Imunos obat apa?

Imunos adalah obat atau suplemen makanan yang digunakan untuk meningkatkan kerja sistem kekebalan tubuh (sistem imun). Suplemen ini merupakan kombinasi dari vitamin dan mineral serta bahan herbal yang diketahui bersifat antioksidan kuat, anti-inflamasi dan membantu kerja sistem imun.

Imunos umumnya digunakan sebagai suplemen tambahan untuk menstimulasi sistem imun yang sedang lemah selama pengobatan penyakit infeksi saluran pernapasan baik yang akut maupun yang kronis. Suplemen ini juga digunakan untuk membantu memulihkan kondisi sakit akibat infeksi lainnya. Suplemen vitamin dan mineral yang diproduksi oleh Lapi Laboratories ini tersedia dalam bentuk kaplet dan syrup. Selain itu terdapat juga varian lain dari Imunos yaitu Imunos Plus dengan tambahan komposisinya.

Ikhtisar Obat Imunos

Jenis obatVitamin dan mineral
KandunganEchinacea purpurea, zinc picolinate, selenium, natrium askorbat
KegunaanSuplemen untuk meningkatkan sistem imun
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanAman untuk ibu hamil asalkan digunakan sesuai dosis
SediaanImunos kaplet salut selaput 1100 mg, Imunos Syrup 60 ml.
imunos syrup suplemen untuk sistem imun

Imunos syrup suplemen untuk sistem imun

Mekanisme Kerja

Cara kerja suplemen Imunos dapat dilihat dari kandungan bahan aktifnya diantaranya yaitu:

  • Echinacea purpurea. Tanaman herbal yang banyak tumbuh di Pegunungan Rocky Amerika Serikat ini sudah sejak lama diketahui sebagai bahan obat, terutama digunakan untuk flu dan infeksi saluran pernapasan. Bahan herbal ini diketahui memiliki sifat anti inflamasi yang baik untuk meredakan iflamasi yang disebabkan oleh infeksi. Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa bahan ini juga dapat digunakan untuk menstimulasi sistem imun serta digunakan untuk membasmi beberapa jenis jamur dan kapang di tubuh.
  • Zinc picolinate. Zinc merupakan mineral esensial yang sangat dibutuhkan tubuh namun dibutuhkan dalam jamlah yang sedikit saja sehingga disebut mineral trace. Sementara zinc picolenate merupakan bentuk bentuk asam dari zinc di dalam tubuh dan diyakini penyerapannya oleh tubuh lebih baik dibanding zinc dalam bentuk lainnya. Zinc sangat dibutuhkan dalam metabolisme karena menjadi zat pengantar bagi banyak jenis enzim yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, zinc juga diketahui dapat meningkatkan kinerja sistem imun.
  • Selenium. Merupakan mineral yang dapat ditemukan pada tanah serta berbagai jenis bahan makanan. Kebutuhan tubuh akan selenium sebenarnya hanya sedikit saja, namun zat ini memiliki peran penting dalam metabolisme tubuh. Selain itu, selenium juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan.
  • Natrium askorbat. Merupakan bentuk garam natrium dari vitamin C (asam askorbat). Senyawa ini dapat ditemukan secara alami pada makanan sehari hari terutama buah yang asam. Kemampuannya setara dengan vitamin C dalam membantu menjaga kesehatan tulang dan jaringan ikat serta sebagai antioksidan kuat.

Indikasi atau Kegunaan Imunos

Kegunaan Imunos dapat kita cermati dari kemampuan dan cara kerja bahan aktif penyusunnya. Ke-empat bahan ini jika disatukan memiliki kemampuan meningkatkan sistem imun dan sebagai antioksidan serta memperlancar metabolisme tubuh. Tentu saja fungsinya tadi akan sangat membantu dalam penyembuhan dari kondisi sakit, terutama dari penyakit infeksi yang menyerang saluran pernapasan seperti flu dan infeksi lainnya.

Kontraindikasi

Imunos merupakan kombinasi dari beberapa vitamin, mineral dan bahan herbal yang penting untuk tubuh serta dengan mudah dapat diserap tubuh maka suplemen ini cukup aman digunakan asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan

Dosis Imunos dan Cara Penggunaan

Imunos tersedia dalam bentuk sediaan dan kekuatan dosis berikut:

  • Kaplet: per kaplet mengandung Echinacea 500 mg, Zinc picolinate 10 mg, Selenium 15 mcg, Ascorbid acid 50 mg.
  • Syrup: per sendok takar 5 ml mengandung Echinacea 500 mg, Zinc picolinate, Selenium 15 mcg.
kemasan kaplet suplemen imunos

Kemasan kaplet suplemen imunos

ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Imunos untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  • Dosis dewasa: 1 kaplet sehari.
  • Dosis anak-anak: umur > 2 tahun: 1 sendok takar per hari, 1-2 tahun 1/2 sendok takar per hari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah makan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.

Efek Samping Imunos

Imunos umumnya ditoleransi dengan baik karena kandungannya merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun demikian, kemungkinan munculnya reaksi alergi dapat terjadi meskipun hal ini sangat tergantung dari kondisi masing-masing orang dan jarang terjadi.

Efek samping mungkin muncul dalam penggunaan dalam jangka waktu lama seperti:

  • Demam.
  • Mual.
  • Aroma nafas tidak sedap.
  • Gangguan fungsi ginjal dan hati.

Efek Overdosis Imunos

Data tentang efek overdosis masih belum banyak diketahui. Namun, penggunaan imunos yang melebihi dosis harian dalam jangka waktu lama kemungkinan dapat menimbulkan efek overdosis. Jika kondisi seperti kesulitan bernafas, mual dan muntah parah, segera kunjungi dokter terdekat.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Penggunaan dosis besar suplemen mengandung zinc dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Sehingga penggunaannya harus lebih diperhatikan.
  • Suplemen yang mengandung selenium jika digunakan dalam dosis tinggi diketahui berkaitan dengan kanker kulit. Oleh karena itu orang yang berpotensi atau memiliki kanker kulit sebaiknya mengkonsultasikan sebelumnya dengan dokter.
  • Orang yang sering mengonsumsi alkohol diketahui dapat menurunkan efektifitas penyerapan zinc, untuk itu hindari konsumsi alkohol.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Imunos untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Imunos tergolong aman untuk ibu hamil karena kandungannya merupakan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Meskipun begitu beberapa mineral yang terkandung dalam Imunos memiliki batasan maksimal konsumsi harian yang dianjurkan seperti Zinc yang tidak boleh lebih dari 40 mg per hari bagi ibu hamil. Selain itu selenium juga tidak dianjurkan melebihi 60 mcg per hari bagi ibu hamil. Oleh karena itu, untuk lebih amannya konsultasikan dengan dokter untuk dosis aman yang dikonsumsi oleh ibu hamil.
  • Imunos juga tergolong aman dikonsumsi oleh ibu menyusui namun harus tetap sesuai dosis yang dianjurkan. Bila perlu konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan bahan aktif Imunos diantaranya yaitu:

  • Interaksi dapat terjadi pada penggunaan bersamaan suplemen mengandung selenium dengan obat jenis antasid, obat kemoterapi, kortikosteroid, niasin, obat penurun kolesterol dari jenis statin dan obat kontrasepsi pil.
  • Echinacea dapat berinteraksi dengan kafein, konsumsi bersamaan bahan ini dapat menyebabkan meningkatkan konsentrasi kafein dalam darah dan meningkatkan risiko efek sampingnya seperti sakit kepala dan jantung berdebar-debar.
  • Konsumsi Echinacea dengan obat jenis penekan sistem kekebalan tubuh dapat menyebabkan kurang efektifnya obat imunosupresan tersebut.
  • Suplemen mengandung zinc dapat menurunkan penyerapan antibiotik dari jenis kuinolon. Untuk itu hindari penggunaan bersamaan dengan obat ini.

Daftar interaksi obat ini belum mencakup keseluruhan interaksi obat yang mungkin terjadi dengan Imunos. Untuk itu sebaiknya selalu catat obat ataupun bahan herbal yang Anda gunakan dan konsultasikan degan dokter Anda untuk mengetahui kemungkinan interaksi yang mungkin terjadi.