Benarkah Buah Naga Berkhasiat Menurunkan Tekanan Darah?

Jika Anda membaca informasi mengenai manfaat buah naga, memang telah disebutkan bahwa buah ini dapat menunjang kesehatan jantung dan pembuluh darah. Namun, belum jelaskan secara gamblang apakah buah naga menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi.

Buah naga memang memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk kemampuannya membantu penurunan berat badan, memperbaiki pencernaan, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi. Ini juga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, membantu tubuh melawan bakteri dan jamur, dan membantu fungsi tubuh secara keseluruhan.

buah naga menurunkan tekanan darah

Apa alasan buah naga bisa menurunkan resiko darah tinggi dan meningkatkan kesehatan jantung?

Kaitan buah naga dalam menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, ditengarai oleh kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal sehingga buah ini dapat mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Kolesterol jahat yang dibiarkan terus tinggi dapat menyebabkan timbulnya plak di pembuluh darah arteri dan vena kecil.

Jika plak pembuluh darah yang disebut aterosklerosis tersebut menyebabkan penyumbatan pada arteri koroner jantung, maka bisa menyebabkan serangan jantung (Penyakit jantung koroner). Apabila penyumbatan terjadi di pembuluh darah otak, maka bisa menyebabkan stroke.

Disamping itu, buah naga juga kaya akan zat besi dan kalium, yang membantu memperbaiki sirkulasi darah oksigen di dalam tubuh kita.

 

Hal ini juga didukung oleh sebuah penelitian 2010 yang dipublikasikan di jurnal Pharmacognosy Research menemukan bahwa konsumsi buah naga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Buah eksotis ini juga merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga jantung kita dalam kondisi baik.

Jadi, dari situ dapat diambil kesimpulan bahwa buah naga tidak secara langsung menurunkan tekanan darah. Namun buah naga dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan pembuluh darah serta membantu mencegah dan membantu menurunkan resiko darah tinggi secara jangka panjang.

Ketahui juga manfaat buah naga lainnya:

  • Buah naga sedikit kalori, sebanding dengan buah kiwi, mengandung sekitar 50 kalori per 100 g. Meskipun demikian, ia menyimpan banyak antioksidan, mineral, vitamin, dan serat yang bermanfaat bagi kesehatan.
  • Biji buah naga yang renyah mengandung senyawa phytochemical, antioksidan fitokimia. Phytoalbumin memperbaiki nafsu makan, bekerja sebagai pencahar, dan bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.
  • Buah ini merupakan sumber antioksidan vitamin C yang sangat baik ; menyediakan sekitar 8-9 mg per 100 g atau sekitar 12-15% dari DRI (asupan yang direkomendasikan setiap hari). Konsumsi makanan kaya vitamin C membantu tubuh mengembangkan ketahanan untuk melawan agen infeksius dan mengais radikal bebas berbahaya.
  • Buah naga merah mengandung kadar vitamin-A dan karoten. Keduanya telah diketahui memiliki sifat antioksidan dan sangat penting untuk penglihatan. Vitamin-A juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan mukosa dan kulit. Konsumsi buah alami yang kaya akan karoten diketahui dapat melindungi dari kanker rongga mulut.
  • Buah naga juga mengandung mineral dalam jumlah baik seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium. Mangan yang digunakan oleh tubuh manusia sebagai co-factor untuk antioksidan kuat enzim, superoksida dismutase . Magnesium adalah mineral penguat tulang yang penting seperti kalsium.

Baca juga:

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer