Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ketika mendengar kata “rokok” apa yang terlintas di benak anda? saya rasa hampir semua orang sependapat bahwa yang terlintas adalah efek negatif yang dihasilkan dari rokok ini. Melihat efek negatif yang ditimbulkan begitu banyak dan mengerikan, tapi mengapa para perokok sangat susah untuk berhenti merokok? Mungkin mereka belum menyadari akan besarnya manfaat berhenti merokok.

Padahal di setiap bungkus rokok, poster rokok, iklan rokok di billboard dan televisi disitu jelas terpampang berbagai macam penyakit berbahaya yang akan timbul sebagai akibat dari merokok. Sebut saja penyakit seperti serangan jantung, kanker, impotensi, gangguan kehamilan dan janin.

manfaat berhenti merokok

Merokok seakan sudah menjadi life style (gaya hidup) suatu masyarakat di hampir seluruh negara di bumi ini. Sudah banyak upaya dilakukan dan pihak-pihak yang ikut turun tangan untuk menyadarkan masyarakat dari bahaya merokok mulai dari negara (melalui kebijakan-kebijakannya), pihak swasta, LSM,  agar perokok mau berhenti dari kebiasaan merokoknya namun itu semua seolah tiada artinya dan industri rokok tetap eksis bahkan terus bertambah besar.

Adapun hal-hal yang sering dilakukan untuk mengedukasi masyarakat biasanya dengan mengadakan acara penyuluhan bahaya merokok, kampanye anti rokok dan akibat yang ditimbulkannya, sampai yang paling ekstrim memboikot event yang disponsori oleh perusahaan rokok.

Baca juga: Bahaya Efek Samping Rokok Elektrik

Kita semua pasti setuju merokok itu buruk untuk kesehatan, tapi bagaimana cara agar bisa berhenti merokok dan membuat hidup lebih baik?

Berikut 10 Manfaat Berhenti Merokok Bagi Kesehatan Tubuh

Berhenti Merokok Membuat Anda Bernapas dengan Lebih Mudah

Efek yang paling dirasakan oleh mereka yang memutuskan untuk berhenti merokok adalah ketika bernafas akan lebih mudah dan tidak sering batuk karena kapasitas paru-paru meningkat hingga 10% dalam sembilan bulan.

Pada rentang usia 20 dan 30-an, efek merokok pada kapasitas paru-paru Anda mungkin tidak terlalu terlihat sampai Anda menjadikan aktivitas merokok sebagai sebuah kebiasaan, tanpa disadari kapasitas paru-paru secara alami berkurang seiring bertambahnya usia.

Tahun-tahun berikutnya, dengan  memiliki kapasitas paru-paru yang maksimal dan berfungsi dengan baik akan memberikan pengaruh yang terasa ketika Anda memasuki usia yang tidak lagi muda. Perbedaan itu menjadi lebih terlihat lagi di kala anda sedang berjalan-jalan atau menaiki tangga. Bernapas akan lebih ringan dan mudah tidak mudah lelah seperti dulu lagi.

Berhenti Merokok Memberi Anda Lebih Banyak Energi

Waktu yang dibutuhkan untuk merasakan perbedaan setelah Anda memutuskan untuk berhenti merokok yaitu 2 sampai 12 minggu, sirkulasi darah akan membaik. Semua hal yang melibatkan aktivitas fisik nantinya akan menjadi lebih mudah seperti bekerja (yang melibatkan kekuatan fisik), berjalan dan berlari.

Sistem kekebalan tubuh akan semakin meningkat, sehingga lebih mudah melawan virus-virus yang akan mendatangkan penyakit seperti demam dan flu. Ditambah peningkatan oksigen dalam tubuh juga bisa mengurangi kelelahan dan kemungkinan sakit kepala.

Buang Rokok Anda dan Rasakan, Stres Akan Berkurang

Kandungan nikotin dalam rokok bisa memicu peningkatan perasaan stres. Karena perasaan stres akan memicu timbulnya perasaan stres yang lain padahal perasaan stres itu sendiri tidak nyata, itu hanyalah akibat dari efek nikotin yang terdapat dalam rokok tadi.

Faktanya, penelitian ilmiah menunjukkan tingkat stres akan lebih rendah setelah berhenti merokok. Jika Anda sering mendapati diri anda sangat mudah mengalami stres, maka dengan berhenti merokok dan memulai untuk hidup sehat akan lebih membantu anda mengatasi perasaan stres tersebut dan merasakan manfaat dari pilihan anda untuk berhenti merokok lebih terasa.

Berhenti Merokok Membuat Seks Lebih Baik

Manfaat selanjutnya yang akan dirasakan ketika anda berhenti merokok yaitu meningkatnya aliran darah ke seluruh tubuh seperti organ-organ reproduksi sehingga meningkatkan sensitivitas. Pria yang berhenti merokok cenderung bisa mengalami ereksi yang lebih baik. Pasangan anda juga kemungkinan besar merasakan orgasme semakin meningkat dan menjadi terangsang dengan lebih mudah.

Fakta juga menunjukkan kalau wanita lebih mencari pasangan yang bukan perokok daripada pria perokok. Bisa dipastikan anda yang tidak merokok akan lebih mudah mendapatkan jodoh dibanding mereka yang merokok.

Berhenti Merokok dapat Meningkatkan Kesuburan

Wanita yang bukan perokok akan lebih mudah untuk hamil. Hal ini karena berhenti merokok dapat memperbaiki lapisan rahim dan bagi pria bisa menghasilkan sperma yang lebih manjur dan sehat sehingga kesempatan mendapatkan keturunan bisa lebih besar. Keuntungan lain bagi wanita non-perokok yaitu meningkatkan kemungkinan hamil normal tanpa harus melalui prosedur IVF (in vitro fertilization), dan akan lebih mengurangi persentase kemungkinan terjadinya keguguran.

IVF sendiri adalah sebuah teknologi kedokteran yang digunakan untuk membuahi sel telur wanita (ovum) di mana proses pembuahan tersebut terjadi di luar rahim, atau lebih dikenal dikalangan masyarakat dengan sebutan proses bayi tabung.

Namun yang terpenting dari itu adalah, wanita yang tidak merokok lebih memiliki kemungkinan untuk melahirkan bayi yang sehat ketimbang wanita yang merokok. Jadi bagi anda wanita yang ingin segera memiliki keturunan yang sehat, berhentilah merokok mulai dari sekarang!

Berhenti Merokok Meningkatkan Indra Penciuman dan Perasa

Saat Anda berhenti merokok, indera penciuman dan rasa akan mengalami peningkatan. Anda mungkin akan menyadarinya ketika selera dan aroma pada makanan lebih berbeda. Berbeda ketimbang saat mulut dan hidung yang terbiasa dengan bau dan rasa dari ratusan bahan kimia beracun yang ditemukan di rokok. Saat berhenti merokok, akhirnya indera penciuman dan perasa terbebas dari itu semua dan kembali berfungsi secara normal bahkan lebih baik.

Berhenti Merokok Membuat Kulit Tampak Lebih Muda

Fakta menunjukkan ketika Anda memutuskan untuk berhenti merokok akan dapat memperlambat proses penuaan pada wajah dan menunda munculnya keriput. Dikarenakan kulit seorang yang tidak merokok mendapat lebih banyak nutrisi, termasuk oksigen, dan berhenti merokok dapat membuat kulit lebih terawat dibandingkan dengan seseorang yang merokok kulitnya akan lebih kusam dan berjerawat.

Berhenti Merokok Membuat Gigi Lebih Putih dan Napas Lebih Segar

Salah satu manfaat berhenti merokok yaitu menghindarkan gigi Anda dari kerusakan dan noda kuning kecoklatan, plus Anda juga akan memiliki napas yang lebih segar. Eks perokok juga lebih kecil kemungkinannya dibandingkan perokok yang masih aktif untuk terkena penyakit gusi dan kehilangan gigi sebelum waktunya.

Tentu Anda tidak mau kehilangan gigi di usia muda hanya karena kebiasaan merokok yang tidak baik itu, bukan?

Berhenti Merokok dapat Membuat Hidup Lebih Lama

Separuh dari mereka para perokok aktif akan meninggal lebih awal disebabkan dari penyakit yang timbul dari aktivitas merokoknya dahulu kala, penyakit yang dimaksud adalah seperti penyakit jantung, kanker paru-paru dan bronkitis kronis. Pria yang berhenti merokok pada umur 30 tahun akan menambah umurnya 10 tahun lagi. sedangkan orang yang berhenti merokok di usia 60 tahun menambah 3 tahun lagi jatah umur mereka.

Dengan kata lain, tidak ada kata terlambat untuk berhenti merokok. Bebas dari asap rokok tidak hanya menambah waktu anda hidup lebih lama, tapi juga sangat meningkatkan kesempatan Anda untuk memiliki badan yang sehat dan bebas dari penyakit, dapat bergerak bebas tanpa gangguan, dan lebih bahagia.

Rumah yang Bebas Asap Rokok Akan Melindungi Orang yang Anda Cintai

Dengan berhenti merokok, secara tidak langsung Anda juga akan melindungi kesehatan teman dan keluarga Anda yang tidak merokok. Akibat dari asap rokok bagi mereka para perokok pasif (orang yang tidak merokok) diantaranya dapat meningkatkan risiko terkena kanker paru-paru, penyakit jantung dan stroke. Sedangkan pada anak-anak dapat melipatgandakan risiko terkena penyakit paru-paru, termasuk pneumonia, infeksi telinga, bengek (kesulitan bernapas) dan asma.

Mereka juga (anak-anak) memiliki tiga kali lebih banyak risiko terkena kanker paru-paru di kemudian hari dibandingkan dengan anak-anak yang tinggal atau terbebas dari asap rokok di rumahnya.

Yakinkan diri untuk berhenti merokok, artikel ini mungkin bisa membantu: 13 Cara Berhenti Merokok yang Efektif

Dengan begitu banyaknya manfaat berhenti merokok, sesungguhnya tidak ada alasan lagi untuk Anda meneruskan kebiasaan buruk merokok. Kalau anda sayang pada keluarga dan diri anda sendiri berhentilah merokok sekarang juga!

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer