Kalcinol N obat apa?

Kalcinol N adalah obat dalam bentuk krim yang digunakan untuk mengatasi kulit yang mengalami inflamasi dan rasa gatal akibat alergi imunologi atau dermatosis yang responsif terhadap kortikosteroid. Obat ini merupakan gabungan obat anti-inflamasi dari golongan steroid topikal dan antibiotik golongan aminoglikoside.

Obat yang diproduksi oleh PT. Kalbe Farma ini merupakan jenis obat keras yang penggunaannya harus dengan resep dokter. Sebagai wawasan berikut kami ulas kegunaan, dosis lazim, dan efek samping Kalcinol N serta kemungkinan interaksi dan keamanannya untuk ibu hamil dan menyusui.

Ikhtisar Obat Kalcinol N

Jenis obatAnti-infeksi topikal, kortikosteroid
KandunganFluocinolone acetonide, neomycin sulfate
KegunaanMengobati dermatosis alergika, pioderma primer dan skunder
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanKategori C
SediaanKalcinol N cream

kalcinol N

Mekanisme Kerja

Cara kerja obat Kalcinol N dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Fluocinolone acetonide, merupakan senyawa kortikosteroid dari golongan hidrokortisan. Kemampuan anti-inflamasi obat kortikosteroid diperkirakan akibat terpengaruhnya lipokortin yang kemudian menghambat sintesis asam arakidonat yang merupakan pengontrol biosintesis prostaglandin dan leukotrien. Akibatnya reaksi inflamasi di kulit berkurang.
  • Neomycin sulfate, merupakan antibiotik dari golongan aminoglikosida yang bekerja dengan cara mengikat secara reversibel sub unit 30S ribosom dan menyebabkan kesalahan baca pada tRNA dan berakibat bakteri tidak dapat mensintesis protein yang diperlukan. Antibiotik ini digunakan untuk mengatasi infeksi yang melibatkan bakteri aerobik dari jenis gram negatif, seperti Pseudomonas, Acinetobacter, Enterobacter.

Indikasi atau Kegunaan Kalcinol N

Kalcinol N digunakan untuk mengatasi penyakit kulit yang mengalami inflamasi serta gatal-gatal akibat reaksi alergi imunologis serta dermatitis yang merespon pemberian obat kortikosteroid. Obat ini juga sekaligus membasmi bakteri yang ikut menginfeksi.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap bahan aktif obat ini atau jenis obat kortikosteroid lainnya.

Dosis Kalcinol N dan Cara Penggunaan

Kalcinol N tersedia dalam bentuk sediaan tube dan kekuatan dosis per kemasannya yaitu:

  • Fluocinolone acetonide: 0,025 %.
  • Neomycin sulfate: 0,05 %.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Kalcino N untuk mengatasi dermatitis

  • Dosis dewasa: diaplikasikan 2 – 4 kali sehari pada kulit yang terinfeksi.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini hanya untuk pemakaian luar, hindari terkena jaringan mukosa kulit atau kulit yang luka.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk menggunakan obat ini pada jam yang sama setiap hari.

Efek Samping Kalcinol N

Kalcinol N umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, beberapa efek samping yang jarang terjadi perlu diperhatikan, antara lain:

  • Rasa terbakar
  • Kulit kering
  • Iritasi kulit

Efek Overdosis Kalcinol N

Belum ada data yang menunjukkan efek overdosis penggunaan Kalcinol N. Namun penggunaan pada penampang kulit yang cukup luas dikhawatirkan akan berdampak sistemik dan memunculkan efek samping kortikosteroid. Oleh karena itu patuhi panduan penggunaan dan dosis dari dokter serta hindari penggunaan berlebihan dan dalam waktu yang lama.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau apoteker Anda jika memiliki riwayat hipersensitivitas atau alergi terhadap kandungan obat ini.
  • Jika muncul reaksi kulit berlebihan berupa iritasi segera hentikan penggunaan obat dan konsultasikan dengan dokter.
  • Hati-hati penggunaan pada penampang kulit yang luas, jangka waktu yang lama, serta pada ibu hamil dan anak-anak.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Kalcinol N untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Kalcinol N mengandung fluocinolone acetonide yang digolongkan dalam kategori C untuk ibu hamil. Hal itu berarti studi kandungan obat ini pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Meskipun hanya penggunaan luar, senyawa obat akan terserap ke darah dan mungkin berdampak sistemik. untuk itu penggunaan pada ibu hamil sebaiknya hanya jika sangat diperlukan dan dalam pengawasan dokter.
  • Meskipun sejumlah kecil kortikosteroid mungkin terekstraksi ke dalam ASI ibu menyusui namun jumlahnya dianggap belum memberikan efek langsung pada bayi. Namun penggunaan nya tetap harus berhati-hati dan sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat mungkin berinteraksi dengan Kalcinol N, terutama akibat kandungan bahan aktifnya yang berupa neomycin sulfate yang merupakan jenis antibiotik aminoglikosida ini, interaksi yang mungkin diantaranya yaitu:

  • Penggunaan bersamaan dengan jenis obat lain seperti bacitracin, furosemid, polymyxin B sulfat akan meningkatkan risiko efek samping berupa gangguan pendengaran, masalah pada ginjal dan depresi pernapasan. Terutama jika digunakan dalam jumlah besar dan berdampak sistemik.