10 Obat Sakit Kepala Alami yang Ampuh Tanpa Efek Samping

Menggunakan obat sakit kepala alami lebih dianjurkan, terutama pada kasus sakit kepala yang ringan, daripada terus-menerus bergantung pada obat-obatan kimia yang justru dapat menimbulkan masalah baru. 

obat sakit kepala alami

Hidup terkadang dipenuhi dengan kesibukan dan tekanan yang tak jarang dapat memicu timbulnya sakit kepala. Atas nama kepraktisan, banyak orang menjadi tergantung pada obat-obatan kimia. Satu kebiasaan yang tak patut dipertahankan lantaran dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Sebenarnya, sakit kepala adalah indikator baik yang menunjukkan bahwa tubuh kehilangan atau membutuhkan sesuatu, seperti nutrisi, air atau tidur. Sakit kepala juga dapat menjadi pertanda dari kondisi serius yang mendasarinya, terlebih lagi bila telah berlangsung cukup lama atau disertai dengan gejala lain yang tak biasa.

Terlepas dari jenis sakit kepala yang dialami, ada baiknya untuk mengatasi sakit kepala yang melanda dengan cara-cara alami terlebih dahulu, seperti dengan menggunakan minyak esensial, menerapkan kompres dingin, mencoba akupunktur atau yoga dan beberapa cara lainnya. Bila tidak cukup ampuh atau rasa sakitnya telah begitu parah, maka segera periksakan diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

Berikut beberapa obat sakit kepala alami yang terbukti ampuh

1. Aplikasikan Minyak Esensial

minyak esensial untuk mengobati sakit kepala

Minyak esensial seperti minyak peppermint dan lavender menjadi pilihan obat sakit kepala alami yang cukup efektif, terutama pada kasus sakit kepala tegang. Senyawa aromatik yang terkandung didalamnya diketahui dapat menenangkan kontraksi otot dan menstimulasi peningkatan yang signifikan pada aliran darah. Gosokkan beberapa tetes minyak esensial tersebut pada dahi, pelipis juga leher belakang dan rasakan khasiatnya.

2. Tingkatkan Asupan Magnesium

makanan kaya magnesium dapat mengatasi sakit kepala

Dalam sejumlah penelitian disebutkan bahwa magnesium memiliki kemampuan dalam memblokir zat kimia penular rasa sakit di otak dan menghambat depresi penyebaran kortikal (cortical spreading depression, CSD) yang menyebabkan terjadinya perubahan visual dan sensorik pada saat sakit kepala menyerang, terutama migrain. Berkat kemampuannya tersebut, maka tak salah bila magnesium dapat dijadikan obat alami sakit kepala.

Oleh karena itu, tingkatkanlah asupan magnesium ke dalam tubuh ketika sakit kepala menyerang dengan mengonsumsi sumber terbaiknya seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran hijau, susu beserta produk olahannya. Sebagai alternatif dapat pula mengonsumsi suplemen. Untuk diketahui, batas aman konsumsi magnesium berkisar antara 200-600 mg/hari.

3. Terapkan Kompres Dingin

kompres dingin untuk mengobati sakit kepala

Menerapkan kompres dingin pada area leher atau kepala dapat membantu mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf dan menyempitkan pembuluh darah yang kesemuanya berpengaruh besar terhadap penurunan gejala sakit kepala yang dialami.

4. Cobalah Akupunktur

akupunktur untuk sakit kepala mediskus

Akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional Tiongkok yang bertujuan untuk menyelaraskan energi Qi di dalam tubuh dengan merangsang titik-titik tertentu pada tubuh. Praktek ini sendiri telah terbukti ampuh dalam membantu meredakan sakit kepala, mengurangi nyeri kronis dan beberapa manfaat kesehatan lainnya.

5. Minumlah Air Jahe

wedang jahe meredakan sakit kepala mediskus

Jahe lebih dari sekedar bumbu dapur. Didalamnya terkandung lebih dari 200 senyawa yang dapat bertindak sebagai anti-inflamasi, antioksidan, anti-mual dan antihistamin sehingga dapat mendukung kesehatan tubuh sekaligus membantu mengatasi masalah pencernaan, sakit kepala, nyeri otot dan sendi hingga diyakini sebagai salah satu makanan afrodisiak yang kuat.

6. Rileks dengan Yoga

Berlatih yoga di rumah atau di pusat latihan dengan arahan instruktur berpengalaman menjadi salah satu cara tepat dalam mengusir stres, meningkatkan fleksibilitas, mengurangi rasa sakit dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Berlatih secara rutin setidaknya selama 3 bulan terbukti dapat membantu mengurangi intensitas dan frekuensi sakit kepala.

7. Batasi Asupan Daging Olahan

Konsumsi daging olahan dalam kemasan seperti sosis, kornet, ham, bacon dan lainnya haruslah dibatasi. Pasalnya, jenis makanan ini umumnya mengandung pengawet makanan nitrat dan nitrit yang terbukti dapat memicu sakit kepala dengan menyebabkan perluasan pembuluh darah.

8. Lakukan Diet Eliminasi

Pada beberapa orang, intoleransi makanan dapat memicu terjadinya sakit kepala. Untuk menghindarinya, maka lakukanlah diet eliminasi dengan menghilangkan sejumlah makanan yang dicurigai sebagai pemicunya, misal seperti keju tua, minuman beralkohol, kopi, coklat, daging olahan dan berbagai makanan dengan pemanis atau pewarna buatan.

9. Cobalah Suplemen Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks adalah kelompok mikornutrien yang larut dalam air dan memegang banyak peranan penting dalam tubuh, seperti mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi dan sintesis neurotransmitter.Dalam hal sakit kepala, suplementasi vitamin B telah terbukti ampuh dalam meredakan sekaligus mencegah kedatangannya kembali.

Vitamin ini juga cukup aman dikonsumsi secara teratur karena larut dalam air dan setiap kelebihannya akan dikeluarkan melalui urine. Suplemen lain yang memiliki khasiat serupa adalah suplemen koenzim Q10.

Baca juga: Tanda-tanda Kekurangan Vitamin B yang Harus Diwaspadai

10. Berendam dengan Air Hangat

Berendam dengan air hangat tak hanya efektif untuk mengusir rasa lelah usai menjalani aktivitas seharian, namun efektif pula dalam membantu meredakan sakit kepala karena cara ini dapat meningkatkan sirkulasi darah. Tambahkan minyak esensial untuk memetik manfaat lebih.

Beberapa tips lainnya yang dapat diterapkan guna meredakan atau mencegah sakit kepala, yakni dengan memastikan tubuh tetap terhidrasi, tidur yang cukup dan berkualitas, menjauhi minuman beralkohol, rajin berolahraga serta menghindari beberapa benda atau makanan berbau tajam seperti parfum, asap rokok dan buah durian.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT

Baca juga