Obat Eksim Herbal yang Ampuh, 100% Alami

Bagi yang memiliki penyakit eksim pada kulit, tak perlu selalu mengandalkan obat-obatan kimiawi dari apotik. Ada banyak bahan herbal yang bisa dijadikan sebagai obat eksim untuk mengatasi berbagai keluhan seperti gatal, kulit kering, kemerahan, dan sebagainya.

Eksim dikenal sebagai eczema dalam dunia medis diartikan sebagai peradangan kulit secara umum. Ada banyak jenis eksim, namun yang paling populer di kalangan masyarakat indonesia adalah eksim basah dan eksim kering. Keduanya memiliki sifat yang berbeda sehingga penanganannya secara medis pun sedikit berbeda.

obat eksim alami

Keduanya menimbulkan keluhan gatal-gatal yang hebat, kulit menjadi kering, bersisik, menebal dan hitam pada eksim kering, dan kemerahan serta berair pada eksim basah.

Untuk pengobatan eksim, selain menggunakan obat-obatan yang diresepkan dokter, beberapa bahan alami juga cukup ampuh untuk mengurangi gejala yang timbul dan membantu kulit memulihkan kondisinya. Penggunaan obat eksim herbal alami juga cukup memudahkan penderita, karena lebih mudah didapat dan diterapkan di rumah.

Obat eksim herbal yang terbukti manjur diantaranya:

1. Kunyit

Banyak studi penelitian telah membuktikan bahwa bahan bumbu dapur satu ini dapat mengurangi peradangan pada kulit, termasuk eksim. Antioksidan yang ditemukan dalam kunyit terbukti dapat menetralisir radikal bebas dan menenangkan proses peradangan yang terjadi sehingga dapat mempercepat penyembuhan.

Cara mendapatkan manfaat sehat kunyit untuk kulit cukup dengan rutin mengonsumsinya satu sendok teh setiap hari. Umumnya bahan ini juga ditambahkan langsung ke dalam lauk pauk atau sayuran yang dimasak. Mengonsumsinya dalam bentuk sari kunyit juga bisa dilakukan.

Cara lain yang lebih mudah yaitu membuat pasta dari kunyit. Cukup sediakan beberapa potong kunyit segar lalu haluskan dan tambahkan sedikit air hangat hingga membentuk pasta. Oleskan langsung pada kulit yang terkena eksim, biarkan sekitar 3 jam lalu bilas dengan air bersih.

2. Cuka Apel

Sari cuka apel sudah lama dikenal untuk meredakan radang serta luka bakar pada kulit. Kemampuannya sebagai desinfektan alami dan kandungan vitamin C nya sangat baik untuk memulihkan kulit.

Cara menggunakannya cukup dengan menyelupkan bola kapas pada sari cuka apel kemudian oleskan pada daerah kulit yang terkena eksim. Jika eksimnya menyebar luas, seperti dipunggung misalnya, bisa juga menggunakan handuk kecil yang dicelupkan ke sari cuka apel kemudian di kompreskan ke area kulit yang terkena eksim.

Catatan: Jangan menggunakan obat herbal eksim ini untuk kulit yang sudah lecet dan berdarah, karena cuka apel akan menyebabkan rasa perih pada kulit.

3. Minyak Zaitun

Minyak alami yang memiliki banyak manfaat ini dikenal dengan kandungan asam lemak omega-3 nya yang dapat mengurangi peradangan. Penggunaan langsung dengan mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun hangat pada kulit yang terkena eksim akan segera melunakkan bercak dan sisik yang timbul.

Jika eksim terjadi di kulit kepala, cobalah mengaplikasikan minyak zaitun pada kepala sebelum keramas, cara ini dapat menghilangkan kulit kering pada lapisan kulit kepala. Menambahkan minyak zaitun pada makanan juga bisa jadi pilihan untuk mengobati kondisi kulit dari dalam.

4. Biji Rami/Flaxseed

Biji rami merupakan salah satu bahan alami yang ampuh sebagai obat eksim herbal, ini karena kandungan omega-3 nya yang tinggi. Selain itu, biji rami juga dapat membantu mengurangi zat asam arakidonat dalam tubuh yang fungsinya menyebabkan peradangan.

Untuk mendapatkan khasiatnya, goreng beberapa sendok makan biji rami, kemudian bisa ditambahkan pada outmeal, salad atau smoothies. Selain dalam bentuk biji, minyak biji rami juga bisa ditambahkan langsung pada makanan agar lebih mudah.

5. Tea Tree Oil

Bahan herbal lainnya yang dapat digunakan sebagai obat eksim alami adalah tea tree oil, minyak alami dari pohon teh ini sangat ampuh mengatasi kulit kering dan gatal akibat eksim. Larutkan minyak alami ini dengan sedikit minyak zaitun, kemudian aplikasikan pada kulit kering dan gatal akibat eksim, tea tree oil sangat ampuh terutama untuk kasus eksim kulit yang ringan.

6. Lidah Buaya

Gel lidah buaya kaya akan senyawa anti-inflamasi dan zat lain yang dapat memberikan sensasi dingin dan mengurangi rasa gatal pada kulit. Ada baiknya untuk menanam tanaman ini di pekarangan rumah jika Anda mengalami eksim, sehingga lebih mudah mendapatkan bahan alami ini.

Cara penggunaan lidah buaya sebagai obat eksim alami juga sangat mudah, ambil gel lidah buaya dari daunnya, kemudian oleskan pada kulit yang gatal, bersisik dan memerah akibat eksim, dan rasakan efek dingin dan menenangkannya pada kulit.

7. Baking Soda

Baking soda atau natrium bikarbonat merupakan bahan dapur yang sering digunakan untuk membuat kue dan roti ini ternyata bisa juga digunakan sebagai obat eksim yang ampuh. Senyawa yang termasuk kelompok garam bersifat basa ini dapat menjadi penetral asam.

Untuk meringankan gejala gatal pada eksim, campurkan 1 1/2 cangkir baking soda dengan 10 liter air. Rendam kain atau handuk lembut kedalam larutan baking soda tadi kemudian oleskan pada kulit eksim yang meluas seperti pada punggung dan lengan. Cara ini dapat dengan cepat menghalau gatal akibat eksim.

8. Minyak Ikan

Sejumlah penelitian menemukan hubungan asam lemak omega-3 dalam minyak ikan dengan perbaikan kulit akibat eksim dan psoriasis bila diminum dalam dosis tinggi, sekitar 3 sampai 10 gram per hari. Sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen minyak ikan ini dalam dosisi tinggi, untuk menghindari kelebihan penggunaan atau interaksi dengan obat yang mungkin sedang Anda konsumsi.

Selain itu, perbanyak konsumsi omega-3 yang bersumber dari minyak zaitun, biji rami, kacang-kacangan, dan ikan berlemak sangat dianjurkan untuk pemulihan kulit akibat eksim. Setidakanya tambahkan beberapa porsi ikan berlemak pada menu makanan Anda perminggunya.

9.  Mandi dengan Minyak Esensial

Mandi dengan sabun yang keras dapat membuat eksim jadi lebih kering. Sebagai gantinya cobalah untuk mandi dengan tambahan minyak esensial seperti minyak zaitun, lavender atau dengan tambahan mineral seperti garam inggris. Cara ini cukup ampuh untuk mengurangi kering, gatal dan melepuh pada kulit akibat eksim.

Mencampurkan 2 sendok teh minyak zaitun dengan segelas susu murni dan tambahkan ke dalam bak mandi Anda. Cara ini dapat membuat kulit lebih lembut dan menenangkan rasa gatal. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan garam inggris yang kaya magnesium kedalam bak mandi Anda untuk mengurangi gatal dan pengelupasan kulit.

10. Mentega Putih atau Vegetable Shortening

Bahan yang bisa digunakan untuk membuat pastri ini merupakan lemak yang berbentuk solid pada suhu ruangan, ada yang dari lemak hewan dan sayuran, gunakan yang murni dari sayuran sebagai obat eksim herbal. Bahan yang lembut dan berminyak ini sangat baik untuk kulit kering, retak-retak dan mengelupas akibat eksim. Bahan ini juga sudah cukup banyak dijual di pasaran.

Cara menggunakannya cukup simpel, cukup balurkan lemak sayur/shortening ini ke area kulit yang kering dan mengelupas kemudian lapisi bagian kulit tadi dengan plastik bersih. Biarkan kulit dalam kondisi ini selama 2-4 jam agar bahan ini meresap dan membuat kulit menjadi lebih lembut. Ulangi proses ini setiap hari hingga radang, dan gatal di kulit akibat eksim mereda.

Ingat! Tidak ada jaminan hasil dalam menggunakan obat eksim alami di atas, mengingat data riset yang masih terbatas. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba, selagi tidak menimbulkan efek samping.

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer