33 Manfaat Lidah Buaya yang Terbukti Ilmiah

Sebagian besar masyarakat mengenal lidah buaya sebagai tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan rambut. Akan tetapi manfaat lidah buaya sesungguhnya tidak hanya terbatas pada itu saja. Tanaman jenis ini kaya akan manfaat lainnya terutama bagi kecantikan dan kesehatan tubuh.

Lidah buaya secara luas dikenal sebagai jenis tanaman yang difungsikan sebagai tanaman hias khususnya di Indonesia. Bentuk fisiknya yang unik memunculkan sisi menarik tersendiri sehingga banyak orang yang memeliharanya sebagai tanaman hias.

manfaat lidah buaya

tanaman lidah buaya (aloe vera)

Kandungan Lidah Buaya yang Bermanfaat

Manfaat lidah buaya tidak terlepas dari kandungan zat-zat yang ada di dalamnya. Di dalam 100 gram lidah buaya (aloevera) terdapat beberapa kandungan nutrisi dan vitamin sebagaimana yang terdapat pada tabel berikut ini :

GiziJumlah / 100 gram
Zat besi0,8 miligram
Vitamin B10,01 miligram
Fosfor186 miligram
Karbohidrat0,4 gram
Kalsium85 miligram
Lemak0,2 gram
Energi4 kilo kalori
Protein0,1 gram

Sekilas kandungan lidah buaya dan manfaatnya:

  • Lidah buaya mengandung vitamin antioksidan A, C dan E – ditambah vitamin B12, asam folat dan kolin .
  • Lidah buaya berisi delapan enzim, termasuk aliiase, alkaline phosphatase, amilase, Bradykinase, Carboxypeptidase, katalase, selulase, lipase dan peroksidase.
  • Mineral seperti kalsium, tembaga, selenium, kromium , mangan , magnesium, kalium, natrium dan seng juga ada dalam lidah buaya.
  • Lidah buaya menyediakan 12 antrakuinon – atau senyawa yang dikenal sebagai obat pencahar. Di antaranya adalah aloin dan emodin, yang bertindak sebagai analgesik, antibakteri dan antivirus.
  • Empat asam lemak , termasuk kolesterol, campesterol, beta-sisosterol dan lupeol – semua memberikan efek anti-inflamasi.
  • Hormon yang disebut auksin dan giberelin juga ada; zat-zat ini membantu penyembuhan luka dan memiliki sifat anti-inflamasi.
  • Lidah buaya juga mengandung gula, seperti monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa lidah buaya memiliki ragam manfaat yang luar biasa bagi manusia, terutama dalam hal kesehatan dan juga kecantikan. Lidah buaya yang secara teknis adalah bahan alami juga tentu saja sangat aman dan tidak akan menimbulkan resiko.

Berikut penjelasan mengenai manfaat lidah buaya yang begitu hebat:

# Membantu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di dalam tanaman lidah buaya terdapat kandungan antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Antioksidan sangat bermanfaat bagi peningkatan sistem kekebalan tubuh yang mampu melawan radikal bebas.

Disamping itu juga terdapat banyak enzim. Enzim yang terdapat dalam lidah buaya memecah protein yang kita makan menjadi asam amino dan mengubahnya menjadi bahan bakar untuk setiap sel dalam tubuh, yang memungkinkan sel untuk berfungsi dengan baik. Bradykinase di lidah buaya merangsang sistem kekebalan tubuh dan membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Zinc juga merupakan komponen penting dalam lidah buaya yang bermanfaat untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

# Membantu Proses Detoksifikasi

Kandungan protein dalam tanaman lidah buaya mampu menetralkan racun yang ada pada tubuh manusia. Karenannya lidah buaya sangat baik jika dikonsumsi secara rutin dengan cara mengolahnya menjadi campuran bahan minuman, makanan, dan lain sebagainya.

# Membantu Menurunkan Berat Badan

Bagi anda yang sedang menjalani program diet, mengonsumsi lidah buaya dapat menjadi alternatif pilihan yang cukup baik. Kandungan protein yang cukup tinggi pada tanaman ini mampu mencukupi keterbutuhan nutrisi dalam tubuh. Selain itu kandungan karbohidrat di dalamnya juga tidak demikian mengkhawatirkan sehingga aman bagi anda yang sedang menjalani program penurunan berat badan.

Di tambah lagi adanya serat yang mampu melancarkan buang air besar dan membuang isi perut yang buncit serta racun-racun dalam tubuh.

# Membantu Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat yang cukup tinggi pada tanaman ini dapat membantu memperlancar pencernaan dalam tubuh. Selain itu nutrisi dalam lidah buaya juga dapat membantu penyerapan protein pada makanan lain yang berdampak langsung pada kelancaran fungsi usus dalam melakukan proses pencernaan.

Beberapa kondisi yang dapat dicegah dengan manfaat lidah buaya yang satu ini antara lain konstipasi atau sembelit, wasir atau ambeien, radang usus, dan juga kanker usus besar.

Membantu Menjaga Kardiovaskular

Nutrisi dalam lidah buaya mampu membantu menurunkan tekanan darah serta mencegah inflamasi dalam tubuh manusia. Lidah buaya yang telah diekstrak dan disuntikkan ke dalam tubuh secara aktif dapat meningkatkan kemampuan sel darah merah untuk mentransportasi oksigen.

Hal ini berkat kandungan zat besi yang bisa menormalkan kadr Hb dalam darah. Hal tersebut tentu saja secara tidak langsung dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan membantu menjaga kesehatan kardiovaskular.

Membantu Mengatur Kadar Gula dalam Darah

Di dalam kandungan tanaman lidah buaya terdapat tiga senyawa utama yang mampu membantu pemulihan penyakit diabetes. Beberapa diantaranya ialah mannans, anthraquinones, dan lektin. Senyawa-senyawa di atas secara aktif mampu mengurangi resiko penyakit diabetes dan dapat membantu mengatur kadar gula dalam darah.

Beberapa bukti pada manusia dan hewan menunjukkan bahwa lidah buaya mampu meringankan hiperglikemia kronis dan terganggu profil lipid yang umum dialami oleh orang-orang dengan diabetes dan merupakan faktor risiko utama untuk komplikasi kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Makanya lidah buaya juga menjadi obat diabetes alami.

Dalam dua uji klinis terkait, 72 wanita diabetes tanpa terapi obat diberikan satu sendok makan gel lidah buaya (kelompok pertama) dan kelompok lain diberikan plasebo selama enam minggu. Pada kelompok pertama glukosa darah dan kadar trigliserida serum secara signifikan menurun dengan pengobatan lidah buaya. Pada kelompok kedua, efek dari gel lidah buaya atau plasebo dalam kombinasi dengan glibenclamide, obat antidiabetes yang sering digunakan juga mengakibatkan penurunan yang signifikan pada glukosa darah dan trigliserida serum yang hampir sama dengan kelompok pertama.

Membantu Mencegah Peradangan

Kandungan serat, mineral, vitamin, dan zat-zat lainnya pada tanaman lidah buaya mampu membantu mencegah terjadinya peradangan pada organ-organ tubuh. Misalnya saja pada tulang dan sel-sel tubuh manusia.

Membantu Meningkatkan Alkalisasi Tubuh

Alkalisasi pada tubuh manusia adalah sebuah prosesi yang diperlukan untuk dilakukan dalam rangka menjaga kadar asam dalam tubuh. Dalam upaya peningkatan proses alkalisasi dapat dilakukan dengan mengonsumsi tanaman lidah buaya. Hal tersebut dikarenakan sifat alkali yang ada pada tanamana ini yang secara aktif mampu menjaga kadar asam dalam tubuh manusia.

Mencukupi Keterbutuhan Asam Amino pada Tubuh Manusia

Setidaknya diperlukan sebanyak 20 jenis asam amino untuk memenuhi keterbutuhan manusia akan nutrisi tersebut. lidah buaya mempunyai sebanyak 19 jenis asam amino yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Dengan adanya manfaat lidah buaya yang satu ini, maka sangat disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin guna memenuhi keterbutuhan asam amino pada tubuh manusia.

Membantu Mengatasi Masalah Wasir

Mengonsumsi lidah buaya ditambah dengan campuran madu dan air hangat dapat membantu mengatasi penyakit wasir yang amat mengganggu aktivitas sehari-hari. Wasir adalah salah satu penyakit yang timbul akibat kekurangan serat. Keterbutuhan tubuh akan serat dapat terpenuhi dengan mengonsumsi tanaman lidah buaya secara rutin.

manfaat jus lidah buaya

Agar mendapatkan manfaat lidah buaya seperti di atas, maka Anda dapat mengonsumsinya secara langsung, campuran minuman segar atau diolah menjadi jus. Sedangkan untuk yang dibawah ini digunakan dengan cara mengoleskannya.

Membantu Menyembuhkan Luka

Lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengobati luka luar, luka bakar, dan luka akibat gigitan serangga. Bagian gel di dalam lidah buaya mampu membangun jaringan baru pada jaringan kulit yang terluka.

Membantu Mencegah Peradangan pada Kulit Kepala

Lidah buaya mampu melakukan pencegahan terhadap peradangan kulit kepala terlebih bagi anda yang memiliki kulit kepala yang sensitif. Kandungan enzim analesgic anti-inflammatic dan bradykinase dan asam salisilat dalam lidah buaya secara aktif dapat melindungi kulit kepala dari iritasi dan gatal-gatal.

Membantu Menghilangkan Gatal di Kulit Kepala

Gatal di kulit kepala kerap kali dirasakan oleh setiap orang. Penyebab utamanya adalah debu, polusi, dan bakteri yang tercampur akibat panasnya matahari ketika beraktivitas di luar rumah. Gatal pada kulit kepala disebut dengan pruritus. Salah satu enzim yang berada pada gel lidah buaya sangat ampuh dalam mengatasi persoalan gatal di kulit kepala. Karenannya sangat disarankan agar memanfaatkan tanaman ini untuk segala permasalahan terhadap kulit kepala termasuk gatal.

Melebatkan Rambut

Sebagian besar masyarakat tentu telah mengetahui bahwa salah satu manfaat lidah buaya yaitu dapat membantu melebatkan rambut. Lidah buaya mempunyai kandungan enzim yang dapat menyingkirkan sel kulit mati yang berpotensi menghambat kembang tumbuhnya rambut. Disamping itu alkalisasi yang ada pada lidah buaya mampu menjadikan kadar pH pada rambut menjadi normal dan lebih baik. Hal ini memicu pertumbuhan rambut menjadi lebih lebat dari sebelumnya.

Mengatasi Kulit Kepala Berketombe

Manfaat lidah buaya selanjutnya yang tak kalah menarik adalah kemampuannya dalam membantu menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Untuk mendapatkan manfaat ini, caranya pun cukup sederhana. Oleskan gel lidah buaya pada kulit kepala yang berketombe. Pijat gel ke kulit kepala secara merata. Biarkan selama sekitar 45 menit sampai satu jam, setelah itu anda bisa keramas dengan air dingin. Namun jangan menggunakan sampo.

manfaat lidah buaya untuk rambut

manfaat lidah buaya untuk rambut, sumber gambar: Livinghours

Membantu Mencegah Kerontokan Rambut

Lidah buaya juga mampu mencegah kerontokan pada rambut dengan mengoleskan gel pada rambut hingga kulit kepala. Kandungan protein di dalamnya sangat baik bagi kesehatan rambut untuk mencegah kerontokan terhadapnya.

Membantu Menjaga Kelembapan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang sangat banyak, salah satunya adalah menjaga kelembapan rambut. Hal ini diperantarai oleh gel pada lidah buaya yang mampu membantu melembabkan rambut yang kering. Cara penggunaannya sangatlah mudah yakni dengan mengoleskan gel lidah buaya pada rambut yang kering.

Memberi Nutrisi pada Kulit Kepala

Pada tanaman lidah buaya terdapat gel yang teksturnya bersifat mudah diserap oleh kulit kepala. Di dalam gel lidah buaya terdapat berbagai kandungan penting yang mampu mencukupi keterbutuhan nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

Sebagian manfaat lidah buaya memang masih membutuhkan pembuktian ilmiah lebih lanjut, namun demikian penggunaannya tergolong aman dan jarang menimbulkan bahaya.

Selain dari beberapa manfaat utama di atas, terdapat juga beberapa manfaat lidah buaya lainnya. Beberapa diantaranya ialah :

  1. Membantu mencegah penuaan dini.
  2. Membantu menghilangkan jerawat.
  3. Membantu menghilangkan flek pada wajah.
  4. Membantu menjaga kelembapan pada wajah.
  5. Sebagai pembersih make up / riasan wajah.
  6. Membantu menjaga kelembapan kulit.
  7. Mengobati diabetes.
  8. Menurunkan kolesterol.
  9. Mengobati sembelit.
  10. Ruam dan Iritasi Kulit.
  11. meringankan radang gusi.
  12. Menunda proses penuaan.
  13. Meredakan mual.
  14. Meringankan nyeri haid.
  15. Meredakan nyeri sendi dan otot.

Seberapa banyak lidah buaya yang bisa dikonsumsi?

Agar mendapatkan manfaat lidah buaya dengan optimal, maka kadar penggunaannya juga harus tepat. Berikut ini adalah dosis penggunaan lidah buaya berdasarkan pada penelitian ilmiah dan publikasi.

  • Untuk sembelit gunakan 100-200 miligram lidah buaya setiap hari.
  • Untuk kolesterol tinggi, gunakan 300 miligram dua kali sehari selama dua bulan.
  • Untuk penyakit radang usus, gunakan 100 mililiter dua kali sehari selama empat minggu.
  • Untuk penggunaan luar tergolong bebas.

Sebelum mengonsumsi lidah buaya, konsultasikan dengan dokter jika Anda menggunakan obat berikut:

  • Obat diabetes
  • Sevoflurane (Ultane)
  • Pencahar stimulan
  • Warfarin (Coumadin)
  • Obat diuretik (pil air)

Demikian beberapa penjelasan serta penjabaran mengenai manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan juga penampilan. Pemanfaatan tanaman lidah buaya merupakan salah satu cara alami dalam mengatasi beberapa masalah atau keluhan di atas. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer