Manfaat Bawang Merah untuk Lelaki Beserta Bukti Ilmiahnya

Bawang merah memang memiliki citarasa serta aroma yang kurang bersahabat. Tapi hingga saat ini, tak ada satu pihakpun yang berani menyangkal kalau bumbu masakan ini memiliki segudang manfaat yang baik bagi tubuh. Nah pada ulasan kali ini, kita akan menyimak bersama secara lebih spesifik mengenai manfaat bawang merah untuk lelaki.

Selain serat dan antioksidan, bawang merah juga dipadati vitamin B, C, sulfur, zat besi, potasium, fosfor, kalsium, dan mangan. Lebih dari itu, bawang merah juga rendah kalori, hanya ada 45 kalori saja dalam tiap 100 gramnya. Inilah alasan mengapa bawang merah memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk kaum adam.

manfaat bawang merah untuk lelaki

Mengenai manfaat bawang merah untuk lelaki, maksudnya bahwa bumbu yang akrab dengan kaum hawa ini ternyata berkhasiat untuk menunjang vitalitas dan kesuburan para pria. Di samping manfaat lainnya yang baik untuk kesehatan secara umum.

Apa saja manfaat bawang merah untuk kesuburan dan kejantanan lelaki?

Masyarakat Indian khususnya, percaya kalau bawang merah bisa meningkatkan hasrat seksual, baik pada pria maupun wanita. Untuk kesehatan seksual pria misalnya, manfaat bawang merah adalah sebagai berikut:

1. Meningkatkan jumlah sperma

Antioksidan yang ada dalam bawang merah bisa meningkatkan jumlah sperma secara alami. Faktanya, berbagai studi menjumpai kalau bawang dan jahe bisa meningkatkan jumlah sperma sekaligus hasrat seksual. Satu sdm jus bawang merah yang dicampur dengan 1 sdt jus jahe, lalu diminum 3 kali sehari, disinyalir dapat meningkatkan libido.

2. Meningkatkan kadar testosteron

Menurut riset yang dilakukan Universitas Tabriz (Iran), jus bawang merah segar bisa mendongkrak kadar testosteron. Di samping itu, bawang merah juga bisa meningkatkan kesehatan organ seksual pria (dan wanita juga).

3. Mendongkrak stamina pria

Sistem imun tubuh yang lemah dapat membuat seseorang lemas, mudah lelah, serta ‘bergerak lambat’ di atas ranjang. Namun makan bawang merah secara rutin dapat mencegah semua itu. Kandungan fitokemikal dalam bawang mampu mendorong vitamin C untuk menguatkan kekebalan tubuh sehingga toksin berbahaya penyebab berbagai penyakit bisa diusir dari tubuh.

Dasar Ilmiah:

Penelitian tahun 2009 dalam Folia Morphologica dengan judul “Evaluation of androgenic activity of allium cepa on spermatogenesis in the rat” menyimpulkan bahwa:

Jus bawang merah segar secara signifikan dapat mempengaruhi jumlah sperma, persentase viabilitas, dan motilitas; Tampaknya mengonsumsi 4 g / kgBB jus bawang segar disiapkan efektif dalam parameter kesehatan sperma.

*BB = Berat badan

4. Mencegah disfungsi ereksi

Lancarnya sirkulasi darah sangat penting untuk organ seksual pria karena bisa mencegah disfungsi ereksi. Bawang merah selaku sumber sulfida dapat membantu mengontrol kolesterol sehingga menjauhkan tekanan darah tinggi. Jika kesehatan kardiovaskular meningkat, maka sirkulasi darah pun jadi lancar ke seluruh tubuh, termasuk organ seksual.

Simak juga: Madu Penyubur Kandungan, Fakta atau Hanya Mitos?

Manfaat Bawang Merah Lainnya

Selain khusus kaum pria tadi, berikut ini beragam manfaat bawang merah lainnya secara umum:

1. Mengurangi rasa sakit akibat sengatan lebah

Kulit yang tersengat lebah bisa sangat kesakitan dan juga bengkak. Di samping menggunakan es batu atau obat pereda rasa sakit, Anda juga bisa mengaplikasikan potongan bawang merah segar ke atas area terinfeksi untuk mengurangi rasa sakitnya. Cara ini disampaikan oleh salah satu dokter dari Universitas di New York.

2. Menurunkan kolesterol jahat

Manfaat bawang merah satu ini memang sudah terkenal di mana-mana sehingga tak heran kalau penjual sate kambing khususnya, selalu menyertakan irisan bawang merah sebagai ‘acar’.

Berbagai studi dari Universitas Chinese, Hong Kong, menyebutkan kalau bawang (khususnya yang merah) bisa mengurangi kadar kolesterol jahat. Hasil studi menunjukkan kalau makan ½ butir bawang merah setiap hari bisa menaikkkan kolesterol baik (HDL) sebanyak 30%.

3. Meningkatkan suplai glutathione

Glutathione merupakan salah satu jenis antioksidan penting untuk menangkal kanker, penyakit jantung, dan Alzheimer. Tubuh bisa memproduksi antioksidan tersebut lebih banyak lagi, kalau kita rajin makan bawang merah dan sayuran lain seperti kembang kol dan brokoli.

4. Obat pilek

Baik Kaisar Roma, Nero, maupun mantan presiden Amerika Serikat, George Washington, keduanya sama-sama percaya kalau bawang merah efektif menyembuhkan pilek dan sakit tenggorokan. Usut punya usut, kandungan vitamin C dalam bawanglah yang berjasa untuk tujuan tersebut.

5. Menstabilkan gula darah

Bawang mengandung allyl propyl disulphide (minyak bawang) yang perannya mirip dengan insulin, yakni dapat menyeimbangkan kadar gula darah. Tak hanya itu saja, ada pula riset yang mengemukakan kalau bawang merah bisa menurunkan glukosa darah.

6. Menghilangkan melasma (bintik hitam) dari kulit

Melasma atau hiperpigmentasi biasanya disebabkan oleh sinar matahari, efek pil KB, atau kehamilan. Jika ada begitu banyak noda/ bintik hitam di kulit, maka campurkan jus bawang merah (bawang cincang yang diperas) dengan cuka apel, gunakan perbandingan sama. Oleskan itu di kulit sebanyak 2 kali sehari. Kedua bahan alami ini dapat menyeimbangkan pH kulit.

7. Sumber quercetin

Flavonoid quercetin sangat penting untuk menangkal atau menyembuhkan deretan penyakit seperti penggumpalan darah, bronkitis, hay fever, diabetes, dan asma.

8. Agen detoksifikasi

Lingkungan sekitar kita sarat dengan paparan logam yang berbahaya bagi tubuh, seperti timah, kadmium, dan merkuri . Untuk menyingkirkannya, tubuh perlu didetoksifikasi. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung methionine dan sistin (keduanya merupakan sulfur yang mengandung asam amino).

Ketika masuk dalam tubuh, nutrisi ini akan bertindak seperti magnet untuk mengikat logam berbahaya tadi, lalu membawanya keluar dari tubuh. Dan bawang merah merupakan gudangnya asam amino tersebut.

9. Mempertahankan kesehatan otak

Pertambahan usia kerap membuat orang khawatir bakal terkena pikun atau penyakit daya ingat lainnya. Untungnya, hasil berbagai studi menjumpai kalau konsumsi bawang secara teratur dapat mencegah kerusakan otak akibat stroke atau penyumbatan darah. Oleh karenanya, bawang merah tak hanya bagik untuk kesehatan fisik, namun juga mental.

10. Mencegah kanker

Salah satu jenis kanker yang paling banyak diidap kaum pria adalah prostat. Berbagai hasil studi yang dipublikasikan dalam Journal of the National Cancer Institute mengemukakan kalau konsumsi sayuran dari family allium (bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay) bisa menurunkan risiko kanker prostat. Di samping prostat, jenis kanker lain yang juga bisa berkurang risikonya adalah kanker lambung dan payudara.

Cara pakai bawang merah

Ada berbagai cara untuk memakai bawang merah, beberapa di antaranya adalah:

  • Dimakan mentah. Jika mengalami gangguan hasrat seksual, Anda bisa menambahkan bawang merah ke dalam salad, atau cukup dimakan mentah saja.
  • Dibuat jus. Jus yang terdiri dari campuran bawang merah (medium) dan jahe (kecil) bisa diminum setiap hari untuk meningkatkan libido.
  • Dikonsumsi airnya saja. Jika belum tahu cara membuat minuman segar pakai air bawang, maka ikuti resep ini. Didihkan 2-3 bawang merah ke dalam ½ liter air, lalu minum saat pagi dan malam, terutama sebelum berhubungan intim agar stamina prima.
  • Bumbu kare. Jangan segan menambahkan banyak bawang merah dalam bumbu kare karena selain membuat citarasanya nikmat, performa di atas ranjang pun jadi meningkat karenanya.

Masih enggan mengonsumsinya?

Bila ada orang yang enggan mengonsumsi bawang merah karena tak ingin matanya pedas saat mengiris itu, maka ada trik yang bisa dilakukan. Tapi Anda harus tahu, kalau air mata sebenarnya penting karena dapat melumasi mata dan membunuh bakteri maupun toksin berbahaya. Tanpa air mata, indera penglihatan kita takkan berfungsi sama sekali.

Ada berbagai macam cara untuk meminimalisir agar mata tak pedas saat mengiris bawang, beberapa di antaranya adalah:

  • Nyalakan ventilator di atas kepala jika tempat mengirisnya di dekat kompor. Angin dari ventilator bisa menjauhkan enzim allil sulfatnya dari kelenjar air mata.
  • Bekukan dulu bawangnya selama 15 menit sebelum mencincangnya.

Jadi para pria, itulah tadi beberapa manfaat bawang merah untuk Anda. Ngomong-ngomong, sudahkah Anda makan ati bawang hari ini?!

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer