Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan dan Kecantikan

Daun afrika, begitu sebutannya. Tanaman herbal yang mendunia karena keampuhannya dalam mengobati sejumlah penyakit. Sayangnya, di Indonesia sendiri, baru segelintir orang yang mengetahui manfaat daun afrika ini bagi kesehatan.

Untuk itu, ketahui lebih dalam mengenai berbagai kandungan dan manfaat daun afrika bagi kesehatan dan kecantikan berikut ini.

Mengenal Daun Afrika dan Kandungannya

Penamaan daun afrika konon berasal dari Negeri Tiongkok. Di mana masyarakat disana menyebutnya dengan nan hui ye atau nan fei shu yang berarti daun afrika. Sedangkan di negara Eropa seperti Inggris, daun afrika di kenal dengan nama bitter leaf.

manfaat daun afrika

Daun Afrika (Vernonia amygdalina Del.) berwarna hijau tua dengan panjang 15-25 cm dan lebar daunnya berkisar antara 5-8 cm. Meski dapat tumbuh di iklim tropis, namun daun afrika lebih cocok di tanam di dataran tinggi dengan ketinggian diatas 700 mdpl.

Apabila di tanam di iklim yang cocok, maka pohonnya tidak hanya menghasilkan daun saja. Namun, akan muncul pula bunga yang indah dengan warna putih keunguan dan wangi yang mirip dengan bunga melati.

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, daun afrika mengandung berbagai nutrisi dan senyawa kimia. Diantaranya seperti protein, serat, karbohidrat, kalium, kalsium, fosfor, tembaga, zink, magnesium, saponin, seskuiterpen lakton, flavonoid, asam fenolat, glikosida, tanin dan beberapa senyawa lainnya.

Apa Manfaat Daun Afrika Bagi Tubuh Kita?

Daun afrika memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Bahkan khasiatnya dalam menurunkan tekanan darah, kadar gula darah dan asam urat disinyalir mengungguli kinerja tanaman herbal lain.

daun afrika yang kaya manfaat

Berikut manfaat daun afrika selengkapnya :

1. Baik bagi Penderita Hipertensi

Kehadiran kalium dalam daun afrika membuatnya patut di konsumsi oleh penderita hipertensi. Berdasarkan penelitian, asupan kalium yang tinggi dari daun afrika dapat membantu menurunkan tekanan sistolik dan diastolik masing-masing sebesar 4,4 mmHg dan 2.5 mmHg.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

Kadar kolesterol yang tinggi dalam darah menjadi salah satu faktor pemicu terjadinya serangan jantung, stroke dan penyakit Alzheimer. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tak ada salahnya untuk mulai mengonsumsi daun afrika.

Daun afrika memiliki kandungan senyawa flavonoid, tanin dan saponin yang mampu menghambat penyerapan lemak dan mengikat kolesterol dengan asam empedu sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Selain itu, daun afrika juga memiliki senyawa yang mampu mengurangi kadar berlebih asam urat dalam darah dengan cara merangsang pengeluaran asam urat melalui urine.

3. Mampu Menurunkan Kadar Gula Darah

Siapa sangka, ternyata daun afrika memiliki efek hipoglikemik atau mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa gula darah tinggi menjadi penyebab timbulnya penyakit diabetes. Untuk itu, bagi yang memiliki kadar gula darah tinggi atau menderita diabetes, cobalah untuk mulai rutin mengonsumsi daun afrika setiap harinya.

4. Obat Herbal Malaria

Dalam beberapa penelitian, daun afrika telah diakui khasiatnya dalam membantu mengobati malaria. Manfaat daun afrika yang satu ini dikuak oleh para ilmuwan yang menyatakan bahwa, pada ekstrak daun afrika menunjukkan adanya aktivitas antimalaria dan berpotensi membalikkan resistensi chloroquine jika digunakan sebagai adjuvant bersama obat standar malaria.

5. Berperan Sebagai Antikoksidan

Daun afrika memiliki kemampuan sebagai antioksidan yang dapat melenyapkan berbagai efek buruk dari radikal bebas. Kemampuannya ini pun telah dibuktikan oleh banyak peneliti, yang menyebutkan bahwa ekstrak daun afrika mampu berperan sebagai antioksidan baik secara in vitro maupun in vivo.

6. Obat Alternatif Kanker Payudara

Kanker payudara menjadi momok menakutkan bagi banyak wanita di seluruh dunia termasuk Indonesia. Bahkan di Indonesia, kanker payudara menjadi penyebab kematian nomor wahid bagi para wanita. Karena itu, pengobatan yang efektif untuk kanker payudara sangatlah dibutuhkan guna mengurangi angka kematian akibat penyakit ganas ini.

Dalam sebuah studi yang yang dilakukan oleh ilmuwan dari Jackson State University, menemukan bahwa senyawa yang terkandung dalam daun afrika memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan dan profilerasi sel kanker payudara.

Berkat kemampuannya ini, pantas rasanya jika daun afrika dijadikan sebagai obat alternatif dalam membantu memerangi kanker payudara. Bukan tak mungkin, tingkat kesembuhan akan kanker payudara pun dapat ditingkatkan melalui terapi pengobatan daun afrika.

7. Obat Alami Tipes

Daun afrika mengandung zat antibiotik dan antibakteri yang efektif dalam melawan bakteri patogen termasuk Salmonella typhi yang menjadi penyebab penyakit tipes. Konsumsi daun afrika semasa mengalami tipes, membantu mengurangi gejala dan mempercepat proses penyembuhan penyakit tipes.

Ketahui juga obat alami lainnya untuk penyakit ini: 20 Obat Tipes Tradisional yang 100% Alami

8. Membantu Menyembuhkan Flu

Bisa dibilang, flu bukanlah penyakit yang berbahaya. Meski begitu, gejala yang ditimbulkan kerap membuat penderitanya mengalami kesulitan dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ketika di malam hari pun, sulit rasanya untuk tidur nyenyak ketika flu melanda.

Beruntung, kita bisa mengambil manfaat daun afrika untuk mempercepat penyembuhan flu. Di dalam daun afrika terkandung senyawa flavonoid yang disinyalir mampu menghancurkan virus penyebab flu. Jadi, konsumsilah daun afrika ketika flu melanda, niscaya gejala-gejala flu yang mengganggu seperti batuk, pilek atau demam dapat segera berkurang.

9. Mampu Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang akhir-akhir ini semakin sering dialami dan kerap dianggap sepele. Padahal, jika kondisi ini terus berlanjut, insomnia dapat memicu terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang lebih serius.

Oleh sebab itu, penting untuk bersegera mungkin mengatasi insomnia yang dialami. Salah satunya dengan mengonsumsi daun afrika. Daun afrika diklaim sangat efektif dalam mengatasi insomnia karena mampu memberikan efek relaksasi yang mampu menenangkan pikiran dan membantu menyingkirkan kecemasan.

Baca juga : 23 Cara Mengatasi Insomnia Bagi Anda yang Susah Tidur

10. Membantu Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat daun afrika juga dapat dirasakan untuk membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit dan perut kembung. Kombinasi kandungan serat dan zat antioksidan yang tinggi dalam daun afrika, terbukti efektif dalam membantu mengobati berbagai gangguan pencernaan.

11. Mampu Mencegah dan Mengobati Radang Sendi

Radang sendi kerap disebabkan oleh kurangnya magnesium dan unsur tembaga dalam tubuh. Sementara itu, daun afrika dibekali dengan kedua kandungan tersebut sehingga mengonsumsinya secara rutin menjadi upaya pencegahan atau pengobatan yang efektif dalam mengatasi radang sendi.

12. Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat daun afrika tidak hanya berkhasiat bagi kesehatan saja, manfaatnya bagi kecantikan pun cukup dapat diandalkan. Kandungan andrografin, androfolit dan berbagai senyawa antioksidan dalam daun afrika ternyata mampu mencegah penuaan dini pada kulit dengan meningkatkan pertahanan tubuh terhadap infeksi yang dapat menurunkan kualitas organ dalam tubuh, termasuk jaringan kulit.

Selain mampu mencegah penuaan dini pada kulit, ada banyak masalah kulit lainnya yang disinyalir dapat diatasi dengan dengan daun afrika. Diantaranya seperti jerawat, kudis dan beberapa masalah kulit lainnya.

( ! ) Meski memiliki banyak khasiat, namun penggunaan daun afrika sebagai obat untuk penyakit yang serius perlu dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Penggunaan bahan herbal ini masih memerlukan studi dan penelitian lebih lanjut.

Bagaimana Cara Menggunakan Daun Afrika?

Dari segala macam simplisia daun afrika, manfaat paling optimal adalah dengan langsung mengonsumsi daun segarnya sebagai lalapan. Meski begitu, untuk mengurangi rasa pahitnya, daun afrika juga dapat diolah menjadi jamu dengan cara merebus 10 lembar daun afrika dengan air sebanyak 5 gelas hingga mendidih kemudian disaring dan diminum rutin 2 kali sehari.

Adakah Efek Samping Daun Afrika?

Daun afrika aman dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Namun, pada beberapa individu terutama yang baru pertama kali mengonsumsinya, efek samping yang mungkin timbul diantaranya seperti mual atau muntah yang ditenggarai akibat rasa pahit dari daun afrika.

Dengan berbagai kandungan dan manfaatnya terutama bagi kesehatan, tak mengherankan apabila daun afrika telah memiliki sejarah panjang dalam dunia pengobatan herbal, khususnya di Negeri Tiongkok.

Kurangnya sosialisasi, membuat keberadaan daun ini kurang begitu populer di Indonesia. Untuk itu, mulailah budidayakan pohon daun afrika sebagai apotek hidup di pekarangan rumah.

Lihat sumber

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer