Kenapa Kalau Kaki Bengkak Posisi Kaki Harus Lebih Tinggi?

Kaki bengkak bisa terjadi oleh berbagai sebab, namun apapun penyebabnya biasanya dokter menganjurkan agar kaki yang bengkak harus diposisikan lebih tinggi. Petunjuk dokter ini tentu saja bertujuan agar pembengkakan pada kaki tersebut lebih cepat mereda.

bengkak meninggikan kaki

Lantas, apa alasan dibalik meninggikan posisi kaki saat bengkak?

Pembengkakan pada kaki terjadi akibat akumulasi cairan ataupun proses peradangan. Ketika kaki diposisikan lebih tinggi, maka diharapkan agar cairan tersebut dapat menjauh dari kaki. Bukankah air itu mengalir dari tempat tinggi ke rendah? inilah logika sederhananya.

Lebih jauh lagi, pembuluh darah yang memasok ke kaki juga akan berkurang ketika posisi kaki ditinggikan. Hal ini akan sangat berguna, karena sebagian besar cairan yang menumpuk pada kaki dan menyebabkan pembengkakan bersumber dari aliran darah.

Sejauh mana kaki ditinggikan?

Pada prinsipnya tinggikan kaki melebihi tingginya jantung, jika sudah demikian, maka Anda akan mendapatkan efek maksimal dari cara ini. Misalnya, ketika anda berbaring, maka sanggahlah kaki Anda dengan beberapa bantal hingga tingginya melebihi tinggi dada. Ketika duduk di kursi malas, maka tinggikan kaki Anda dengan menyandarkan pada sebuah objek sehingga tingginya melebihi tinggi jantung.

Adakah cara lain agar bengkak di kaki cepat berkurang?

Tentu ada banyak cara, diantaranya:

  • Kurangi asupan garam. Asupan sodium yang tinggi dapat menyebabkan pembengkakan dengan menyebabkan tubuh menahan air. Jadi, makanan-makanan yang terasa asin  dihindari saat Anda mengalami pembengkakan.
  • Minum banyak air. Rata-rata orang dewasa membutuhkan delapan gelas air per hari. Air membantu menyiram kelebihan garam dari tubuh, sehingga dapat mengurangi pembengkakan di kaki.
  • Berjalan. Berjalanlah sebentar setelah Anda duduk lama, seperti sesuai naik mobil atau pesawat. Aktifitas berjalan ini dapat mendorong sirkulasi atau aliran darah di kaki, yang membantu memompa cairan menjauh dari kaki dan kembali ke jantung. Jika tidak sanggup untuk jalan-jalan, maka cukup tinggikan kaki seperti dibahas sebelumnya.
  • Hindari obat tertentu. Mengonsumsi jenis obat tertentu dapat menyebabkan kaki membengkak. Obat-obatan ini termasuk terapi penggantian hormon, calcium channel blocker, antidepresan dan steroid. Jika pembengkakan sampai menimbulkan masalah, maka sebaiknya diskusikan pilihan pengobatan alternatif dengan dokter Anda.

Lebih lanjut, silahkan baca: Penyebab Kaki Bengkak dan Cara Mengatasinya

DISKUSI TERKAIT

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer