Benarkah Manfaat Gula Aren Semanis Rasanya?

Di Indonesia siapa sih yang tidak mengenal gula aren? Pastinya semua sudah tahu sekaligus pernah menikmati rasanya yang manis dan legit itu bukan. Namun, bila ditanya manfaatnya bagi kesehatan pastilah kebanyakan dari kita belum tentu mengetahuinya.

Nah, agar kita tidak hanya sekedar menjadi penikmat rasa manisnya saja, ada baiknya kita juga mengetahui manfaat gula aren ini. Apakah manfaatnya semanis rasanya juga? Yuk kita cari tahu!

Apa Saja Manfaat Gula Aren?

Gula aren sendiri berasal dari nira pohon enau yang diolah dengan cara tradisional dan dicetak dengan batok kelapa. Warnanya mirip seperti gula jawa atau gula merah, namun lebih gelap atau pekat. Aromanya pun lebih khas dan kuat dibandingkan dengan gula merah.

manfaat gula aren

gula aren yang kaya manfaat

Selain digunakan sebagai bahan dasar makanan atau minuman, gula aren juga menyimpan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya, sebagai energy booster atau penambah energi saat mengalami kelelahan. Entah itu karena sakit atau sedang melakukan perjalanan panjang. Gula aren juga memiliki kalori yang jauh lebih rendah dibandingkan gula pasir yang lebih sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari.

Meski tidak termasuk superfood, jangan pernah menganggapnya sebelah mata ya. Mengapa? Karena gula aren bukan sekedar pemanis biasa. Pemanis alami ini juga memiliki sejumlah nutrisi yang sangat penting bagi tubuh, seperti vitamin C, vitamin B, magnesium, potasium, fosfor, seng, besi, tembaga dan fitonutrien seperti polifenol, flavonoid dan antosianin.

Ya meski nutrisi-nutrisi ini akan lebih banyak kita dapatkan dari buah atau sayuran, namun tetap lebih baik bila dibandingkan dengan kandungan gula pasir yang hanya sekedar kalori kosong.

Selengkapnya, inilah beberapa manfaat dari gula aren:

1. Kaya akan Mineral

Karena tidak melalui proses pemurnian layaknya gula pasir, gula aren menawarkan beberapa mineral penting yang tentunya berguna bagi kesehatan tubuh. Seperti zat besi yang sangat dibutuhkan penderita anemia karena mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Magnesium yang berperan dalam mengatur rangsangan sistem saraf pusat dan merelakskan otot.

Satu lagi yang mungkin tidak kita duga sebelumnya, ternyata si manis nan legit ini juga memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Ehm, bagaimana ya jika kita menambahkannya sebagai pemanis alami untuk seduhan teh hijau? Patut dicoba.

2. Baik untuk Sistem Pencernaan

Mungkin, manfaat gula aren yang satu ini agak sedikit aneh dan terdengar asing ditelinga. Namun siapa sangka, didalam gula aren terkandung niacin yang membantu sistem pencernaan dan berperan penting untuk mengubah makanan menjadi energi. Tentunya hal ini berdampak positif bagi tubuh agar terhindar dari gangguan pencernaan.

Bahkan di beberapa daerah di India, penduduknya memiliki kebiasaan mengonsumsi gula aren setelah makan besar. Mereka percaya kebiasaan ini baik untuk pencernaan makanan. Lantas, bagaimana dengan Anda?

3. Penambah Energi

Kandungan kalori dari gula aren lebih rendah dan lebih bermanfaat dibandingkan kalori gula pasir atau gula putih yang hanya sekedar ‘kalori kosong’. Ya meskipun tidak cukup banyak, kalori dalam gula aren cukup bisa diandalkan sebagai alternatif penambah energi di kala badan terasa lelah.

Untuk Anda yang bekerja di lapangan atau berencana melakukan perjalanan panjang, tak ada salahnya untuk membekali diri dengan gula aren. Rasa-rasanya akan nikmat sekali apabila gula aren dijadikan sebagai minuman dingin yang menyegarkan.

4. Membantu Membersihkan Sistem Organ Tubuh

Sebenarnya kita tak perlu repot-repot untuk mengikuti program detoksifikasi yang beberapa tahun belakangan ini sedang jadi tren. Mengapa? karena tubuh kita sudah mampu membersihkan dirinya sendiri dari racun-racun atau zat-zat yang dianggap berbahaya. Meski begitu, kita juga bisa membantu meringankan kerja organ tubuh dengan mengonsumsi beberapa makanan yang dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi. Salah satunya dengan gula aren.

Gula aren memiliki kemampuan dalam membersihkan sistem organ tubuh, seperti usus, esofagus (kerongkongan), paru-paru dan lambung. Konsumsinya secara cukup dan teratur juga dipercaya dapat membantu tubuh agar selalu fit dan bugar.

5. Meredakan Sembelit

Sering mengalami sembelit? Coba atasi dengan mengonsumsi gula aren. Kabarnya gula aren mengandung serat makanan yang dapat membantu mengobati sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Serat ini bekerja dengan cara membersihkan sistem pencernaan dari partikel-partikel yang tidak diinginkan serta merangsang pergerakan usus.

Ya meskipun manfaat gula aren ini bisa dibilang belum setara dengan buah atau sayuran segar, namun cukup membantu bukan.

(Baca: 22 Daftar Makanan yang Mengandung Serat Tinggi)

6. Meredakan Batuk dan Asma

Tahukah Anda, ternyata sudah sejak lama nenek moyang kita memanfaatkan gula aren sebagai obat dari beberapa penyakit umum, ya salah satunya seperti batuk. Gula aren memiliki khasiat untuk mengobati batuk kering juga batuk berdahak, karena mampu membersihkan saluran pernapasan dan mengencerkan lendir.

Selain itu, gula merah juga memiliki sifat anti alergi yang berguna bagi penderita gangguan pernapasan seperti asma agar dapat diatasi dan tidak mudah kambuh. Untuk penderita asma, ada baiknya mengganti gula Anda dengan pemanis yang satu ini.

7. Membantu Meringankan Migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah menjadi salah satu jenis sakit kepala yang amat menyakitkan. Eits! tapi tunggu dulu, jangan serta merta mengambil obat sakit kepala untuk meredakan migrain Anda. Coba dulu dengan bahan yang alami seperti gula aren ini.

Kandungan obat alami dari gula aren dapat membantu mengurangi rasa sakit ketika migrain menyerang. Ambil saja 1-2 sendok teh gula aren, bisa dimakan langsung atau dijadikan minuman, tergantung selera. Beberapa saat kemudian, coba rasakan efeknya terhadap migrain Anda.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Satu lagi fakta mengejutkan dari manfaat gula aren. Mungkin sebagian besar dari kita belum banyak yang tahu, bahwa gula aren memiliki kandungan potasium yang dapat membantu menurunkan berat badan dan mengatasi perut kembung akibat retensi air. Selain itu, mineral ini juga terbukti dapat melembabkan kulit dan menyeimbangkan pH dalam tubuh.

Selain manis rasanya, manis juga manfaat dari gula aren ini ya.

9. Meredakan Nyeri Haid

Nyeri saat haid menjadi salah satu masalah bulanan yang acap kali dialami wanita. Rasa nyeri ini juga yang menjadi salah satu biang keladi dari perubahan mood wanita yang tak jarang menjadi temperamen ketika datang bulan atau PMS. Nah, agar rasa nyeri ini cepat reda, cobalah buat ramuan dari gula aren dan kunir. Kombinasi keduanya terbukti ampuh mengatasi masalah ini.

(Baca: 13 Cara Mengatasi Nyeri Haid Sampai Tuntas)

Setelah mengetahui beragam manfaatnya, apakah Anda tertarik untuk beralih ke gula aren sebagai pemanis alami sehari-hari? Tapi ingat ya, konsumsilah sewajarnya jangan berlebihan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer