Manfaat Daun Sirsak yang Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Tak hanya buahnya, namun kita juga dapat memetik banyak hal dari manfaat daun sirsak. Dilengkapi dengan beragam vitamin serta mineral, daun sirsak menyuguhkan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Tak heran bila para ahli kemudian memanfaatkannya untuk mencegah dan mengobati beragam penyakit.

manfaat daun sirsak

Aneka Manfaat Daun Sirsak

Selain diminum air rebusannya, daun sirsak seringkali dimanfaatkan sebagai bahan aromaterapi bagi penderita insomnia. Selain itu, daun sirsak juga bermanfaat untuk:

  1. Melawan kanker
  2. Mencegah infeksi
  3. Anti-parasit
  4. Menyembuhkan bisul mulut serta sariawan
  5. Meredakan demam
  6. Sebagai antiseptik
  7. Efektif untuk mengobati sakit punggung
  8. Mengontrol diabetes
  9. Obat penguat liver
  10. Mengobati penyakit kulit
  11. Menyingkirkan kutu rambut

Penjelasan setiap poin di atas adalah sebagai berikut:

  1. Melawan kanker

Salah satu manfaat daun sirsak yang paling mencengangkan saat ini adalah kemampuannya untuk membunuh sel kanker.

Hasil riset yang dipublikasikan Food & Function menunjukkan komponen bioaktif dalam daun sirsak mampu melawan kanker dengan cara mendeteksi radikal bebas. Selain itu, enzim antioksidan dari daun sirsak juga berperan aktif dalam membunuh sel kanker dengan menghambat produksi ATP.

ATP atau yang lebih dikenal dengan Adenosine Triphosphate merupakan sumber energi bagi sel kanker. Energi ini mengandung rangkaian zat kimia yang jika dilepaskan, bisa dimanfaatkan untuk membantu perkembangan aktivitas dalam sel. Dan karena ekstrak daun sirsak dapat menghalangi aktivitas tersebut, maka potensi berkembangnya sel kanker dapat diminimalisir.

Tak heran bila daun sirsak lebih efektif dari kemoterapi, apalagi setelah mengonsumsinya tak ada efek samping seperti rambut rontok, turunnya berat badan, hingga mual. Untuk memetik tujuan tersebut, siapkan 10 lembar daun sirsak dan didihkan bersama dengan 3 gelas air hingga air tersisa menjadi 1 gelas saja. Rebusan daun sirsak tersebut harus diberikan kepada penderita kanker sebanyak 2x sehari selama 2 minggu agar khasiatnya nyata.

  1. Mencegah infeksi

Ekstrak dari daun sirsak mengandung agen anti-radang sehingga dapat mencegah timbulnya infeksi dalam tubuh.

  1. Anti-parasit

Dengan menyeduh teh dari daun sirsak, Anda juga bisa mendetoksifikasi saluran cerna sehingga proses pencernaan berjalan baik. Berkat manfaat daun sirsak, maka gangguan-gangguan parasit seperti cacing, amoeba dan semisalnya bisa disingkirkan.

  1. Menyembuhkan borok mulut serta sariawan

Jika Anda menderita sariawan atau borok pada mulut, maka tumbuklah beberapa lembar daun sirsak lalu rebus. Mengonsumsinya bisa mengurangi peradangan, mengecilkan sariawan dan menyembuhkannya dengan sempurna.

  1. Meredakan demam

Siapa menyangkan manfaat daun sirsak yang satu ini. Teh yang dibuat dari daun sirsak bisa menurunkan suhu tubuh. Di Afrika, anak-anak seringkali dimandikan dengan teh daun sirsak agar segera sembuh dari demamnya.

  1. Sebagai antiseptik

Sama seperti buahnya, rebusan daun sirsak juga dapat mengobati penyakit batuk, pilek, disentri, demam, dan sakit pencernaan.

  1. Efektif untuk mengobati sakit punggung

Tak perlu lagi membeli obat di apotik untuk meredakan nyeri punggung, Anda tinggal minum teh daun sirsak secara rutin setiap hari. Anda juga bisa menggunakannya sebagai obat gosok atau kompres untuk menyembuhkan nyeri punggung, sendi, atau rematik.

  1. Mengontrol diabetes

Beberapa studi menyarankan penderita diabetes rutin minum teh daun sirsak untuk mengontrol kadar gula dalam darahnya. Baca juga: Manfaat Daun Sirsak untuk diabetes

  1. Obat penguat liver

Teh daun sirsak juga baik untuk menguatkan liver atau hati. Bagi Anda yang mengalami gangguan fungsi hati, perlu dipertimbangkan untuk mengonsumsi daun yang satu ini, namun harus berkonsultasi dengan dokter telebih dahulu.

  1. Mengobati penyakit kulit

Sama seperti buahnya, daun sirsak juga memiliki daya menyembuhkan yang luar biasa. Gangguan kulit seperti jerawat atau eksema bisa sembuh dengan cepat usai Anda mengaplikasikan daun sirsak ke area terinfeksi. Tak hanya itu, rebusan daun sirsak juga baik untuk menyembuhkan kaki bengkak.

  1. Menyingkirkan kutu rambut

Kutu rambut bisa berkembang biak sangat cepat bila dibiarkan. Untuk menghilangkannya, coba aplikasikan air rebusan daun sirsak ke kulit kepala.

Selain beragam manfaat di atas, daun sirsak juga baik untuk asam urat maupun kolesterol.

Manfaat daun sirsak untuk asam urat

Tak hanya menyerang orang tua, anak muda pun berpotensi terkena asam urat di zaman modern seperti sekarang ini. Meski rasa nyerinya bisa hilang dengan sendirinya ketika kita berhenti mengonsumsi makanan tertentu, namun bila tidak diobati dengan benar, asam urat dapat mengakibatkan gangguan ginjal bahkan jantung koroner.

Bila Anda merasakan nyeri, ngilu, linu, kesemutan, atau bengkak di area persendian maka besar kemungkinan Anda terkena asam urat. Untungnya Anda dapat mengobati asam urat dengan metode  alami yaitu lewat konsumsi air rebusan daun sirsak.

Caranya, ambillah 6-10 lembar daun sirsak segar, cuci dengan bersih. Rajang daun agar airnya keluar, lalu rebus dalam 400 ml. Didihkan hingga airnya menjadi 200 ml, lalu konsumsi rutin setiap hari. Untuk mempermanis rasanya, Anda boleh menambahkan 2 sdt madu alami.

Manfaat daun sirsak untuk kolesterol

Beberapa hasil riset mendapati bahwa daun sirsak cukup berpotensi untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Hal ini disebabkan daun sirsak mengandung kadar antioksidan yang tinggi.

Anda tinggal mengambil beberapa lembar daun sirsak, lalu rebuslah bersama dengan 1 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan sisakan hingga ½ gelas saja. Bila air rebusan daun sirsak sudah hangat, maka konsumsilah itu secara rutin setiap hari sebanyak 2x. Niscaya Anda bisa merasakan manfaat daun sirsak sebagai obat penurun kolesterol alami.

Di samping manfaat yang luar biasa banyak, namun hati-hari karena daun sirsak juga memiliki efek samping. Lebih lanjut silahkan baca: Efek Samping Daun Sirsak Bila Dikonsumsi Berlebihan

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer