Kandistatin obat apa?

Kandistatin adalah sebuah merek obat anti jamur berbentuk suspensi (cair) yang mengandung Nystatin untuk mengobati kandidiasis pada rongga mulut. Nystatin secara umum dapat juga mengatasi infeksi jamur pada area lain seperti kulit, tenggorokan dan area V wanita, namun untuk area ini biasanya bentuk obatnya sudah disesuaikan, seperti berbentuk krim untuk kulit dan supositoria untuk area V wanita.

Kandidiasis rongga mulut atau oral trush merupakan infeksi jamur Candida albicans pada rongga mulut yang meliputi gusi, lidah, bibir bagian dalam, dan langit-langit. Pada rongga mulut yang terkena tampak bercak-bercak putih yang merupakan pertumbuhan jamur. Selain oral trush ada beberapa jenis kandidiasis lainnya seperti dijelaskan pada artikel ini: Penyakit Kandidiasis

Ikhtisar Obat Kandistatin

Jenis obatAntibiotik antimikotik polien
KandunganNystatin
KegunaanMengobati kandidiasis pada rongga mulut
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak
SediaanSuspensi kandistatin 12 mL (100.000 unit/mL)

kandistatin

Mekanisme Kerja

Mekanisme kerja kandistatin dapat dilihat dari cara kerja nystatin (nistatin), antifungi ini secara in vitro (dalam lingkungan percobaan) dapat bersifat fungistatik dan fungisidal terhadap beberapa jenis jamur seperti Candida albicans, C. parapsilosis, C. tropicalis, C. guilermondi, C. pseudotropicalis, C. krusei, Torulopsis glabrata, Tricophyton rubrum, T. mentagrophytes.

Nistatin bekerja dengan cara mengikat sterol dalam membran sel jamur yang peka terhadap obat ini sehingga terjadi perubahan permeabilitas membran dan terjadi kebocoran komponen intrasel yang menyebabkan kematian jamur. Namun nistatin tidak menunjukkan aktivitas berarti pada bakteri, protozoa atau virus.

Indikasi atau Kegunaan Kandistatin

Kandistatin digunakan untuk mengobati penyakit kandidiasis akibat jamur candida pada rongga mulut. Contohnya lihat gambar lidah putih pada bayi di bawah ini.

cadidiasis diobati dengan kandistatin

Kontraindikasi

Perlu diketahui bahwa tidak semua orang boleh menggunakan obat ini. Bagi penderita yang diketahui memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan obat ini tidak boleh menggunakannya.

Dosis Kandistatin dan Cara Penggunaan

Obat ini tersedia dalam bentuk suspensi 12 mL dengan kandungan nistatin 100.000 unit untuk setiap mL.

Berdasarkan anjuran dari dokter dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Dosis dewasa untuk kandidiasis di rongga mulut: 4 – 6 mL (400.000 – 600.000 unit) empat kali sehari (satu setengah kali dosis untuk setiap sisi rongga mulut). Sebaiknya obat ini di diamkan selama mungkin di mulut sebelum ditelan. Lanjutkan pengobatan hingga 48 jam setelah gejala utamanya hilang dan jamur candida sudah terlihat berkurang.
  • Dosis Kandistatin untuk bayi 1 – 12 bulan: 2 mL (200.000 unit) empat kali sehari.
  • Dosis Kandistatin untuk anak 1 – 18 tahun: 4 – 6 mL (400.000 unit) empat kali sehari.

( ! ) Durasi pengobatan Kandistatin setidaknya 48 jam hingga gejalanya hilang.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah ataupun sebelum makan.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai menggunakannya.
  • Gunakan alat penetes untuk menggunakan setengah dosis obat ini pada tiap sisi rongga mulut.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan empat kali sehari berarti per 6 jam. Untuk memudahkan usahakan untuk menggunakannya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama. Tidak boleh menggandakan dosis kandistatin pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Kandistatin

Kandistatin umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Diare.
  • Mual dan muntah.
  • Sakit pada lambung.
  • Ruam pada kulit

Efek Overdosis Kandistatin

Penggunaan berlebihan hingga dosisi 1.000.000 unit perhari dapat menyebabkan mual, muntah dan masalah pada pencernaan.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Obat ini tidak dapat digunakan untuk mengobati mikosis sistemik.
  • Hentikan segera penggunaan obat ini jika timbul iritasi dan alergi selama penggunaan.
  • Sampaikan pada dokter Anda sebelum menggunakan obat bebas bersamaan dengan obat ini.
  • Segera hubungi dokter jika terjadi alergi atau tidak kunjung sembuh setelah selesai pemberian obat.

Kehamilan dan Menyusui

Apakah obat kandistatin boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui?

  • Kandistatin merupakan obat kategori C untuk ibu hamil, yang berarti studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Oleh karena itu, penggunaannya pada ibu hamil sebaiknya jika benar-benar dibutuhkan dan dengan pengawasan dokter.
  • Belum diketahui apakah kandungan kandistatin dapat masuk dalam ASI. Namun, mengingat sebagian besar obat dapat masuk dalam ASI walaupun dalam jumlah kecil, sebaiknya gunakan obat ini hanya bila benar-benar diperlukan saja.

Interaksi Obat

Selalu sampaikan pada dokter Anda jika ingin menggunakan obat atau herbal bersamaan dengan obat ini. Hal ini untuk mencegah dan memonitor interaksi kandistatin dengan obat lain.