah, kandungan nutrisi dalam pepaya juga mencegah kerontokan dan dapat merangsang pertumbuhan rambut.

  1. Mencegah kanker

Kaya akan antioksidan, fitonutrien, serta flavonoid membuat pepaya dapat mencegah sel tubuh tercemar oleh radikal bebas. Sebuah studi yang diadakan di Harvard School mendapati bahwa kandungan beta karoten dalam pepaya baik untuk mencegah kanker prostat dan usus besar.

Apalagi bila dihidangkan dengan teh hijau, maka buah yang kaya likopen ini dapat menurunkan resiko kanker prostat, demikian hasil riset yang dipublikasikan dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition.

  1. Mengurangi stres

Setelah bekerja keras sepanjang hari, maka segera segarkan diri dengan makan buah pepaya. Biarkan muatan vitamin C-nya membebaskan pikiran dari stress. Hal ini sudah teruji secara ilmiah saat para ahli dari Universitas Alabama mendapati bahwa 200 mg vitamin C mampu mengatur produksi hormon stres pada obyek percobaan.

Jadi jika manfaat buah pepaya sedemikian hebatnya, maka tunggu apa lagi. Segera jadikan buah pepaya sebagai salah satu menu santapan harian yang wajib ada.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer