Berapa Berat Janin di Usia Kehamilan 6 Bulan?

Ada banyak pertanyaan yang sering ditanyakan ketika usia kehamilan masuk 6 bulan. Inilah akhir dari trimester dua, diantara pertanyaannya seperti: berapa berat janin yang paling minimal, bagaimana perkembangannya, dan apa yang harus dilakukan bunda, termasuk posisi tidur untuk ibu hamil 6 bulan.

Mengenai berat janin minimal di usia kehamilan 6 bulan, maka perlu kita uraikan perminggunya. Seperti kita ketahui bahwa di usia kehamilan 6 bulan, berarti usia janin adalah 22-26 minggu. Ingat, usia kehamilan berbeda dengan usia janin. Usia kehamilan (gestational age) dimulai dari HPHT, sedangkan usia janin (fetal age) dihitung dari konsepsi, jadi ada selisih kurang lebih 2 minggu.

berat janin 6 bulan

Berikut tabel berat badan normal di usia kehamilan 6 bulan:

Usia Berat JaninPanjang
22 Minggu450 gram26 cm
23 Minggu550 gram28 cm
24 Minggu600 gram30 cm
25 Minggu690 gram34 cm
26 Minggu760 gram35,5 cm

( ! ) Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa berat janin 6 bulan kehamilan adalah antara 450 gram sampai 760 gram.

Apa yang terjadi pada bayi pada kehamilan 6 bulan?

Pada bulan ini si janin mengalami pertumbuhan yang cepat. Janin sudah bisa menghisap jempolnya dan Anda mungkin merasakan bahwa ia mengalami ‘cegukan’. Pertumbuhan lainnya:

  • Panjang tubuh lebih dari 10 inci sekarang, panjang tangan – 0,8 inci.
  • Pembentukan lemak di bawah kulit (subkutan) dimulai.
  • Kuku hampir terbentuk sepenuhnya. Tulang dan sendi menjadi lebih kuat.
  • Wajah lebih jelas, alis dan bulu mata terlihat jelas.
  • Leher menjadi lebih panjang.
  • Imunitas pasif terbentuk karena imunoglobulin masuk melalui plasenta ibu.
  • Bayi menelan cairan amnion – zat yang terkandung di dalamnya berfungsi sebagai nutrisi bagi organisme yang sedang tumbuh.
  • Usus mengandung mekonium (kotoran janin).
  • Pembentukan dua bagian otak – bagian tengah dan serebelum – sampai akhir. Pada akhir bulan keenam, berat otak sekitar 0,2 pound.
  • Dari waktu ke waktu bayi tidur dan bermimpi. Pada saat bangun, ia suka mendengarkan apa yang terjadi di dalam perut ibunya dan dunia luar.
  • Hati berfungsi dan menyimpan glikogen; sumsum tulang merah dan limpa dipenuhi hemopoiesis (produksi darah); sistem pencernaan dan ginjal sedang bekerja. Hanya paru-paru yang masih terbelakang.
  • Pada saat bersamaan, janin mulai melakukan gerakan pernapasan konstan.

 

Apa yang terjadi pada ibu pada kehamilan 6 bulan?

Perut bunda menjadi sangat membulat dan ini mempengaruhi kenyamanan tidur nantinya. Beban pada otot punggung dan tulang belakang meningkat. Jumlah darah masih terus bertambah karena produksinya ditingkatkan. Beberapa ibu mengalami anemia – kekurangan hemoglobin dalam darah mereka. Pada 90% kasus, penyebabnya adalah kekurangan zat besi. Terkadang anemia disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B12 dan asam folat.

6 Bulan Gerakan ibu hamilKarena gerakan si kecil, bunda sering merasakan kencangnya rahim. Jangan takut – ini disebut kontraksi palsu, atau kontraksi Braxton Hicks. Anggap saja ini sebagai latihan “mengajari” rahim bagaimana cara berkontraksi dan rileks, untuk persiapan persalinan. Kontraksi ini biasanya singkat dan sama sekali tanpa rasa sakit.

Pada bulan keenam kehamilan, kulit perut bunda mungkin gatal – menjadi kering akibat peregangan. Saatnya menggunakan krim khusus untuk stretch marks. Baca: Cara Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Jika bunda memiliki wasir atau ambeien, maka pada usia kehamilan 6 bulan ini bisanya ukurannya akan lebih besar atau bahkan cenderung berdarah. Bunda dapat meringankannya dengan banyak minum, dan konsumsi makanan berserat. Selengkapnya simak disini: Cara Mengobati Ambeien Saat Hamil Paling Efektif dan Aman

Demikianlah informasi mengenai berat janin kehamilan 6 bulan, serta perkembangannya dalam rahim. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer