Manfaat Teh Hijau dan Kandungannya, Terbukti Ilmiah!

Teh merupakan minuman yang telah biasa dinikmati oleh banyak orang. Kesegarannya mampu membangkitkan kembali stamina tubuh dalam menjalani aktifitas harian. Teh juga sangat beragam macamnya, misal teh hitam, teh hijau, dan jenis teh lainnya. Namun, pada kesempatan kali ini penulisan hanya terfokus pada pembahasan mengenai manfaat teh hijau untuk kesehatan.

Di tengah-tengah masyarakat kita saat ini, teh bukanlah suatu minuman yang asing, sehingga setiap orang pasti mengetahui apa itu teh dan bagaimana rasanya. Banyak diantara kita hanya sebatas menikmati sensasi rasa yang nikmat tanpa mengetahui kandungan yang berada di dalamnya. Di samping rasanya yang nikmat ternyata teh hijau mampu memberikan manfaat yang banyak bagi kesehatan tubuh kita.

manfaat teh hijau

Beberapa manfaat teh hijau seperti memperlancar proses pencernaan, metabolisme, meningkatkan daya tahan dan selengkapnya akan di bahas kemudian.

Teh hijau atau Camellia Sinensis merupakan jenis tumbuhan teh yang dapat di tanam pada daerah tropis ataupun subtropis. Tumbuhan ini berasal dari daratan Asia Selatan dan Asia Tenggara. Tetapi saat ini keberadaan tumbuhan teh hijau sudah menyebar di seluruh Indonesia bahkan menjadi penghasilan untuk para petani teh.

Tumbuhan teh hijau berkarakteristik memiliki batang kecil dan akar tunggang yang kuat. Saat pemetikan daun teh telah dilakukan, langkah selanjutnya adalah proses pengolahan untuk memperoleh tingkat oksidasi yang berbeda. Setelah daun teh di keringkan dan selesai diproses, maka dapat dinikmati dengan menyeduhnya menggunkan air hangat. Selain untuk produk kecantikan, teh hijau ini sangatlah baik untuk dijadikan sebuah alternatif dalam menjaga kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Teh Hijau

Teh merupakan salah satu jenis minuman yang mengandung kafein, sama halnya dengan minuman kopi. Menurut beberapa penelitian menyatakan bahwa ketika kita meminum teh hijau, maka terjadi korelasi yang tinggi dalam tubuh untuk mencegah berbagai macam penyakit. Salah satunya ialah dapat mencegah penyakit ganas, yaitu kanker kulit, kanker paru-paru, kanker kandung kemih, dan sebagainya.

Berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dapat dipenuhi dengan meminum secangkir teh hijau sambil menemani waktu santai anda. Berikut ini akan dipaparkan kembali mengenai kandungan apa saja yang terdapat pada teh hijau. Silahkan baca sajian informasi mengenai kandungan nutrisi pada teh hijau di bawah ini:

Tanin (Katekin)

Tanin memberikan teh hijau rasa yang khas. Zat inilah yang membuat teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antibakteri, dan juga bertindak sebagai detoxicants.

Kafein

Unsur pahit. Di samping sebagai stimulan, kafein dalam teh hijau juga bermanfaat untuk menghilangkan stres.

Vitamin B

Teh hijau mengandung B1, B2, niasin, dan asam pantotenat. Vitamin B membantu metabolisme karbohidrat. Vitamin B juga mempromosikan sekresi cairan pencernaan dan melindungi membran mukosa.

Vitamin C

Teh hijau mengandung sejumlah besar vitamin C, yang tahan terhadap panas. Lima atau enam cangkir teh hijau sehari memberikan tubuh semua vitamin C yang dibutuhkan. Vitamin C juga mencegah pembentukan melanin, menghambat oksidasi, dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit.

Vitamin E

Teh hijau mengandung senyawa kimia yang disebut tokoferol (lebih dikenal sebagai Vitamin E), yang dianggap memiliki sifat anti-penuaan.

Theanine

Asam amino yang menghasilkan rasa umami. Semakin baik teh, semakin banyak theanine yang dikandungnya.

Pigmen tumbuhan

Teh hijau mengandung klorofil hijau dan senyawa flavon kuning.

Alkalinitas

Teh hijau mengandung kalium, kalsium, seng, nikel, dan molibdenum.

Saponin

Sebuah bahan khusus dalam teh hijau yang memiliki sifat anti-inflamasi.


Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan yang Terbukti Ilmiah
 

Sejak dahulu teh selalu dikonsumsi oleh orang tua ataupun muda untuk sebuah minuman yang dihidangkan saat sedang santai atau saat kondisi apapun. Ternyata minuman teh selain memberikan rasa kesegaran ketika di minum juga mampu memberikan dampak positif mengenai kesehatan pada tubuh.

Selain memiliki aroma yang khas dan rasa yang nikmat, teh juga dapat dipercaya untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Karena kandungan yang larut pada teh salah satunya adalah mampu membantu proses pertumbuhan, sehingga didapati kekebalan tubuh akan meningkat. Berikut ini akan dijelaskan lagi secara mendalam mengenai apa saja manfaat teh hijau untuk membantu dalam menjaga kesehatan kita:

1. Teh Hijau Sebagai Obat Herpes

Herpes merupakan salah satu gangguan penyakit kulit yang dapat menimbulkan rasa gatal. Penyakit ini dapat ditangani secara efektif dengan menggunakan daun teh hijau yang segar. Langkah awal yang harus dilakukan adalah campurkan daun teh hijau dengan air hangat secukupnya. Kemudian kompreskan dengan menggunakan kain pada bagian kulit yang terserang herpes. Lakukan secara rutin dan terus-menerus untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan sampai penyakit ini hilang.

Baca juga: Obat Herpes Kulit (Zoster), Bibir dan Kelamin (Simplex)

2. Dapat Mengatasi Flu

Seseorang sangat rentan sekali terkena flu ketika daya tahan tubuh turun atau kurangnya tingkat kekebalan pada tubuh. Seduhan hangat air teh hijau dapat membantu proses mekanisme pertahanan tubuh yang sedang turun. Dengan meminum teh ini vitamin C turut larut dalam membangun sistem imun. Sehingga dapat meredakan gejala flu saat datang tiba melanda.

Baca juga: Mengobati Flu, Batuk Pilek Secara Tradisional dan Manjur

3. Menetralisir Racun Dalam Tubuh Saat Keracunan Makanan

Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri yang sangat berbahaya serta tidak diperlukan oleh tubuh untuk suatu proses pencernaan. Teh hijau ini mengandung suatu senyawa yang biasanya dikenal dengan sebutan senyawa katekin. Senyawa tersebut mampu membasmi zat-zat berracun yang tercampur pada makanan tidak sehat.

4. Teh Hijau Mampu Mencegah Penyakit Diabetes

Diabetes merupakan suatu penyakit yang di derita akibat kelebihan zat glukosa dalam tubuh. Hal ini dapat ditangani dengan obat-obatan herbal seperti teh hijau yang dapat dinikmati dalam bentuk minuman menyehatkan. Mengonsumsi teh hijau ini mampu mengurangi tingginya tingkat kadar gula dalam tubuh. Menikmatinya secara rutin dapat menetralisir glukosa dalam darah dan menyeimbangkan proses metabolisme yang akan terjadi.

5. Dapat Menurunkan Tingkat Kolesterol

Berbicara mengenai kolesterol tentunya memiliki karakteristik tersendiri, yaitu kolesterol dengan jumlah banyak yang dapat mengganggu kesehatan dan kolesterol dengan jumlah cukup yang dibutuhkan juga oleh tubuh. Meminum teh hijau ini dapat menurunkan atau menstabilkan kadar kolesterol yang berbahaya dalam tubuh untuk kesehatan.

6. Teh Hijau Dapat Mengatasi Kerusakan Hati

Kerusakan hati haruslah segera ditangani untuk menjaga kembali proses metabolisme agar kesehatan selalu tetap terjamin. Teh hijau ini dapat melemahkan transplatansi pada seseorang yang pernah mengalami gagal ginjal. Berdasarkan penelitian juga bahwa teh hijau dapat menghancurkan zat-zat atau radikal bebas berbahaya dalam hati.

7. Teh Hijau Dapat Mencegah Alzheimer

Suatu penyakit serius yang menyerang pada bagian otak dan menimbulkan efek sulit untuk mengingat atau melemahnya daya konsentrasi. Penyakit ini disebabkan oleh rusaknya sel-sel yang berada pada otak, sehingga otak nampak mengalami pengerutan dan mengecil. Dengan keadaan seperti itu fungsi kerja otak tidak dapat bekerja secara maksimal. Untuk meminimalisir terjadinya penyakit ini maka dapat menggunakan ramuan herbal teh hijau yang kaya akan kandungan gizi.

8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Menjaga sistem kekebalan tubuh sangatlah penting untuk terus dilakukan setiap saat agar tubuh selalu sehat. Dalam teh hijau juga mengandung antioksidan yang lebih dikenal dengan sebutan flavonoid. Antioksidan ini bekerja sama dalam tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan agar tidak rentan akan serangan virus dan bakteri jahat yang dapat menginfeksi.

Selain dengan mengonsumsi buah kebutuhan nutrisi dalam tubuh juga dapat dipenuhi dengan meminum teh hijau. Tubuh selalu membutuhkan berbagai asupan gizi untuk proses pencernaan, metabolisme, dan sebagainya. Sangat disarankan untuk anda yang menginginkan selalu kebugaran dan kesehatan badan untuk selalu rutin memanfaatkan teh hijau sebagai ramuan herbal. Selain memberi kesegaran rasa tersendiri teh hijau juga mampu membangun sel-sel yang telah rusak, sehingga dapat memulihkan kembali fungsi kerjanya.

Teh hijau merupakan minuman sehat yang dari segi prosesnya teh ini hanya dikukus. Jadi kandungan senyawa antioksidan tetap selalu ada ketika teh hijau dimanfaatkan untuk minuman hangat sehari-hari. Demikianlah pembahasan mengenai manfaat dari teh hijau untuk menjaga kesehatan. Semoga informasi ini dapat membantu dan memberikan manfaat bagi para pembacanya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer