Lactafar adalah salah satu suplemen makanan untuk ibu hamil dan menyusui. Suplemen ini termasuk kategori obat yang bebas dibeli di pasaran tanpa memerlukan resep dokter. Lactafar diformulasikan secara seimbang untuk memenuhi kebutuhan DHA bagi perkembangan otak janin atau bayi.

Selama dalam kandungan hingga saat bayi lahir, dibutuhkan asam lemak esensial yang spesifik yaitu DHA untuk perkembangan otak dan syaraf. Karena jumlah DHA diperoleh dari makanan belum tentu mencukupi kebutuhan ibu dan bayi maka dibutuhkan suplemen tambahan DHA.

Mengenal Obat Lactafar

Lactafar terbuat dari Natural Fish oil yang mengandung DHA dan EPA yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan menyusui.  Lactafar tersedia dalam bentuk kapsul lunak. Setiap kapsul lunak mengandung komposisi sebagai berikut:

  • Natural fish oil 200 mg.
  • Docosahexaenoic acid (DHA).
  • Eicosapentaenoic acid (EPA).
  • Folic Acid 800 mcg.
  • Fructooligo sacharida 50 mg.
  • Vitamin E 10 mg.

lactafar

Secara lebih rinci berikut penjelasan dari kandungan suplemen ibu hamil dan menyusui tersebut:

  • Natural fish oil (Minyak Ikan). Karena terbuat dari jaringan ikan berminyak seperti salmon, tuna, mackerel, herring, trout danau dan sarden sehingga memiliki manfaat kesehatan. Minyak ikan mengandung asam lemak Omega-3 penting.
  • EPA. Asam lemak Esensial (Essential Fatty Acid) adalah asam lemak rantai panjang lain dari omega-3 yang terdapat pada lemak ikan.
  • DHA ( docosa hexaenoic acid ). Merupakan zat sangat penting untuk perkembangan otak dan mata bayi.
  • Asam folat. Asam folat atau vitamin B9 ini berguna untuk mencegah cacat lahir yang serius pada bayi.
  • Frukto oligosakarida ( Probiotic ). Berfungsi untuk menjaga keseimbangan mikroesosistem dalam sistem pencernaan, membantu proses pencernaan, berperan positif dalam sistem imun dan menetralkan atau menghilangkan racun.
  • Natural vitamin E. Vitamin E bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, dan berperan sangat penting bagi kesehatan kulit, yaitu sebagai anti oksidan alami untuk menangkal radikal bebas.

Indikasi dan Kegunaan

Lactafar obat apa? Lactafar adalah suplemen untuk memelihara kesehatan ibu dan janin atau bayi. Suplemen yang dibutuhkan pada masa kehamilan dan menyusui membantu proses pertumbuhan dan perkembangan normal otak,syaraf dan mata pada janin atau bayi.

Kontraindikasi

Tidak ada kontraindikasi dalam mengonsumsi suplemen ini.

Dosis Lactafar dan Cara Pemakaian

Karena semua kebutuhan nutrisi janin diperoleh melalui plasenta, maka kebutuhan akan DHA bagi ibu hamil terutama pada trimester akhir menjadi sangat penting untuk kebutuhan DHA bagi janin yang dikandungnya. Sebagai nutrisi otak bayi/ janin, DHA sangat penting pada masa kehamilan.

Kebutuhan DHA berdasarkan RDA (Recommended Daily Allowance = dosis yang dibutuhkan dalam 1 hari) adalah 200 mg. Maka Anda dianjurkan untuk mengonsumsi Lactafar 1 (satu) kapsul lunak sehari. Pemberian obat sebaiknya diberikan bersama makanan.

Efek Samping Lactafar

Umunya Lactafar ditoleransi baik sehingga aman untuk ibu hamil dan menyusui serta jarang  menimbulkan efek samping.

Adapun efek samping bisa berasal dari kandungan asam lemak omega-3 yaitu berupa gangguan gastrointestinal, terutama pada pemakaian dosis tinggi, termasuk mual, eruktasi, muntah, distensi abdomen, diare, dan konstipasi. Ada laporan langka tentang jerawat dan eksim. Peningkatan moderat pada transaminase hati telah dilaporkan pada pasien dengan hipertrigliseridemia.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat Lactafar ini, perhatikan hal-hal berikut:

  • Sebaiknya Anda tidak menggunakan obat ini jika Anda pernah mengalami reaksi alergi terhadap asam folat atau zat-zat lain yang terkandung dalam Lactafar.
  • Sebelum mengonsumsi asam folat yang juga tersedia dalam kemasan, beritahu dokter jika Anda menderita penyakit ginjal (atau jika Anda menjalani dialisis atau cuci darah), infeksi, pecandu alkohol, atau jika Anda memiliki jenis anemia yang belum didiagnosis oleh Dokter dan dikonfirmasi dengan pengujian laboratorium.
  • Asam folat terkadang digunakan dalam kombinasi dengan obat lain untuk mengobati anemia pernisiosa. Namun, asam folat dalam Lactafar tidak akan mengobati kekurangan vitamin B12 dan tidak akan mencegah kemungkinan kerusakan pada sumsum tulang belakang. Minum semua obat Anda sesuai petunjuk.
  • Simpan lactafar pada suhu 15° – 25° C.

Interaksi Obat

Beberapa obat mungkin berinteraksi dengan asam folat yang terkandung dalam Lactafar. Diskusikan dengan dokter Anda jika Anda minum obat lain, terutama obat berikut:

  • Fluorourasil karena tindakan dan efek sampingnya dapat ditingkatkan dengan asam folat.
  • Hydantoins (misalnya, fenitoin) karena efektivitasnya dapat dikurangi dengan asam folat.
  • Barbiturat (misalnya fenobarbital), metotreksat, nitrofurantoin, fenitoin, primidon, atau pirimetamin karena efektivitas asam folat dapat dikurangi.