Obat Katarak Alami yang Mudah Dibuat Tanpa Perlu Operasi

Operasi merupakan cara paling umum yang dilakukan untuk mengatasi katarak yang sudah parah. Namun, sebenarnya ada beberapa obat katarak alami yang ampuh untuk mengurangi gejalanya, terutama untuk fase awal munculnya katarak.

obat katarak alami

Katarak adalah penyakit mata yang ditandai dengan lensa berkabut atau keruh sehingga membuat penglihatan tidak berfungsi dengan baik. Kondisi yang parah dari katarak bisa menyebabkan kebutaan dan cacat penglihatan permanen.

Untuk itu pencegahan sebaiknya dilakukan sedini mungkin agar terhindar dari bahaya katarak. Meskipun sebagian kasus katarak terjadi karena proses penuaan, tidak ada salahnya untuk mulai menjaga kesehatan mata sejak muda agar tidak perlu mengalaminya saat tua nanti.

Menggunakan bahan-bahan herbal yang aman untuk obat katarak alami serta menerapkan pola hidup sehat bisa jadi pilihan untuk menghindari operasi dikemudian hari.

Benarkah Anda membutuhkan obat katarak?

Timbulnya keburaman atau berkabut di lensa mata akan membuat penderitanya sulit untuk melihat dengan jelas dan fokus, penglihatan akan kabur, sulit untuk melihat malam hari, munculnya pendaran cahaya saat melihat, dan kesalahan persepsi warna. Kondisi ini biasanya terjadi secara bertahap, jika tidak diobati hal itu dapat secara serius mengganggu penglihatan.

Lebih lanjut baca: Kenali Ciri-Ciri dan Gejala Mata Katarak Sedari Awal

Diperkirakan sekitar 20 juta kasus kebutaan di seluruh dunia disebabkan oleh katarak. Penyebab utama katarak adalah proses penuaan, namun ada faktor-faktor lain yang juga dapat menjadi pemicunya. Faktor pemicu katarak diantaranya: merokok, diabetes, konsumsi alkohol, sering terpapar sinar matahari secara langsung, faktor genetik, trauma, kekurangan vitamin.

Saat ini operasi katarak merupakan solusi yang sangat populer untuk menyembuhkan katarak, namun cara ini biasanya hanya bisa menjangkau orang-orang diperkotaan. Oleh karena itu, berbagai pengobatan herbal dan alami telah dikembangkan sepanjang sejarah untuk mengurangi atau menghentikan katarak.

( ! ) Pinsip obat katarak alami: makanan yang mengandung vitamin dan antioksidan terbukti berpengaruh besar pada kesembuhan katarak.

Obat katarak alami di sekitar Anda

Jika tidak memungkinkan untuk operasi, katarak juga bisa diatasi dengan pengobatan alami. Meskipun cara pengobatan alami ini ditujukan untuk pencegahan atau mengurangi keparahan gejalanya. Jadi tidak menghilangkan buramnya lensa mata yang sudah terlanjur terjadi.

Beberapa bahan alami untuk pengobatan katarak antara lain:

  • Bilberry
  • Pisang
  • Rumput gandum
  • Madu
  • Kacang almond
  • Wortel
  • Jahe dan lemon
  • Ginseng
  • Teh hijau
  • Pepaya

Penjelasan lengkap manfaat dan cara menggunakannya sebagai berikut:

1. Bilberry

Buah berwarna biru ini terkenal dengan kandungan antioksidannya yang kuat, itulah mengapa ia termasuk dalam daftar obat katarak alami. Seiring bertambahnya usia, stres oksidatif di berbagai bagian tubuh, termasuk mata, bisa melemahkan area ini dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan.

Antioksidan dalam bilberry dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas dan melindungi fungsi penglihatan mata secara keseluruhan.

2. Pisang

Untuk mengatasi katarak, salah satu antioksidan terpenting yang sebaiknya ditambahkan pada diet Anda adalah lutein. Enzim ini biasa ditemukan pada buah dan sayuran kuning dan oranye. Lutein pada pisang memiliki dampak langsung pada pembentukan dan ketebalan katarak.

Antioksidan pada pisang ini terbukti dapat memperbaiki kesehatan mata dan memperlambat pembentukan kabut lensa mata yang dapat menyebabkan katarak.

3. Rumput Gandum atau Wheatgrass

Penelitian terbaru telah menemukan khasiat rumput gandum dalam mengurangi gejala katarak. Hal inilah yang membuat tanaman satu ini menjadi makin populer sebagai obat katarak alami.

Rumput gandum telah lama dikenal mengandung nutrisi lengkap yang baik untuk kesehatan, kandungan fitonutrien dan antioksidan yang tinggi dinilai mampu membantu mengurangi bahkan mengobati gejala katarak.

4. Madu

Salah satu zat paling kaya nutrisi yang tersedia di alam untuk kita adalah madu. Madu sudah banyak digunakan untuk penyembuhan berbagai penyakit selama bertahun-tahun. Meskipun menggunakan madu di mata mungkin masih jarang diketahui orang, namun ternyata menggunakan madu murni dan meneteskannya sedikit ke mata akan membuat nutrisi dan antioksidannya langsung bekerja pada mata.

5. Kacang Almond

Selama beberapa generasi, kacang almond telah digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk mengobati masalah penglihatan. Anda bisa merendam kacang almond semalaman dan kemudian mengonsumsinya di pagi hari untuk hasil terbaik.

Almond adalah sumber asam lemak omega-3 yang kaya akan senyawa organik kuat yang dapat meningkatkan kesehatan dan mencegah peradangan dalam tubuh, yang dapat mengurangi perkembangan katarak.

6. Wortel

Wortel merupakan salah satu makanan paling terkenal untuk kesehatan mata. Warna oranye dari sayuran ini adalah indikator kuat dari jenis antioksidan yang dikandungnya. Dalam wortel terdapat lutein yaitu salah satu senyawa yang ampuh untuk meningkatkan kesehatan mata.

Sebagai karotenoid, lutein mampu mengurangi proses oksidatif di mata dan mencegah terbentuknya plak atau pengendapan protein. Wortel juga dapat membantu memperlambat timbulnya degenerasi makula serta menjaga kesehatan mata secara keseluruhan.

7. Teh Hijau

Seperti bahan-bahan alami sebelumnya, teh hijau kaya akan antioksidan sehingga dapat dijadikan obat katarak alami. Fitonutrien yang banyak terdapat pada teh hijau sangat efektif untuk memperlambat perkembangan katarak. Zat ini berfungsi untuk menetralisir radikal bebas dan memperlambat stres oksidatif di mata, karena itulah konsumsi teh hijau dapat membuat mata anda tetap muda dan terjaga fungsinya dengan baik selama bertahun-tahun.

8. Jahe dan Lemon

Apa yang banyak orang tidak menyadari adalah bahwa katarak bisa diatasi dengan berbagai antioksidan yang ditemukan pada bahan makanan yang cukup umum ditemui di rumah. Salahsatunya pada komposisi nutrisi jahe dan lemon, campuran ini merupakan obat katarak alami yang cukup ideal.

Anda bisa memberikan campuran jus jahe dengan sedikit jus lemon di mata Anda untuk meringankan gejala katarak. Sensasi awalnya mungkin memang tidak menyenangkan, tapi kahasiatnya dipercaya bisa membantu menghilangkan katarak.

9. Ginseng India/Ashwagandha

Bahan herbal ini dianggap sebagai obat penyembuh berbagai penyakit di India. Selain itu, ginseng india juga digunakan sebagai obat katarak alami yang ampuh. Hal ini karena kandungan antioksidan dan nutrisinya yang lengkap. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak bubuk akar ginseng india dapat memperlambat perkembangan katarak dan memperbaiki kesehatan penglihatan dalam jangka panjang.

10. Pepaya

Beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa pepaya memiliki manfaat yang sangat besar pada kesehatan manusia, hal ini karena konsentrasi papain yang tinggi pada pepaya. Kandungan enzim papain inilah  yang membantu mempercepat proses pencernaan protein.

Kabut pada lensa mata yang mengalami katarak terbentuk karena protein berlebih pada mata, sehingga menambahkan pepaya (papain) ke makanan sangat baik untuk mengurangi terjadinya katarak.

Tanpa perawatan, perkembangan katarak yang sudah parah bisa menyebabkan kebutaan. Jika Anda mengalami gejala-gejala awal katarak sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter mata untuk memeriksakan tingkat keparahannya. Pengobatan alami dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan atau pilihan pengobatan untuk katarak ringan sampai sedang.

Lihat sumber

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer