10 Obat Herbal Kista Ovarium Sesuai Anjuran Dokter

Berbicara tentang pengobatan kista, maka yang umum diketahui adalah melalui jalan operasi. Padahal, kita juga bisa menggunakan obat herbal kista sebagai langkah awal dalam mengobati kista ovarium. Meski efektifitasnya masih dipertanyakan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, selagi pengobatan ini tidak ada efek sampingnya.

obat herbal kista ovarium

Benarkah Anda membutuhkan obat kista?

Sebelum melakukan pengobatan apapun, maka diagnosis atau penyakit pastinya sudah harus diketahui. Bahkan tidak hanya penyakitnya, melainkan juga derajat berat ringannya, jenis, dan kondisi fisik secara umum.

Jika dari hasil pemeriksaan kondisi kista sudah parah atau bahkan ganas, maka sebaiknya ikuti saran dokter. Pengobatan herbal atau alami yang ada disini bersifat melengkapi, dan terapkanlah ketika dokter menyetujuinya.

Lain halnya jika kista Anda masih ringan-ringan saja, ukurannya kecil, dan termasuk kista yang jinak, maka obat herbal kista di bawah ini bisa Anda terapkan. Pengobatan ini akan meringankan gejala-gejala atau keluhan yang dialami akibat kista.

Pada beberapa kasus, kista ovarium dapat menyebabkan berbagai keluhan, meskipun sebagain lainnya tidak merasakan gejala atau gangguan apapun sehingga mereka bahkan tidak tahu kalau ada kista dalam tubuhnya.

Adapun gejala kista ovarium diantaranya:

  • Perut bengkak.
  • Sakit perut khususnya bagian bawah.
  • Haid tidak teratur.
  • Nyeri pinggul sebelum atau selama menstruasi.
  • Sakit ketika berhubungan intim.
  • Nyeri punggung bawah atau paha.
  • Tekanan pada rektum atau kandung kemih.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Beberapa jenis kista ovarium juga dapat menyebabkan infertilitas.

Pada kebanyakan kasus, kista ovarium bisa hilang dengan sendirinya setelah beberapa bulan. Namun kalau penyakit ini menimbulkan ketidaknyamanan, maka Anda bisa menggunakan obat herbal kista untuk meredakan gejala sekaligus mengecilkan ukurannya.

Berikut beberapa obat herbal kista yang bisa Anda terapkan:

1. Kompres panas

Suhu panas sangat efektif untuk meredakan nyeri atau kram di perut akibat kista ovarium. Anda tinggal mengompres bagian yang sakit selama 15 menit hingga nyerinya reda.

2. Minyak kastor

Minyak kastor atau jarak dapat membersihkan tubuh dari toksin maupun jaringan berlebih. Selain itu, minyak ini juga merangsang limfatik dan sistem sirkulasi sehingga bisa memperkecil ukuran kista.

Cara menggunakan obat herbal kista ini adalah sebagai berikut:

  • Lipat kain flanel besar menjadi 2-3 lapis. Pastikan kainnya cukup lebar untuk menutupi semua bagian perut.
  • Basahi kain dengan 2 sdm minyak kastor.
  • Berbaringlah di atas handuk lalu letakkan kain flanel di atas perut.
  • Lapisi kain dengan plastik dan handuk.
  • Lalu letakkan botol atau kompres air panas di atas handuk, dan selimuti badan.
  • Bertahanlah dalam posisi ini selama minimal 30 menit. Ulangi hingga 3 kali seminggu selama 3 bulan.

Untuk menyeka minyak kastor dari kulit, gunakan campuran 3 sdm baking soda dan 4 cangkir air. Hal penting yang perlu diperhatikan adalah metode ini tidak boleh dilakukan selama haid atau pasca ovulasi (bila sedang berusaha hamil).

3. Berendam dalam air garam Epsom

Garam Epsom juga ampuh meredakan sakit dan gejala lain akibat penyakit kista ovarium. Alasannya karena garam ini mengandung magnesium sulfat yang dapat merilekskan otot.

Anda cukup menuang 1 cangkir garam Epsom ke dalam bak berisi air hangat. Tambahkan 5-10 tetes minyak esensial apakah itu lavender, mawar, atau jasmine. Aduk hingga garam dan minyak tercampur rata dalam air, lalu rendam tubuh di dalamnya selama 20-30 menit. Lakukan sekali setiap harinya.

4. Teh chamomile

Teh herbal seperti chamomile dapat meredakan nyeri berkat efek sedaktifnya yang ringan. Selain itu, teh ini juga bisa melancarkan peredaran darah ke area panggul dan rahim sehingga datang bulan lebih lancar.

Untuk membuat teh chamomile, Anda bisa memasukkan 2 sdm chamomile kering ke dalam secangkir air panas. Diamkan selama 5 menit sebelum disaring, lalu tambahkan 1 sdt madu. Minumlah teh ini 2-3 cangkir setiap hari hingga sembuh.

5. Cuka apel

Cuka apel dapat mengecilkan dan melenyapkan kista ovarium yang salah satunya disebabkan oleh defisiensi potasium. Cara mengonsumsi obat herbal kista satu ini sangatlah mudah, tinggal tuang 1 sdm cuka apel ke dalam segelas air hangat, tambahkan 1 sdm blackstrap molasses (dapat dibeli secara online), lalu minum 1-2 gelas setiap hari. Lakukan hingga kistanya hilang. Selain dapat mengurangi volume darah haid, resep ini juga efektif untuk mengatasi gejala haid lainnya seperti nyeri dan  bengkak.

6. Akar bit

Akar bit mengandung komponen betasianin yang bisa mendongkrak kemampuan organ hati untuk mengeluarkan toksin dari tubuh. Selain itu, sifat alkalinya bisa menyeimbangkan tingkat keasaman dalam tubuh.

Cara menggunakan obat herbal kista ini adalah dengan mencampurkan ½ cangkir jus akar bit segar dengan 1 sdm gel aloe vera dan 1 sdm blackstrap molasses. Minum larutan ini sekali sehari sebelum sarapan, lakukan hingga gejalanya berkurang.

7. Jus jahe

Jahe merupakan bahan herbal yang memiliki sifat antiradang kuat sehingga ampuh untuk meredakan radang dan nyeri. Selain itu, jahe juga bisa meningkatkan suhu tubuh sehingga haid jadi lebih lancar.

Untuk membuat jus jahe, campur jahe 2 buah jahe (berukuran 2,5 cm), 2 batang seledri, ½ gelas jus apel, dan ¾ nanas dalam blender. Minum jus ini sekali sehari hingga kistanya hilang. Alternatif lain yang lebih mudah adalah dengan minum teh jahe 2-3 cangkir setiap hari.

8. Flaxseed

Flaxseed atau biji rami (dapat dibeli online) dapat menyeimbangkan kadar estrogen dan progesteron dalam tubuh sehingga menurunkan risiko kista. Selain itu, biji mungil ini juga tinggi serat sehingga dapat membantu tubuh menurunkan kolesterol dan mengeluarkan racun dari tubuh.

Anda tinggal mencampur 1 sdm flaxseed ke dalam segelas air hangat. Minum setiap hari saat perut kosong hingga tubuh membaik. Cara lain adalah dengan menambahkan flaxseed ke dalam makanan.

9. Almond

Kacang yang sarat dengan kandungan magnesiumnya ini dapat mengurangi kram akibat kista ovarium. Anda tinggal menggunakan kacang almond panggang sebagai cemilan, atau memijatkan minyaknya ke perut.

Agar hasilnya lebih maksimal, campur beberapa tetes minyak esensial jasmine ke dalam 1 sdm minyak almond, lalu pakai itu untuk memijat perut. Alternatif lain adalah dengan menambahkan 1 sdt minyak almond ke dalam segelas susu, minum sekali setiap hari.

10. Air putih

Saat menderita penyakit kista ovarium, penting sekali bagi Anda untuk meningkatkan asupan air putih. Anda dapat menambahkan perasan lemon sebelum mengonsumsinya. Biarkan air membersihkan tubuh dari toksin berbahaya.

Selain air putih, minuman sehat lain yang bisa jadi obat herbal kista adalah air kelapa dan jus sayuran hijau. Sementara ini, hindari kopi, soda, serta minuman beralkohol.

Peringatan!!

Andaikan gejala kista ovarium semakin parah sehingga Anda merasakan sakit pinggul yang parah, demam, sakit kepala, nafas cepat, maupun nyeri vagina disertai pendarahan, maka segera periksakan diri ke dokter. Gejala tersebut merupakan tanda kalau kistanya pecah atau ovarium terpelintir, kondisi yang bisa menimbulkan masalah kesehatan serius bila tak segera diatasi. Ketahui lebih jauh mengenai tanda bahayanya disini: Tanda Bahaya Kista Ovarium yang Mengharuskan Anda Ke Dokter

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer