8 Jenis Makanan untuk Kesehatan Rambut

Memiliki rambut sehat dan kuat pastilah menjadi dambaan setiap orang agar dapat selalu tampil percaya diri. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan guna mewujudkan keinginan tersebut, yakni berasal dari diet sehat. Untuk itu, ketahui berbagai makanan untuk kesehatan rambut berikut ini.

Beraneka ragam makanan untuk kesehatan rambut yang mudah didapat dan nikmat

Sama seperti kulit, kondisi rambut dapat mencerminkan bagaimana kesehatan tubuh di dalam. Misalnya rambut rapuh dan kusam yang dapat mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan asupan nutrisi dan zat-zat bergizi.

Rambut yang sehat akan nampak kuat, berkilau dan tidak mudah patah. Setiap helainya terdiri dari sel-sel yang mengandung keratin dan membutuhkan pasokan nutrisi secara teratur. Bila pasokan nutrisi tersebut tidak diperhatikan, maka jumlah keratin akan berkurang. Rambut pun menjadi rusak, terlihat kusam, mudah kusut dan sulit diatur.

Maka sebelum terlambat, terapkanlah diet sehat dengan mengonsumsi berbagai makanan untuk kesehatan rambut seperti ikan berlemak, alpukat, bayam, ubi jalar, telur dan beragam makanan lain seperti yang diuraikan berikut ini:

1. Ikan Berlemak untuk Rambut Berkilau

ikan berlemak baik untuk rambut mediskus

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel dikemas dengan asam lemak omega-3 yang diketahui dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, mengurangi kerontokan sekaligus membuatnya nampak indah berkilau. Bagi yang mendambakan rambut sehat berkilau, maka tak ada alasan untuk tidak mengonsumsi makanan sehat satu ini.

2. Alpukat untuk Pertumbuhan Rambut

alpukat untuk rambut

Buah alpukat merupakan sumber vitamin E dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik bagi kesehatan. Menikmatinya setiap hari dengan menambahkannya ke salad atau mengonsumsi daging buahnya secara langsung mampu menghadirkan manfaat bagi pertumbuhan rambut, lantaran buah ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala.

3. Bayam untuk Rambut Rapuh

bayam untuk rambut mediskus

Seperti halnya sayuran berdaun hijau gelap, bayam dibekali dengan kandungan nutrisi yang begitu luar biasa. Bayam kaya akan vitamin A, zat besi, beta karoten, folat dan vitamin C yang bekerja sama dalam menjaga kelembapan rambut agar tak menjadi kasar, bercabang juga rapuh.

4. Ubi Jalar untuk Rambut Kusam

ubi jalar untuk rambut kusam mediskus

Ubi jalar mengandung senyawa antioksidan yang disebut dengan beta karoten. Di dalam tubuh, senyawa antioksidan ini kemudian akan diubah menjadi bentuk vitamin A aktif yang dapat membantu melindungi rambut agar tidak kering dan kusam. Beta karoten juga dapat ditemukan pada umbi-umbian kuning lainnya seperti wortel dan labu kuning.

5. Tiram untuk Melawan Rambut Rontok

tiram untuk rambut rontok mediskus

Tiram adalah salah satu sumber mineral seng terbaik yang dapat diandalkan dalam mendukung siklus pertumbuhan rambut. Kurangnya mineral seng dalam asupan makanan sehari-hari dapat meningkatkan risiko terjadinya effluvium telogen, suatu ketidaknormalan siklus rambut atau proses reaktif yang menyebabkan kerontokan rambut.

Baca: Cara Paling Efektif Mengatasi Rambut Rontok

6. Telur untuk Kesehatan Rambut Optimal

telur untuk kesehatan rambut mediskus

Telur merupakan sumber protein dan biotin, dua nutrisi yang berperan penting dalam kesehatan dan pertumbuhan rambut. Asupan protein sangatlah diperlukan lantaran folikel rambut terbuat dari sebagian besar protein. Sementara itu, kehadiran biotin diperlukan guna memproduksi protein rambut yang disebut dengan keratin.

Jadi dengan mengonsumsi telur, artinya kita telah mendapatkan kedua nutrisi tersebut sehingga kesehatan rambut senantiasa terjaga dan kerontokan rambut yang cukup parah pun dapat dicegah.

7. Daging untuk Perkembangan Rambut Sehat

daging baik untuk rambut mediskus

Protein dalam daging, termasuk daging merah dan unggas, begitu dibutuhkan bagi perkembangan rambut sehat. Kandungan zat besi yang cukup tinggi pada daging pun bermanfaat dalam membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, termasuk ke folikel rambut.

Para ahli menyarankan untuk mengonsumsi sekitar 50-100 gram daging/hari sebagai batas amannya. Jangan berlebih, guna menghindari dampak buruk bagi kesehatan yang mungkin terjadi akibat lemak jenuh didalamnya, terutama pada daging merah. Variasikan pula jenis daging yang hendak disajikan agar mendapat nutrisi yang seimbang dan beragam.

8. Jambu Biji untuk Memaksimalkan Pertumbuhan Rambut

jambu biji untuk kesehatan rambut mediskus

Tubuh membutuhkan vitamin C dalam penyerapan zat besi dan produksi kolagen yang memastikan pertumbuhan rambut berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, tambahkan jambu biji ke dalam daftar menu makanan untuk kesehatan rambut karena didalamnya terkandung vitamin C yang jumlahnya 3-4 kali lebih besar dibandingkan jeruk.

Beberapa sumber makanan untuk kesehatan rambut lainnya meliputi buah beri, kacang-kacangan, biji-bijian, greek yoghurt atau yogurt Yunani, sereal yang diperkaya zat besi, kayu manis dan banyak lagi lainnya. Kombinasikan kesemuanya menjadi menu makanan yang sehat nan lezat.

Hindari atau batasi beberapa jenis makanan yang buruk bagi kesehatan rambut, seperti junk food, gorengan, makanan olahan tinggi gula, minuman bersoda dan alkohol serta ikan dengan kandungan merkuri tinggi seperti ikan todak, marlin dan hiu.

Lihat sumber

DISKUSI TERKAIT