Manfaat Biji Kelor yang Mengagumkan Bagi Kesehatan

Kelor menjadi salah satu tanaman yang memiliki segudang manfaat. Bahkan ilmuwan Barat sampai menjulukinya sebagai ‘The Miracle Tree‘. Selain daunnya, manfaat biji kelor pun tak kalah mengagumkan. Seberapa mengagumkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Mengenal Biji Kelor dan Berbagai Kandungan Didalamnya

Biji kelor merupakan salah satu bagian dari tanaman kelor yang umumnya hanya terdapat pada pohon kelor berukuran besar, di atas 7 meter. Di dalamnya terkandung berbagai nutrisi dan mineral penting seperti vitamin A, C, B, magnesium, kalsium, protein, lemak, serat dan lainnya.

daun kelor dan bunganya

Baca juga: Manfaat Daun Kelor yang Terbukti Ampuh Melawan Penyakit

Karena kepadatan gizinya, membuat biji kelor memiliki beragam khasiat. Mulai dari sifat antioksidan dan anti-inflamasinya yang mampu meningkatkan imun tubuh dan mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi. Hingga dapat menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol jahat dan gula darah.

manfaat biji kelor

biji kelor segar

Berikut Manfaat Biji Kelor Selengkapnya:

1. Sebagai Agen Antioksidan

Biji kelor mampu bertindak sebagai agen antioksidan karena diperkaya oleh senyawa flavanoid dan vitamin C. Berkat kemampuannya tersebut, biji kelor dapat diandalkan dalam membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan imunitas tubuh sehingga dapat menangkal serangan dari berbagai bibit penyakit.

2. Obat Pereda Nyeri Alami 

Sifat anti-inflamasi yang dimiliki biji kelor terbukti mampu mengurangi rasa nyeri akibat radang sendi seperti rheumatoid arthritis. Manfaat biji kelor ini tentunya sangat berguna bagi para penderita radang sendi sebagai bagian dari rezim manajemen nyeri guna meningkatkan kualitas hidup sehari-hari.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Komposisi asam lemak di dalam biji kelor yang sebagian besar merupakan asam oleat membawa dampak positif terhadap kesehatan jantung. Bahkan dalam pengobatan tradisional Thailand, biji kelor dan daunnya dianggap sebagai obat kardiotonik.

Di samping itu, biji kelor juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol LDL. Seperti yang kita ketahui bahwa keduanya merupakan bagian dari indikator kesehatan jantung. Selengkapnya baca: Sehatkah Jantung Anda? Inilah 5 Indikator Kesehatan Jantung

4. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Salah satu manfaat biji kelor yang tak kalah mengagumkan ialah kemampuannya dalam membantu menurunkan kadar gula darah. Penggunaan terapeutik biji kelor sebagai pengobatan alami diabetes pun telah di uji dan dimuat dalam Journal of Diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Hati

Biji kelor dapat meningkatkan kesehatan hati secara keseluruhan berkat efek antioksidan didalamnya yang mampu melindungi hati dari kerusakan akibat radikal bebas. Kabarnya lagi, dalam The Journal of Food Science diketahui bahwa, konsumsi secara teratur biji kelor mampu membantu memperbaiki kerusakan hati akibat penyakit hepatitis.

6. Obat Alami Tukak Lambung dan Maag

Di samping dapat mengatasi nyeri sendi, efek anti-inflamasi dalam biji kelor juga diketahui berkhasiat sebagai obat alami tukak lambung. Tukak lambung sendiri terjadi akibat terkikisnya lapisan pelindung dinding lambung, menyebabkan timbulnya nyeri perut yang luar biasa.

Selain itu, para peneliti juga mengungkapkan bahwa biji kelor sangat ampuh dalam meredakan gejala maag, meskipun digunakan dalam dosis rendah. Jadi ketika maag menyerang, tak ada salahnya untuk mengatasinya dengan biji kelor, selain ampuh juga lebih aman karena alami.

7. Obat Alami Asma

Gunakan ekstrak biji kelor sebagai obat alami untuk asma bronkial. Efek antispasmodik pada biji kelor dapat membantu mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan serangan asma. Di tambah sifat anti-inflamasi biji kelor yang secara efektif mampu membantu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, membuat manfaat biji kelor semakin terlihat mengagumkan.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Otak membutuhkan suplai nutrisi secara konstan agar dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Kecukupan nutrisi ini dapat di peroleh melalui konsumsi beragam makanan bergizi, salah satunya biji kelor. Didalamnya terkandung asam amino, antioksidan, vitamin E dan berbagai nutrisi penting lainnya yang mampu meningkatkan fungsi otak.

9. Membantu Mengobati Anemia

Para ahli mengatakan bahwa biji kelor merupakan sumber zat besi yang baik. Mengonsumsinya secara teratur diyakini dapat menjaga kadar normal sel darah merah dan membantu mengobati anemia diefisiensi besi.

10. Manfaat Lainnya

Biji kelor juga diyakini mampu mengatasi sembelit dan menurunkan berat badan berkat kandungan serat didalamnya. Selain itu, minyak yang diekstraksi dari biji kelor juga berkhasiat dalam merangsang hormon penginduksi tidur. Menghasilkan efek menenangkan dan tentunya membantu tidur lebih nyenyak.

Biji kelor bahkan dapat digunakan untuk memurnikan air, baik air lumpur maupun air keruh. Dalam dunia kecantikan pun, manfaat biji kelor telah banyak diaplikasikan dalam beberapa produk kosmetik sebagai krim anti-aging, sabun wajah, shampo, parfum, deodoran, minyak aromatherapi dan lain sebagainya.

Cara Penggunaan Biji Kelor

Untuk memetik manfaat biji kelor yang begitu besar, kita dapat mengolahnya dengan cara merebus, kemudian menambahkannya ke dalam oatmeal atau sup hangat. Bila ingin menikmatinya sebagai camilan sehat, biji kelor segar dapat dipanggang atau di sangrai terlebih dahulu.

Adakah Efek Samping Biji Kelor?

Sejauh ini, belum ditemukan cukup bukti akan efek samping yang ditimbulkan dari mengonsumsi biji kelor. Sementara itu, untuk batas aman konsumsi biji kelor dalam sehari yang disarankan para ahli, yakni segenggam kepalan tangan.

Begitu mengagumkan bukan manfaat biji kelor bagi kesehatan. Lalu tunggu apalagi, segera konsumsi biji kelor juga daunnya setiap hari sebagai salah satu solusi sehat alami.

Lihat sumber