Lacto B obat apa?

Lacto B adalah probiotik yang membantu mengatasi diare pada balita dan anak-anak. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi diare akibat penggunaan antibotik atau intoleransi laktosa serta untuk mengatasi sembelit dan menjaga keseimbangan mikro flora di pencernaan.

Obat yang di impor oleh PT. Novel Pharmaceutical Laboratories ini merupakan obat bebas yang dapat dibeli di apotik tanpa resep dokter. Namun penggunaan Lacto B tetap harus sesuai dengan dosis yang tertera di kemasan atau berdasarkan resep dokter. Ketahui lebih lengkap tentang cara pakai, dosis lazim dan kandungan obat ini pada ulasan berikut.

Ikhtisar Obat Lacto B

Jenis obatAntidiare
KandunganBakteri asam laktat hidup 1 x 10cfu/gr (Lactobacillus acidophilus, Bifido bacterium longum, Streptococcus thermophillus), vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, Niacin
KegunaanMengobati diare pada balita dan anak, diare akibat intoleransi laktosa atau penggunaan antibiotik, serta menjaga flora baik pada pencernaan
KategoriObat Resep
KonsumenBalita dan anak-anak
KehamilanBelum diketahui
SediaanLacto B sachet

lacto b obat diare anak

Mekanisme Kerja

Cara kerja Lacto B dapat dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

  • Bakteri asam laktat (BAL) hidup: bakteri asam laktat dari jenis Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, Streptococcus thermophillus merupakan bakteri gram positif yang menghasilkan asam laktat sebagai produk utama metabolismenya. Mereka memfermentasikan karbohidrat menjadi asam laktat. Asam laktat yang dihasilkan akan membantu menjaga pencernaan dari organisme patogen yang membahayakan saluran pencernaan.
  • Vitamin C: vitamin yang larut dalam air ini merupakan antioksidan kuat yang mampu menghambat kerusakan sel, terutama sel kolagen pembentuk jaringan tubuh. Selain itu vitamin C juga membantu proses penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran.
  • Vitamin B1: merupakan vitamin yang berperan penting dalam perubahan karbohidrat dan lemak menjadi energi. Vitamin ini juga berperan penting dalam proses pertumbuhan, kesehatan jatung, dan saluran pencernaan.
  • Vitamin B6: merupakan vitamin yang larut dalam air yang berperan penting dalam banyak fungsi biologis tubuh seperti sintesis asam amino dan neurotransmiter. Sehingga vitamin ini juga dapat membantu memperlancar proses pencernaan.
  • Niacin: merupakan nama lain dari vitamin B3 yang berperan penting dalam metabolisme tubuh serta membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskular.

Indikasi atau Kegunaan Lacto B

Lacto B digunakan untuk mengatasi diare pada balita dan anak-anak. Tidak hanya mengatasi diarea biasa Lacto B juga dapat meredakan diare yang muncul akibat penggunaan obat antibiotik serta intoleransi laktosa. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi konstipasi pada anak dan membantu menjaga kesehatan mikroorganisme baik di saluran pencernaan.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, penderita yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakan:

  • Orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan bahan aktif dari obat ini.

Dosis Lacto B dan Cara Penggunaan

Lacto B tersedia dalam bentuk sediaan sachet dengan kekuatan dosis per sachetnya yaitu:

  • Bakteri asam laktat hidup (Lactobacillus acidophilus, Bifidobacterium longum, Streptococcus thermophillus): 1 x 10cfu/gr.
  • Vitamin C: 10 mg.
  • Vitamin B: 0,5 mg.
  • Vitamin B2: 0,5 mg.
  • Vitamin B6: 0,5 mg.
  • Niacin: 2 mg.

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lainnya. Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Lacto B untuk diare pada balita dan anak-anak

  • Dosis anak umur 1 sampai 12 tahun: 3 sachet per hari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Obat ini dapat ditambahkan pada makanan atau minuman balita dan anak-anak. Hindari mencampurnya dengan susu formula karena beberapa jenis produk susu umumnya akan menambah parah diare pada anak.
  • Konsumsi segera setelah sachet dibuka.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan dua kali sehari berarti per 12 jam, tiga kali sehari berarti per 6 – 8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera meminumnya apabila dosis berikutnya masih lama sekitar 5 jam atau lebih. Tidak boleh menggandakan dosis Lacto B pada jadwal minum berikutnya sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Lacto B

Lacto B umumnya ditoleransi dengan baik. Namun demikian, ada efek samping yang perlu diperhatikan, antara lain sebagai berikut:

  • Kembung dan rasa tidak nyaman di perut.
  • Meskipun sangat jarang terjadi reaksi alergi terhadap bakteri asam laktat mungkin terjadi. Jika gejala seperti pembengkakan pada wajah, bibir, lidah dan tenggorokan, kesulitan bernapas, serta ruam dan gatal di kulit anak Anda sebaiknya segera hentikan penggunaan obat ini dan konsultasikan ke dokter.

Efek Overdosis Lacto B

Belum diketahui adanya efek overdosis dari penggunaan berlebihan dari Lacto B ini, namun untuk menghindari risiko yang mungkin ditimbulkan sebaiknya patuhi resep dokter atau dosis yang tertera di kemasan. Jangan lupa untuk menyimpan obat ini ditempat yang tidak dapat dijangkau anak-anak untuk menghindari konsumsi sembarangan oleh anak.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Sampaikan pada dokter atau Apoteker jika Anak Anda memiliki riwayat alergi terhadap bahan aktif dari obat ini.
  • Lacto B merupakan obat yang mengandung multivitamin dan bakteri baik untuk pencernaan, sehingga obat ini aman tidak hanya untuk anak-anak tapi juga dewasa.
  • Untuk anak-anak yang memiliki kekebalan tubuh rendah, alargi susu atau sedang mengonsumsi antibiotik, penggunaan Lacto B sebaiknya dikonsultasikan dahulu dengan dokter.
  • Simpan obat ini ditempat yang kering dan sejuk karena bakteri di dalamnya mudah terpengaruh suhu dan kelambapan yang tinggi.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Lacto B untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Pada dasarnya Lacto B merupakan bakteri baik dan multivitamin untuk pencernaan, sehingga dianggap aman untuk setiap orang termasuk ibu hamil. Namun untuk menjaga kemungkinan efek yang tidak diinginkan pada ibu hamil sebaiknya konsultasikan dahulu dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini selama kehamilan.
  • Kandungan vitamin dari obat ini mungkin terekstraksi ke dalam ASI ibu menyusui. Karena bentuknya vitamin maka dianggap cukup aman untuk bayi yang menyusu. Bahkan obat ini juga dapat dicampurkan ke dalam ASI untuk memudahkan dikonsumsi balita.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan Lacto B, diantaranya yaitu:

  • Hindari konsumsi obat ini bersamaan dengan antibiotik, atau beri selang waktu 2 jam setelah penggunaan antibiotik agar efektivitas obat tidak berkurang.
  • Hindari konsumsi bersamaan obat ini dengan obat-obatan yang menekan sistem imun (imunosupresan).