Terbukti! Inilah Manfaat Daun Kenikir untuk Kesehatan

Kebanyakan masyarakat Indonesia pastilah mengenal daun kenikir. Seringkali daunnya diolah sebagai lalapan atau menjadi olahan sayuran yang lezat sebagai teman makan. Namun, sayangnya masih sedikit dari masyarakat kita yang mengetahui manfaat daun kenikir ini. Walaupun sebenarnya, tanaman ini telah digunakan selama berabad-abad untuk untuk keperluan pengobatan di berbagai belahan dunia.

Beberapa manfaat daun kenikir sebagai obat herbal diantaranya digunakan untuk pengobatan masalah pencernaan, menjaga kesehatan peredaran darah, dan membantu memperkuat tulang. Tingginya nutrisi seperti vitamin A dan antioksidan yang terkandung dalam daun kenikir, sangat berkontribusi untuk memperbaiki penglihatan dan membantu mengurangi efek penuaan.

manfaat daun kenikir untuk kesehatan

Daun kenikir yang dijual dipasar

Seseorang yang memiliki kelainan pencernaan seperti crohn atau konstipasi juga bisa mengonsumsi daun ini karena kandungan seratnya yang tinggi. Selain itu, daun kenikir juga dapat membantu membersihkan racun dari darah dan memperbaiki keseluruhan fungsi sistem peredaran darah. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa, penggunaan daun kenikir secara konsisten dapat mengurangi tingkat tekanan darah dan membantu tubuh mengatur gula darah.

Itu hanya beberapa dari sekian banyak manfaat daun kenikir. Untuk mengetahui lebih lengkap manfaatnya mari kita bahas satu persatu di artikel ini.

Apa Saja Manfaat Daun Kenikir ini?

1. Meningkatkan Sistem Imun

Daun kenikir mengandung banyak vitamin A dan E yang sangat baik untuk imunitas tubuh. Ditambah lagi dengan adanya kandungan protein di dalamnya yang dapat membantu pembentukan fagosit, yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga terbukti membantu meningkatkan metabolisme tubuh ke kondisi puncaknya.

Jika tidak ada lemon dirumah Anda, daun kenikir mungkin bisa jadi alternatif sebagai sumber vitamin C.

2. Memperkuat Tulang

Kandungan mineral, kalsium, dan magnesium di dalam daun kenikir mampu memperkuat tulang dan pastinya sangat baik untuk pertumbuhan tulang di masa remaja. Sederhana saja untuk mendapatkan manfaatnya satu ini. Untuk mendapatkan manfaat daun kenikir satu ini, Anda hanya cukup memakannya langsung sebagai lalapan atau sebagai campuran salad. Bisa juga ditambahkan madu atau pemanis lain jika Anda tidak begitu menyukai rasanya.

Sederhana namun begitu menyehatkan.

3. Meningkatkan Nafsu Makan

Kabar baik untuk Anda yang sedang sakit atau kurang nafsu makan. Cobalah konsumsi daun kenikir, karena daun ini terbukti mampu meningkatkan nafsu makan. Kok bisa? Ya, karena daun kenikir memiliki kandungan kuersetin yang mampu meningkatkan nafsu makan terlebih pada anak-anak. Bahkan bila dikonsumsi minimal tiga kali seminggu, daun kenikir ini mampu memulihkan stamina seseorang setelah jatuh sakit.

Jika sudah tahu manfaatnya ini, rasanya tak perlu lagi ya membeli suplemen penambah nafsu makan.

4. Obat Bau Mulut

Bau mulut tentunya sangat mengganggu, terlebih jika pekerjaan kita mengharuskan untuk berkomunikasi langsung dengan seseorang. Selain memakai obat kumur, cobalah untuk merasakan manfaat daun kelikir yang satu ini. Daun kelikir memiliki kemampuan sebagai anti bakteri, karena memiliki kandungan koniferil alkohol di dalamnya. Senyawa ini terbukti mampu membersihkan lidah serta air liur dari kuman yang menjadi penyebab bau mulut.

Untuk merasakan manfaat daun kelikir sebagai penghilang bau mulut, Anda bisa mengunyahnya mentah-mentah selama 20-30 detik, kemudian lanjutkan dengan berkumur. Cara lainnya juga bisa dengan meminum air rebusan daun kenikir yang sudah diberi sejumput garam, setidaknya 2 kali sehari.

Solusi bau mulut yang hemat, mudah dan murah bukan.

Baca Juga: Cara tuntas mengatasi bau mulut

5. Obat Maag dan Gangguan Lambung Lainnya

Manfaat daun kenikir lainnya adalah sebagai obat maag dan gangguan lambung. Bagi anda yang mengalami masalah ini, cobalah untuk mengonsumsi daun kenikir. Kandungan zat tokoferol, pholyphenols, dan hydroxiugfenol dalam daun kenikir terbukti dapat menetralisir kadar asam lambung. Zat-zat ini juga mampu menguatkan otot sfingter di lambung, yang bekerja dengan cara membuka bila ada makanan masuk ke lambung dan menutup setelahnya agar makanan tidak kembali lagi ke kerongkongan.

Konsumsi langsung daun kenikir sebagai lalapan atau salad secara rutin, jika Anda ingin mengatasi maag atau masalah lambung lainnya.

6. Membantu Memperkuat Jantung yang Lemah

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya manfaat flavonoid dan antioksidan adalah untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Sedangkan pada area jantung, kandungan ini bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Begitu pula jika anda kini tengah mengalami masalah lemah jantung, anda dapat mengobatinya secara alami dengan daun kenikir.

Caranya cukup dengan merebus daun ini dengan menggunakan 250 ml air, kemudian mengonsumsi air rebusannya 2 kali sehari dan anda akan rasakan manfaat air rebusan daun kenikir ini untuk keluhan yang anda derita.

Ada juga flavonoid dan antioksidan di dalam manfaat kesehatan daun kenikir (Cosmos caudatus). Zat tersebut sangat membantu sel-sel yang rusak pada saat pemulihan jantung. Belum lagi, zat ini juga membantu memperlancar peredaran darah dengan memperkuat arteri dan otot jantung.

Cara menggunakannya yaitu dengan merebus lima lembat daun kenikir dalam 250 ml air. Minumlah air rebusan ini dua kali setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik.

Baca Juga: Ciri-ciri jantung lemah

7. Sebagai Anti Karsinogen

Selain zat-zat tersebut di atas, daun kenikir juga mengandung sapponin, terpenoid, untuk melawan kanker. Daun kenikir dipercaya mampu melawan kanker seperti kanker payudara, kanker perut, dan kanker hati. Untuk tujuan mengatasi atau mencegah penyakit kanker, Anda bisa mengonsumsi rebusan air daun kenikir secara rutin.

8. Membantu Menyembuhkan Gondok

Untuk mendapatkan manfaat kenikir untuk menyembuhkan gondong, lakukan hal-hal berikut;

  • Giling daun kenikir (Cosmos caudatus) sehalus mungkin.
  • Campur dengan cuka secukupnya.
  • Gosok pada area yang terkena gondok setidaknya tiga kali sehari.

Poliphenol dan tokoferol pada daun kenikir ini akan membantu untuk menyembuhkan radang gondok.

9. Membantu Menyembuhkan Peradangan pada Ibu Menyusui

Manfaat kesehatan khusus dari daun kenikir lainnya adalah untuk ibu yang sedang menyusui. Ibu menyusui biasanya mengalami peradangan pada payudaranya. Dengan khasiat daun kenikir ini, peradangan dapat disembuhkan atau setidaknya meminimalkan rasa sakit.

Untuk melakukannya, anda harus melakukan hal berikut;

  • Bakar daun kenikir di atas api kecil agar layu.
  • Tumbuk dengan lembut, lalu gosok hasil tumbukan tadi ke payudara saat masih hangat.
  • Lakukan langkah ini tiga kali sehari.

Kandungan terpenoid dan antiradang pada daun kenikir mampu membantu meredakan dan menyembuhkan peradangan.

10. Sebagai Pengobatan Cuci Darah Tradisional

Manfaat daun kenikir lainnya adalah sebagai obat cuci darah tradisional. Namun tentu bukan seperti cuci darah pada penderita penyakit hati atau gagal ginjal umumnya. Dikarenakan daun kenikir memiliki khasiat membersihkan darah dan menetralisir racun dalam darah, daun kenikir dapat dikategorikan sebagai bahan alami pencuci darah tradisional.

Karena kandungan vitamin E, antioksidan, dan falavonoid dalam daun Kenikir (Cosmos caudatus), mengonsumsi nya secara rutin dapat menjadikannya sebagai sistem detoksifikasi alami.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer