46 Resep Infused Water untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Seperti telah disebutkan dalam artikel sebelumnya, salah satu manfaat infused water adalah untuk membantu melangsingkan tubuh. Lantas, apa saja resep infused water untuk diet menurunkan berat badan yang perlu Anda coba?

Berbagai hasil studi mendapati minum air dalam waktu 10 menit saja sudah bisa meningkatkan jumlah kalori yang terbakar sebanyak 24-30%, dan efek pembakaran tersebut tetap berlanjut hingga 1 jam kemudian. Jika air putih biasa dapat memberikan dampak yang begitu luar biasa, maka betapa lebihnya lagi yang bisa disuguhkan oleh infused water.

resep infused water untuk diet

Resep Infused Water untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak bersama beberapa resep infused water yang bisa membantu menguruskan badan berikut:

  1. Lemon dan mint

Bicara soal resep infused water mana yang paling populer, lemon dicampur dengan mint-lah jawabannya. Antioksidan dalam kulit lemon dapat merangsang enzim dari liver untuk mengeliminasi toksin dari tubuh. Potensi lebih langsing dengan resep sederhana ini kian membesar karena mint sangat terkenal dengan kemampuannya dalam mengekang nafsu makan.

  1. Grapefruit dan mint

Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal Metabolism, mereka yang mengonsumsi grapefruit selama 6 minggu berturut-turut mendapati lingkar pinggangnya menyusut sebanyak 2,5 cm. Alasannya, grapefruit kaya akan phytochemical, sejenis komponen bioaktif yang bertugas membakar lemak.

  1. Apel, lemon, dan mint

Kalau bosan dengan rasa lemon dan mint yang begitu-begitu saja, coba tambahkan potongan apel yang merupakan salah satu dari 8 buah terbaik untuk diet. Andapun akan mendapatkan menfaat yang bertambah kuat.

  1. Semangka dan mint

Selain apel, semangka juga termasuk dalam deretan buah terbaik untuk melangsingkan karena dapat mengikat lipid sekaligus mengurangi timbunan lemak. Bonusnya, hasil studi dari Spanyol mendapati bahwa para atlet yang minum jus semangka pasca latihan mengalami sakit otot lebih sedikit ketimbang yang tidak.

  1. Goji, timun, dan mint

Walau keberadaannya tak selazim buah lainnya, namun goji berry memiliki efek melangsingkan yang bertahan hingga 4 jam lamanya setelah dikonsumsi. Setidaknya itulah pernyataan dari hasil studi yang dimuat dalam Journal of the American College of Nutrition.

  1. Jeruk, lemon, dan mint

Jeruk-jerukan kaya akan antioksidan jenis D-limonene yang biasa ditemukan pada bagian kulitnya. Selain dapat merangsang enzim liver seperti yang disebutkan di atas, jeruk juga bisa mendongkrak metabolisme.

  1. Kiwi, timun, dan mint

Kalau kiwi bertugas mengurangi kembung, konstipasi, serta meningkatkan kekebalan tubuh, maka lain halnya dengan timun yang tinggi vitamin C dan K. Jadi usai menenggak habis airnya, jangan lupa habiskan juga setiap iris kedua bahan tersebut.

  1. Lemon, seledri, dan timun

Tak ada mint, seledri pun jadi. Seledri tak hanya rendah kalori (hanya 6 kalori/ tangkai), namun juga dipadati vitamin A, B, C, dan K, serta folat dan potasium. Ini membuat seledri bagus untuk membuang air yang tertahan dalam tubuh dan juga mempercepat pemulihan otot.

  1. Strawberry, delima, dan mint

Biji delima mengandung 3 antioksidan polifenol seperti tanin, antosianin, dan asam ellagic. Kesemuanya tak hanya bisa melangsingkan tubuh, namun juga menangkal kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Semangka dan lemon

Jadikan resep infused water untuk diet menurunkan berat badan berikut sebagai salah satu minuman berenergi andalan Anda. Alasannya, semangka kaya akan asam amino L-citrulline, yang dapat membantu mengeluarkan asam laktat dari otot, sehingga mengurangi rasa sakit. Selain itu, efek penekan nafsu makan yang disuguhkan lemon bisa menjauhkan Anda dari junk food atau makan berlebih.

  1. Pisang, lemon, mangga, dan tomat

Meski kurang lazim, namun mencampurkan semua buah tersebut ke dalam air merupakan kombinasi resep infused water yang sangat cerdas. Pisang merupakan sumber serat prebiotik yang bagus untuk perkembangan bakteri baik dalam tubuh. Sementara lemon membersihkan tubuh dari toksin, mangga mengunggulkan dirinya dengan kandungan vitamin C, dan tomat dengan agen anti-kankernya.

  1. Kelapa dan kesemek

Kesemek kaya akan vitamin A, C, serat, dan mangan yang baik untuk metabolisme lemak dan protein. Dan secara tidak langsung, kombinasi keduanya bisa dijadikan resep infused water untuk diet menurunkan berat badan.

  1. Semangka dan lidah buaya

Saat dikombinasikan, keduanya bisa menyeimbangkan sistem pencernaan dan meregulasi hormon wanita sehingga kesuburan dipercaya juga meningkat karenanya.

  1. Raspberry dan lemon

Saat mengolaborasikan kedua buah tersebut, air putih biasa akan terasa lebih manis tanpa tambahan gula.

  1. Strawberry dan jeruk

Sementara strawberry membakar lemak, maka jeruk akan membersihkan tubuh dari toksin.

  1. Apel hijau dan mint

Sama seperti mint, apel hijau juga dapat menekan nafsu makan.

  1. Jeruk, lemon, dan jeruk nipis

Saat ke-3 jenis jeruk di atas bersatu (semuanya kaya D-limonene), maka bukan hanya efek anti-kanker saja yang dihasilkan, namun asam lambung juga menurun.

Selain 17 top di atas, resep infused water untuk diet menurunkan berat badan yang patut Anda coba lainnya adalah:

  1. Berry, kiwi, dan jeruk
  2. Raspberry, blueberry, dan mint
  3. Wortel, jeruk, serta apel hijau
  4. Nanas
  5. Lemon, timun, mint
  6. Buah naga
  7. Kiwi
  8. Jeruk nipis dan timun
  9. Jeruk nipis dan biji chia
  10. Berry, timun, jeruk
  11. Kiwi, lemon, pear
  12. Semangka, melon, oregano
  13. Nanas, strawberry, mint
  14. Lemon, strawberry, biji chia
  15. Apel, lemon, jeruk nipis
  16. Mangga dan jahe
  17. Grapefruit dan lemon
  18. Delima
  19. Wortel dan kesemek
  20. Raspberry dan strawberry
  21. Cranberry dan lemon
  22. Ara dan strawberry
  23. Cranberry, peach, blueberry
  24. Apel dan kayu manis
  25. Lemon, timun, mint, dan kayu manis
  26. Lemon, jeruk nipis, grapefruit
  27. Lemon, apel, ara
  28. Apel mandarin, mint, chia
  29. Strawberry, pear, blueberry, kiwi

Jadi, manakah resep infused water yang paling sering Anda buat di rumah? 

 

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer