7 Obat Bisul Alami yang Dapat Diandalkan

Siapapun yang menderita bisul, pasti merasakan sakit dan ketidaknyamanan. Jika sudah begini, mau tidak mau harus sabar menanti hingga bisul tersebut matang dan pecah mengeluarkan nanah, baru kemudian kesembuhan akan tiba. Namun, kita tidak boleh pasrah begitu saja, karena ada obat bisul alami yang bisa membuat bisul cepat matang dan mempercepat penyembuhan.

Perlu diketahui bahwa bisul muncul akibat infeksi bakteri terjadi pada folikel rambut (akar). Bila tak segera diobati, bisul dapat tumbuh hingga seukuran bola tenis, dan area di sekitar kulit biasanya juga kemerahan dan terasa sakit ketika diraba.

Bisul seringkali muncul di bagian wajah, leher, ketiak, dan pantat, karena daerah inilah yang sering mengalami gesekan atau goresan yang membuat kuman atau bakteri lebih mudah masuk.

obat bisul alami

Pengobatan alami di bawah ini sangat cocok untuk bisul yang baru tumbuh atau belum matang. Tujuannya agar bisul tidak terlalu besar, cepat matang, atau mungkin menghilang tanpa proses pematangan. Berikut obat bisul alami yang terbukti ampuh mempercepat penyembuhan:

1. Kompres hangat

Suhu panas dapat meningkatkan peredaran darah di area bisul sehingga lebih banyak sel darah putih dan antibodi yang mengalir ke sana untuk melawan infeksi. Karenanya, obat bisul pertama yang patut dicoba adalah dengan meletakkan kompres hangat di atas bisul.

Caranya, Anda bisa menyediakan air hangat yang dibungkus plastik atau membuat handuk kompres air hangat. Sebaiknya suhu dijaga agar tidak terlalu panas ataupun dingin. Terapkan pada bisul selama 20 menit sebanyak 3-4 kali setiap hari.

Selengkapnya baca disini: Cara Mengobati Bisul di Rumah, Efektif dan Aman

2. Tea tree oil

Minyak satu ini tak hanya ampuh atasi jerawat, namun juga bisul. Semua itu berkat kandungan antibakterial dan antiseptiknya yang dapat merawat infeksi bakteri penyebab bisul.

Akan tetapi dalam prakteknya, obat bisul alami satu ini tak boleh langsung dioleskan ke kulit karena bisa membuatnya terbakar. Cara yang tepat adalah dengan mencampurkan 5 tetes tea tree oil dengan 1 sdt minyak kelapa atau zaitun. Celupkan kapas ke dalam campuran tadi lalu aplikasikan ke area bisul sebanyak 2-3 kali setiap hari.

3. Bubuk kunyit

Karena bubuk kunyit bersifat antibakteri dan antiradang, maka rempah-rempah satu inipun juga dapat dipakai sebagai obat bisul. Ada berbagai cara dalam menggunakan kunyit sebagai obat bisul alami, misalnya dengan:

  • Mengonsumsinya – didihkan 1 sdt bubuk kunyit bersama dengan air atau susu, lalu setelah hangat, minumlah sebanyak 3 kali sehari.
  • Mengoleskannya – campur bubuk kunyit dengan air dan/ atau bubuk jahe sehingga terbentuk semacam pasta. Oleskan pasta tersebut ke bisul sedikitnya 2 kali sehari.
  • Mengonsumsi dan mengoleskannya

4. Garam Epsom

Tak hanya dapat membuat tubuh rileks bila dicampurkan dengan air mandi, garam Epsom juga ampuh atasi bisul. Alasannya karena garam ini bisa membantu mengeringkan nanah dalam bisul.

Untuk memakainya, tinggal larutkan garam epsom ke air hangat, lalu basahi handuk dengan larutan tersebut. Gunakan handuk tadi untuk mengompres area bisul selama 20 menit pada sekali waktu. Lakukan sedikitnya 3 kali setiap hari hingga bisulnya sembuh.

5. Minyak kastor (Jarak)

Minyak jarak mengandung sebuah komponen bernama asam risinolet yang bersifat antiradang. Karena minyak kastor sendiri juga bersifat antibakteri, maka bahan alami satu ini cocok untuk atasi bisul.

Anda cukup mengoleskan sedikit minyak kastor ke area bisul, sedikitnya 3 kali setiap hari hingga kondisinya membaik. Mudah bukan?!

6. Minyak mimba (neem oil)

Kandungan antiseptik, antibakterial, dan antimikroba ternyata juga bisa ditemukan dalam neem oil. Tak heran kalau minyak satu ini sering dipakai untuk mengobati berbagai infeksi kulit seperti jerawat ataupun bisul.

Cara menggunakannya pun tidak sulit. Tinggal oleskan minyaknya langsung ke kulit yang terkena bisul sebanyak 3-4 kali setiap hari. Pastikan untuk mencuci tangan dulu sebelum dan sesudah melakukannya.

7. Salep antibiotik

Ini memang bukanlah obat bisul alami, melainkan buatan pabrikan yang bisa dibeli di toko obat terdekat (baca: obat bisul di apotek). Di samping dapat menyembuhkan bisul dengan cepat, salep seperti Neosporin bisa mencegah penyebaran infeksi. Cukup oleskan salepnya minimal 2 kali sehari hingga bisulnya hilang.

Sekarang Anda sudah tahu, atau bahkan telah mencoba berbagai obat bisul alami yang disebutkan barusan. Namun ternyata bisulnya tetap saja membandel dan tak mau hilang.

Jika ini yang terjadi, berarti kini saatnya untuk pergi ke dokter. Anda harus segera memeriksakan infeksi kulit satu ini, khususnya bila mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Bisulnya terus membesar meski sudah pakai obat alami.
  • Bisulnya tidak berkurang atau hilang setelah diobati selama 1 minggu.
  • Ukurannya sebesar bola ping-pong.
  • Kulit di area sekitar berwarna merah terang.
  • Sensasi menyakitkannya tak tertahankan.
  • Ada benjolan lain yang muncul di sekitar bisul.
  • Bisulnya kambuh lebih dari sekali dalam beberapa bulan.
  • Anda juga mengidap diabetes.

Jangan tunda lagi! Segera periksa ke dokter kalau mengalami gejala di atas.

Apa yang dilakukan ketika bisul matang atau keluar nanahnya?

Meski terlihat menggemaskan, ketika bisul sudah matang (banyak nanahnya), ada baiknya Anda tidak memencet atau memaksa keluar nanahnya. Sebab bila caranya salah, hal itu dapat menginfeksi area terdekatnya atau membuat infeksinya masuk lebih dalam lagi ke kulit sehingga memicu infeksi parah atau timbulnya bisul lain.

Agar nanah  dapat keluar dengan tuntas, mintalah bantuan ahlinya. Dokter akan membuat sayatan kecil pada bisul dan menggunakan kapas steril untuk menyerap serta menghilangkan nanahnya. Proses ini mesti dilakukan secara hati-hati dan dalam keadaan steril.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga