Lesichol obat apa?

Lesichol adalah obat atau suplemen yang digunakan untuk membantu menunjang fungsi organ hati agar tetap sehat, terutama jika hati mengalami peningkatan enzim hati saat dalam kondisi sakit. Suplemen ini merupakan kombinasi dari beragam kandungan terutama lesitin, beberapa jenis vitamin B, dan vitamin E yang sangat baik untuk fungsi hati.

Lesichol merupakan obat jenis B atau berlabel dot hijau yang artinya obat bebas yang dapat dibeli dan dikonsumsi tanpa resep dokter. Karena kandungannya merupakan mineral dan vitamin yang mudah diserap dan bermanfaat untuk tubuh, obat ini masuk dalam kategori aman untuk dikonsumsi bahkan dianjurkan juga sebagai suplemen untuk ibu hamil. Selain untuk menguatkan organ hati ibu hamil, obat ini juga dapat membantu tumbuh kembang organ hati dan otak bayi.

Ikhtisar Obat Lesichol

Jenis obatHepatoprotektif
KandunganLechitin (ppc 95%), vitamin B1, B2, B6, B12, vitamin E dan nikotinamida
KegunaanSuplemen makanan untuk menunjang fungsi hati agar tetap sehat
KategoriObat bebas
KonsumenDewasa dan Anak
KehamilanAman
SediaanLesichol 175, 300 dan 600 kapsul lunak
lesichol

Contoh kemasan Lesichol 300 kapsul lunak

Mekanisme Kerja

Cara kerja Lesichol dapat dilihat dari cara kerja kandungan penyusunnya, yaitu:

  • Lechitin merupakan salah satu jenis lemak esensial dalam sel di dalam tubuh. Senyawa ini dapat ditemukan dalam berbagai bahan makanan terutama kacang kedelai dan kuning telur. Lechitin yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna menjadi asetilkolin yang merupakan substansi penting yang mentransmisikan impuls saraf. Selain itu lecitin juga digunakan oleh sel tubuh untuk membentuk komponen penting dalam membran sel. Konsumsi senyawa ini juga diketahui dapat mereduksi lemak yang terakumulasi di hati.
  • Vitamin B1 atau thiamin merupakan vitamin yang memiliki kemampuan antioksidan, eritropoetik, antisklerosis dan kemampuan detoksifikasi. Selain itu, juga sebagai koenzim pada proses dekarboksilasi asam alfa – keto dan berperan dalam metabolisme karbohidrat.
  • Vitamin B2 atau riboflavin adalah mikronutrien yang mudah diserap dan larut dalam air dan memiliki peran kunci untuk kesehatan. Seperti vitamin B lainnya riboflavin terlibat dalam peroses produksi energi dengan membantu metabolisme lemak, karbohidrat dan protein. Vitamin ini juga digunakan dalam pembentukan sel darah merah, membantu produksi antibodi, serta mengatur pertumbuhan dan reproduksi manusia.
  • Vitamin B6 atau pirodoksin merupakan vitamin B yang memiliki fungsi utama membantu proses metabolisme protein, tugas ini dilakukan bersama-sama dengan cairan empedu. Vitamin B6 juga termasuk koenzim biologis yang terlibat dalam banyak reaksi biokimia termasuk metabolisme asama mino dan glikoken, sintesis asam nukleat, hemoglobin, sphingomyelin, sintesis serotonin, dopamin, norephineprin dan GABA.
  • Vitamin B12 atau Cianokobalamin merupakan vitamin B yang diperlukan dalam menjaga kondisi sela saraf, sel darah merah dan dalam pembentukan DNA. Senyawa ini merupakan kofaktor dari enzim metionin yang berperan penting dalam pembentukan DNA dan dalam proses pembentukan energi dari dari protein dan lemak.
  • Vitamin E merupakan vitamin yang lebih dikenal sebagai vitamin untuk kulit dan kecantikan. Kemampuan antioksidannya ternyata tidak hanya dapat bermanfaat untuk kulit namun juga untuk banyak fungsi tubuh termasuk fungsi hati.
  • Nikotinamida merupakan vitamin yang larut dalam air dan masih golongan vitamin B dengan fungsi yang mirip dengan vitamin B3. Vitamin ini berperan pada pembentukan energi dari lemak dan protein.

Indikasi atau Kegunaan Lesichol

Lesichol digunakan sebagai suplemen makanan yang dapat membantu menunjang fungsi hati. Terutama untuk sedang mengalami penurunan fungsi hati akibat penyakit atau kondisi tertentu. Obat ini juga digunakan sebagai suplemen makanan untuk ibu hamil.

Kontraindikasi

Karena kandungan obat ini merupakan senyawa esensial yang dibutuhkan tubuh dan terdapat juga dalam bahan makanan sehari-hari sehingga aman digunakan asalkan sesuai dosis yang dianjurkan.

Dosis Lesichol dan Cara Penggunaan

Obat Lesichol tersedia dalam bentuk sediaan kapsul lunak dengan kekuatan dosis 300 dan 600 mg dengan komposisi kandungannya seperti berikut:

  • Lesitin murni (ppc 95%): 175 mg, 300 mg dan 600 mg.
  • Vitamin B1: 6 mg.
  • Vitamin B2: 6 mg.
  • Vitamin B6: 6 mg.
  • Vitamin B12:  6 mcg.
  • Vitamin E: 10 mg.
  • Nikotinamida: 30 mg.

Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter atau yang tertera pada kemasan.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

  • Lesichol/Lesichol 300: 1-2 kapsul lunak 3 kali sehari.
  • Lesichol 600: 1 kapsul lunak 1 kali sehari.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini setelah atau sebelum makan dan dianjurkan untuk banyak minum air putih.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, misalkan tiga kali sehari berarti per 6-8 jam. Oleh sebab itu, untuk memudahkan usahakan untuk mengonsumsinya pada jam yang sama setiap hari.
  • Telan keseluruhan kapsul saat mengonsumsinya, jangan pecah atau dibuka sebelum dikonsumsi.

Efek Samping Lesichol

Lesichol umumnya ditoleransi dengan baik oleh tubuh. Hal itu karena kandungan yang mudah diserap tubuh. Namun demikian, ada beberapa efek samping mungkin dapat muncul dan perlu diperhatikan, antara lain:

Efek samping ini umumnya jarang terjadi dan hanya sementara. Namun jika hal ini terjadi berulang, konsultasikan dengan dokter apa yang Anda alami untuk mengetahui dan mengatasi penyebabnya.

Efek Overdosis Lesichol

Meskipun jarang terjadi, overdosis suplemen dan vitamin mungkin saja terjadi jika digunakan dalam dosis yang terlalu besar. Jika terjadi kondisi seperti muntah yang parah dan kesulitan bernafas segera hubungi dokter terdekat untuk mendapat pertolongan segera.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Pastikan untuk selalu menggunakan obat ini sesuai dosis yang dianjurkan.
  • Konsumsi obat ini bersamaan dengan makanan jika terjadi efek tidak nyaman pada perut saat mengonsumsinya.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Lesichol untuk ibu hamil dan menyusui?

  • Berdasarkan kandungannya yang berisi mineral penting dan vitamin, Lesichol dinilai aman untuk ibu hamil asalkan sesuai dosis dan ketentuan minum yang dianjurkan.
  • Lesichol dinilai aman untuk ibu menyusui karena kandungannya yang berupa vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan oleh ibu menyusui.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Meskipun kandungan utama Lesichol berupa lesitin belum banyak data yang menunjukkan interaksinya dengan obat lain namun kandungan lain obat ini seperti vitamin E dan B dapat berinteraksi dengan obat-obatan seperti berikut:

  • Obat jenis antikoagulan (seperti warfarin) dapat dipengaruhi oleh vitamin E, jika dikonsumsi bersamaan dapat meningkatkan risiko kesulitan pembekuan darah karena vitamin E juga bersifat antikoagulan sehingga menaikkan efek kedua obat ini dan berisiko meningkatkan pendarahan.
  • Konsumsi vitamin E dengan beta-karoten, vitamin C dan selenium dapat menurunkan efek baik dari niasin. Niasin diketahui dapat meningkatkan kolesterol baik. Sehingga penggunaan jangka panjang bersamaan dengan obat ini dapat mengurangi efektifitas vitamin E.