Mediklin TR obat apa?

Mediklin TR adalah obat jerawat dalam bentuk gel yang digunakan untuk mengobati jerawat yang parah (acne vulgaris) pada orang dewasa dan anak-anak 12 tahun ke atas. Obat ini mengandung bahan aktif dari kombinasi antibiotik semisintetik dari jenis clindamycin dan tretinoin yang dapat membasmi bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan dan lesi yang ditimbulkan.

Mediklin TR hanya digunakan untuk pengobatan luar. Hindari penggunaan obat ini di area mata, hidung, mulut dan area mukosa lainnya. Obat yang diproduksi oleh PT. Surya Dermato Medical Laboratories ini sebaiknya digunakan berdasarkan resep dari dokter. Untuk informasi umum tentang dosis, efek samping, kontraindikasi dan keamanan untuk ibu hamil dan menyusui silahkan lanjutkan membaca artikel ini.

Ikhtisar Obat Mediklin TR

Jenis obatAntibiotik
KandunganClindamycin phosphate dan Tretinoin
KegunaanUntuk mengobati jerawat batu (acne vulgaris)
KategoriObat Resep
KonsumenDewasa dan Anak > 12 tahun
KehamilanKategori C untuk Tretinoin dan Kategori B untuk Clindamycin phosphate
SediaanMedi-klin TR 15 gram
mediklin tr obat jerawat batu kemasan tube 15 gram

Mediklin TR obat jerawat batu kemasan tube 15 gram

Mekanisme Kerja

Cara kerja dari obat Medi-klin TR ini bisa dicermati dari kandungan bahan aktifnya yang berupa:

Clindamycin phosphate

Merupakan antibiotik semisintetik dari jenis lancosamide yang digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri dalam bentuk obat sistemik ataupun dalam bentuk topikal. Dalam bentuk topikal (hanya digunakan pada kulit) senyawa obat ini dapat mereduksi konsentrasi asam lemak bebas di kulit dan menekan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes (Corynebacterium acnes).

Inimerupakan bakteri anaerob yang ditemukan pada kelenjar sebasea dan folikel rambut di kulit penyebab jerawat. Clindamycin membasmi bakteri secara bakteriostatik (menghambat perkembangan bakteri) maupun bakterisidal (membunuh bakteri) tergantung dari konsentrasi dan lokasi penggunaan obat serta organisme penginfeksinya.

Tretinoin

Merupakan turunan alami dari vitamin A (retinol) yang sering juga disebut sebagai all-trans-retinoic acid (ATRA). Seperti halnya retinoid, tretinoin juga berperan penting pada reproduksi, proliferasi dan diferensiasi sel-sel kulit sehingga dapat digunakan untuk merawat kulit berjerawat.

Secara topikal obat ini dapat merangsang mitosis dan omset pada sel epitel yang menyebabkan ekstrusi komedo dan mencegah muncul komedo baru serta mempercepat pergantian sel-sel kulit.

Indikasi atau Kegunaan Mediklin TR

Mediklin TR diindikasikan untuk mengobati jerawat parah atau acne vulgaris yang disertai lesi dan inflamasi serta komedo terbuka maupun tertutup.

Kontraindikasi

Tidak semua orang boleh menggunakan obat ini, orang yang diketahui memiliki kondisi di bawah ini tidak boleh menggunakannya:

  • Orang yang memiliki riwayat hipersensitif atau alergi terhadap kandungan bahan aktif Mediklin TR seperti clindamycin dan tretinoin atau obat sejenis lainnya seperti lincomycin, etretinate, isotretinoin dan turunan lain vitamin A.
  • Seseorang yang sedang mendapatkan pengobatan dengan etretinate, acitretin dan tretinoin oral.
  • Pasien yang sedang mengalami seborheic dermatitis, eksim, kulit terbakar matahari.
  • Wanita hamil dan menyusui.

Dosis Mediklin TR dan Cara Penggunaan

Mediklin TR tersedia dalam bentuk sediaan gel dengan kekuatan dosis tiap gram nya mengandung:

  • Clindamycin phosphate 1,2%
  • Tretinoin 0,025%

Ingat! Dosis yang tepat sesuai dengan anjuran dokter berdasarkan berat ringannya penyakit, berat badan, usia, dan lain-lain.

Adapun dosis yang lazim digunakan adalah sebagai berikut:

Dosis Mediklin TR untuk mengobati jerawat parah (acne vulgaris)

  • Dosis dewasa: gunakan gel Mediklin TR seukuran kacang polong pada jari kemudian oleskan merata pada area yang berjerawat. Gunakan sekali sehari pada malam hari sebelum tidur.
  • Dosis anak-anak > 12 tahun: sama dengan dosis dewasa.

Petunjuk Penggunaan:

  • Gunakanlah obat ini hanya pada kulit luar yang mengalami jerawat.
  • Hindari kontak obat ini dengan mata, mukosa hidung serta lapisan mukosa lain.
  • Selalu ikuti anjuran dokter atau petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan sebelum mulai mengonsumsinya.
  • Gunakanlah antara satu dosis dengan dosis lainnya pada jarak jam yang sama, seperti sekali sehari pada malam hari sebelum tidur.
  • Apabila ada dosis yang terlewat akibat lupa, maka begitu ingat dianjurkan untuk segera menggunakannya untuk hari tersebut. Tidak boleh menggandakan dosis Mediklin TR pada jadwal penggunaan pada hari berikut sebagai ganti untuk dosis yang terlewat.

Efek Samping Mediklin TR

Seperti halnya obat antibiotik lainnya yang memiliki efek samping, begitu juga dengan Mediklin TR meskipun efek ini akan berbeda pada masing-masing orang. Beberapa efek samping mungkin ringan dan akan hilang setelah penghentian penggunaan atau mungkin bersifat parah dan perlu penanganan medis. Berikut beberapa efek samping yang perlu diperhatikan:

  • Kulit kering.
  • Kulit terkelupas.
  • Terasa tegang pada kulit.
  • Muncul sensasi seperti terbakar.
  • Kemerahan.
  • Eritema.

Efek Overdosis Mediklin TR

Informasi tentang efek overdosis Mediklin TR masih belum diketahui. Namun penggunaan dalam dosis besar dan jangka panjang mungkin dapat menyebabkan berkembangnya efek samping obat ini menjadi masalah kulit yang lebih parah. Konsultasikan dengan dokter jika hal itu terjadi.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum dan selama menggunakan obat ini, harap perhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Hindari penggunaan obat ini pada anak-anak di bawah 12 tahun karena efektifitas belum ditetapkan serta untuk menghindari efek samping yang mungkin lebih parah pada kulit anak yang masih sensitif.
  • Meskipun diberikan secara topikal, antibiotik clindamycin mungkin meresap ke dalam pembuluh darah kulit dan berpengaruh secara sistemik pada tubuh. Untuk itu gunakanlah obat ini hanya jika dianjurkan dokter dan konsultasikan dengan dokter jika selam penggunaan timbul diare akibat pertumbuhan berlebih Clostridium difficile pada usus besar.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada orang dengan riwayat penyakit pencernaan, terutama kolitis.
  • Jika muncul reaksi alergi, hentikan pemakaian dan segera hubungi dokter.
  • Hindari terpapar sinar matahari langsung.
  • Hati-hati penggunaan obat ini pada penderita eksim atau yang memiliki riwayat kanker kulit.

Kehamilan dan Menyusui

Bolehkah Mediklin TR untuk ibu hamil dan menyusui?

Penggunaan Mediklin TR untuk ibu hamil sebaiknya dihindari atau hanya jika dianjurkan oleh dokter. Hal itu karena kedua bahan aktif obat ini, clindamycin phosphate dan tretinoin digolongkan dalam kategori B dan C untuk obat ibu hamil. Dimana kategori ini berarti:

  • Clindamycin phosphate (kategori B): Studi pada sistem reproduksi hewan percobaan tidak memperlihatkan adanya resiko terhadap janin, tetapi studi terkontrol terhadap wanita hamil belum pernah dilakukan.
  • Tretinoin (ketegori C): Studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embriosidal atau efek samping lainnya) dan belum ada studi terkontrol pada wanita, atau studi terhadap wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan.

Bahan aktif Mediklin TR diketahui dapat terekstraksi ke dalam ASI ibu menyusui. Untuk itu penggunaannya pada ibu menyusui sebaiknya dihindari atau jika dianjurkan dokter dan keuntungannya dirasa lebih banyak dibandingkan dengan kemungkinan efek samping yang muncul.

Interaksi Obat

Potensi interaksi obat terjadi ketika digunakan bersamaan dengan obat lain sehingga dapat mengubah cara kerja obat. Sebagai akibatnya, risiko efek samping dapat meningkat, obat tidak bekerja, atau bahkan menimbulkan efek beracun yang membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui obat apa saja yang Anda konsumsi dan beritahukan kepada dokter.

Beberapa jenis obat dapat berinteraksi dengan bahan aktif Mediklin TR, diantaranya yaitu:

  • Penggunaan bersamaan dengan sabun atau pembersih wajah yang bersifat abrasif dan mengeringkan kulit dapat meningkatkan risiko iritasi pada kulit.
  • Erytromycin diketahui bersifat antagonis terhadap clindamycin secara in virto. Untuk itu sebaiknya menghindari penggunaan dengan obat topikal atau oral yang mengandung erytromycin
  • Clindamycin diketahui memiliki sifat menghambat neuromuskular yang berarti dapat meningkatkan efek tersebut jika digunakan bersamaan dengan obat penghambat neuromukular seperti atracurium dan mivacurium.

Daftar interaksi ini belum mencakup keseluruhan interaksi yang mungkin terhadapa Mediklin TR. Oleh karena itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat secara bersamaan dengan Mediklin TR, terutama obat-obatan topikal.