Cara Benar Merebus Daun Sirsak untuk Manfaat Maksimal

Daun sirsak memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan, antara lain mampu mencegah dan memperlambat perkembangan sel kanker, mengatasi tekanan darah rendah, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menyehatkan kulit, menurunkan berat badan, dan lain-lain. Itulah sebabnya, banyak sekali orang yang menggunakan pengobatan herbal ini.

Biasanya mereka menggunakannya dengan cara merebus daun sirsak dan meminum air rebusannya. Cara tersebut dirasa cukup efektif untuk mengatasi berbagai kondisi yang sedang dihadapi. Asalkan benar cara merebusnya, dan juga tetap dosisnya.

daun sirsak dapat direbus dan dijadikan obat

Hal ini sangatlah penting, karena berdasarkan beberapa kasus, ada yang mengalami efek samping mengonsumsi rebusan daun sirsak, seperti mual, muntah, gangguan pencernaan, tekanan darah rendah, masalah kehamilan, kelelahan dan beberapa efek neurotoksik (gangguan fungsi saraf).

Sebagian besar efek samping tersebut dapat terjadi akibat alergi atau konsumsi daun sirsak yang berlebihan. Oleh karena itu, penting sekali untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi tanaman herbal ini, terutama bagi Anda yang memiliki berbagai riwayat penyakit tertentu.

Untuk lebih jelas mengenai cara merebus daun sirsak yang baik dan benar, perhatikan langkahnya berikut ini.

Bagaimana Cara Merebus Daun Sirsak?

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari kandungan daun sirsak, maka Anda harus melakukan prosedur yang tepat pula. Adapun cara merebus daun sirsak yang benar adalah sebagai berikut.

Bahan yang Dibutuhkan

  • Siapkan 5 sampai 7 lembar daun sirsak kering. Pastikan Anda hanya menggunakan daun sirsak yang berkualitas baik dan pengeringan sebaiknya dilakukan di bawah sinar matahari.
  • Satu liter air.

Cara Benar Merebus Daun Sirsak

  • Masukkan air ke dalam panci atau ketel, kemudian rebus hingga mendidih.
  • Setelah air mendidih, masukkan daun sirsak satu per satu dan kecilkan api pada kompor.
  • Rebus daun sirsak selama kurang lebih 10 sampai 20 menit.
  • Setelah mendidih, matikan kompor dan tuangkan air rebusannya ke dalam gelas atau teko.
  • Kemudian, biarkan hingga air rebusannya dingin.
  • Setelah dingin, minumlah air rebusan daun sirsak tersebut.
  • Minumlah obat alami ini sebanyak satu gelas (250 ml) hingga 3 kali dalam sehari.

Saat Anda merebus daun sirsak, pastikan membuatnya sesuai dengan dosis harian Anda, jangan sampai berlebihan dan segera konsumsi setelah dibuat. Hal tersebut dikarenakan khasiat air rebusan daun sirsak hanya dapat bertahan selama 7 atau 8 jam dalam satu hari. Apabila Anda meminumnya setelah 12 sampai 24 jam sejak proses pembuatan, maka khasiatnya sangat sedikit sekali.

Setelah Anda mengetahui cara merebus daun sirsak yang benar, maka sebaiknya Anda memperhatikan dosis penggunaan yang baik untuk tubuh Anda. Pastikan untuk meminumnya sesuai dosis yang dianjurkan seperti yang akan dijelaskan di bawah ini atau berkonsultasi dengan dokter terkait hal tersebut untuk menghindari berbagai efek samping yang mungkin muncul akibat konsumsi berlebihan.

Berapa Dosis Konsumsi Rebusan Daun Sirsak yang Tepat?

Dosis yang paling aman untuk mengonsumsi rebusan daun sirsak adalah 250 ml, 3 kali sehari. Anda dapat meminumnya 30 menit sebelum makan. Ingat, air rebusan daun sirsak akan lebih mudah diserap dalam keadaan perut kosong. Sedangkan, apabila mengonsumsinya setelah makan, maka air rebusan akan bercampur dengan makanan dan ini akan menurunkan khasiatnya.

Jika terlupa sudah terlanjur makan, maka Anda bisa mengonsumsi rebusan daun sirsak ini 2 jam setelah makan.

Untuk hasil yang maksimal, minumlah obat alami tersebut selama 30 hari berturut-turut. Ingat! Sebaiknya Anda tidak meminumnya lebih dari 30 hari karena konsumsi air rebusan yang berlebihan dapat merusak bakteri baik di dalam usus dan menimbulkan berbagai efek samping. Efek samping yang paling sering dialami adalah mual, muntah, gangguan pencernaan, tekanan darah rendah, masalah kehamilan, kelelahan dan beberapa efek neurotoksik (gangguan fungsi saraf).

Setelah melakukan perawatan selam 30 hari, sebaiknya Anda menemui dokter untuk melakukan medical check-up. Fungsinya adalah untuk mengetahui sejauh mana manfaat daun sirsak dalam mengatasi penyakit yang Anda derita.

Apa Manfaat Rebusan Daun Sirsak?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa daun sirsak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan cara merebus daun sirsak dan meminumnya secara rutin, maka Anda dapat merasakan berbagai manfaatnya, seperti berikut ini.

1. Mematikan Sel Kanker

Berdasarkan beberapa penelitian telah menyatakan bahwa manfaat air rebusan daun sirsak  sangat bermanfaat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit kanker, seperti kanker tenggorokan, paru-paru, payudara, kanker serviks, dan leukemia. Hal tersebut dikarenakan daun sirsak mengandung asetam (antibiotik) yang mampu mematikan pertumbuhan sel kanker sehingga menyebabkan apoptosis pada sel kanker.

2. Menyehatkan Jantung

Daun sirsak mengandung kalium tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah secara signifikan. Bagi penderita hipertensi, pengobatan herbal dengan cara merebus daun sirsak merupakan langkah yang efektif untuk mengurangi serangan jantung, risiko aterosklerosis (radang pembuluh darah), dan stroke.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun sirsak memiliki kandungan vitamin dan mineral seimbang yang baik untuk tubuh. Obat alami ini juga memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mencegah konstipasi, dan  gangguan pencernaan lainnya,seperti kram, kembung, dan diare .

Selain itu, kandungan kalsium di dalamnya juga dapat membantu meningkatkan jumlah zat besi dalam  tubuh, sedangkan efek antimikroba air rebusan daun sirsak dapat membantu menyeimbangkan mikroflora dalam usus. Namun, penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan perut dan masalah pada sistem pencernaan.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Tingginya kadar zat besi yang terdapat dalam daun sirsak membantu melancarkan  sistem peredaran darah  dan meningkatkan energi ke seluruh tubuh. Hal itu dikarenakan, zat besi merupakan komponen utama dalam produksi sel darah merah, yang mampu membawa energi ke sistem organ dan jaringan, mempercepat perbaikan, dan mengoptimalkan aktivitas metabolisme tubuh.

5. Menurunkan Berat Badan

Daun sirsak mengandung vitamin B yang membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh sehingga tubuh lebih banyak menghasilkan energi yang dapat digunakan untuk pembakaran lemak. Dengan demikian, berat badan Anda pun akan semakin berkurang. .

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain mengandung vitamin B, daun sirsak juga mengandung vitamin C yang dapat  meningkatkan produksi sel darah putih. Selain itu, vitamin C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengurangi kemungkinan stres oksidatif (kelebihan jumlah radikal bebas) pada jaringan dan sistem organ tubuh.

7. Mengatasi Masalah Kulit

Ada banyak kandungan nutrisi dalam daun sirsak yang dapat membantu mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori. Tidak hanya itu, air rebusan daun sirsak juga mampu mengurangi munculnya garis dan keriput, serta mencegah timbulnya jerawat. Sifat antimikroba dari senyawa Annonaceous acetogenins yang terkandung didalamnya juga dapat membantu mencegah patogen dan infeksi yang kapan saja dapat menyerang kulit Anda.

Selain memiliki berbagai manfaat kesehatan, daun sirsak juga dapat menimbulkan efek samping. Kondisi ini biasanya terjadi karena konsumsi air rebusan daun sirsak yang berlebihan. Agar terhindar dari kondisi tersebut, ketahui berbagai efek samping akibat mengonsumsi daun sirsak di bawah ini.

Baca juga tulisan kami tentang:

Apa Efek Samping Rebusan Daun Sirsak?

Pengobatan dengan cara merebus daun sirsak dapat menimbulkan berbagai efek samping.  Adapun efek samping yang paling sering terjadi diantaranya adalah gangguan pada perut, masalah jantung, masalah saraf, dan interaksi obat. Berikut ini kami berikan penjelasannya.

  • Efek Neurotoxic

Penelitian telah mengungkapkan bahwa terdapat kandungan neurotoksin dalam daun sirsak yang mungkin menyebabkan gejala penyakit Parkinson. Namun, efek neurotoksin ini dapat terjadi karena adanya interaksi dengan makanan lain atau penggunaan daun sirsak yang berlebihan. Anda tidak perlu khawatir, karena belum ada pembuktian langsung tentang rebusan daun sirsak dengan efek neurotoksik ini.

  • Gangguan Pencernaan

Daun sirsak memiliki efek antimikroba dan antibakteri yang sangat tinggi, namun bila digunakan dalam jangka waktu lama, makan akan merusak bakteri baik di usus kita, sehingga tubuh menjadi rentan terhadap ketidakseimbangan kadar asam, pencernaan yang buruk, dan masalah sistem gastrointestinal lainnya.

  • Hipotensi

Bagi Anda penderita tekanan darah rendah atau menggunakan obat pengatur tekanan darah, sebaiknya Anda menghindari konsumsi air rebusan daun sirsak. Hal tersebut dikarenakan daun sirsak dapat menyebabkan tekanan darah rendah, kelelahan, pusing, pingsan, dan sakit kepala.

  • Interaksi Obat

Bagi Anda yang menggunakan obat antidepresan, obat penenang, pil tekanan darah atau obat untuk penyakit neurodegeneratif(sel saraf otak), sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat herbal ini, karena dapat menyebabkan interaksi obat dan komplikasi.

  • Gangguan Kehamilan

Dalam kondisi apapun, sebaiknya wanita hamil atau menyusui tidak menggunakan pengobatan herbal dengan cara merebus daun sirsak, karena dapat menyebabkan aktivitas stimulan pada uterus.

Lihat juga penjelasannya disini: Efek Samping Daun Sirsak Bila Dikonsumsi Berlebihan

Siapa Saja yang Tidak Boleh Minum Daun Sirsak (Kontraindikasi)?

  • Wanita Hamil

Pengobatan dengan cara merebus daun sirsak telah menunjukkan aktivitas stimulan uterus pada penelitian hewan (tikus) sehingga tidak boleh digunakan selama masa kehamilan.

  • Penderita Hipertensi

Berdasarkan penelitian pada hewan, pengobatan herbal dengan cara merebus daun  sirsak terbukti menunjukkan adanya aktivitas hipotensi, vasodilator, dan kardiodepresan. Bagi penderita hipertensi, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terkait penggunaan obat alami ini. Jika memang diperlukan, dokter akan menyesuaikan obat yang tepat bagi Anda.

  • Penderita Gangguan Pencernaan

Daun sirsak memiliki sifat antimikroba yang tinggi, sehingga apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama akan membunuh bakteri baik di saluran pencernaan. Jika Anda memiliki gangguan pencernaan, sebaiknya untuk menghindari penggunaan obat herbal ini. Selain itu, penting untuk melengkapi makanan harian Anda dengan kandungan probiotik dan enzim.

  • Penderita Depresi

Orang yang mengalami depresi atau mengonsumsi obat antidepresan, sebaiknya tidak menggunakan obat herbal ini. Sebuah penelitian pada hewan (tikus) menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dopamin, norepinephrine, dan monomine oxidase, serta penghambatan pelepasan serotonin pada hewan tersebut.

Apabila terjadi efek samping, seperti mual, muntah, kantuk, bahkan kehilangan kesadaran sebaiknya kurangi dosis penggunaan daun sirsak. Selalu gunakan sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pengobatan herbal dengan cara merebus daun sirsak ini hanyalah referensi untuk membantu menjaga kesehatan Anda. Langkah terbaik adalah rutin melakukan medical check-up dan konsultasi dengan dokter terkait berbagai keluhan penyakit dan gejala yang anda rasakan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer